Berkunjung ke Dua Kota Tempat Al-Quran Terbesar di Indonesia




Bait Al-Quran Akbar yang terdapat di Rumah Al-Quran Kota Palembang







Sudah tahu belum dimana tempat Al-Quran terbesar di Indonesia?






Kalau kamu belum pernah mengunjungi Al-Quran besar ini, kini saatnya di bulan ramadan kali ini kamu ziarah, atau berkunjung ke kota tempat Al-Quran terbesar di Indonesia.






Bagi umat muslim, Al-Quran merupakan kitab suci yang dijadikan pedoman. Al-Quran ini sudah menjadi benda wajib yang harus ada, di setiap rumah umat muslim. Bahkan tak jarang saat laki-laki muslim menikah, juga terdapat Al-Quran di barang seserahan yang akan diberikan kepada si wanita yang menjadi istrinya.






Terlepas dari itu, entah Al-Quran tersebut dibaca atau hanya menjadi pajangan belaka, itu kembali kepada pemilik Al-Quran itu masing-masing.






Al-Quran yang sehari-hari kita gunakan mempunyai ukuran standar, yang bisa dibaca oleh satu atau dua orang. Namun bagaimana kalau Al-Quran tersebut berukuran raksasa, bahkan butuh beberapa orang untuk mengangkatnya.










Al-Quran Raksasa yang Merupakan Al-Quran Terbesar di Dunia







Al-Quran Besar di Palembang






Syukur Alhamdulillah aku bisa berkunjung ke tempat Al-Quran terbesar di Indonesia, tepatnya di Palembang pada bulan Mei kemarin.






Awalnya tidak ada rencana untuk kemari, bahkan aku baru mengetahui ada Al-Quran besar di Palembeng, setelah pihak panitia pembentukan GenPi di Palembang membawaku dalam kegiatan city tour kemari.










Berkunjung ke Rumah Al-Quran di Palembang







Baca juga tentang Makhluk Apaan Sih GenPi?






Ya., secara aku datang ke Palembang dalam keadaan mendadak gitu, tanpa ada perencanaan sebelumnya. Yang namanya kita diundang, ya., ngikut aja sesuai dengan jadwal yang sudah disusun panitia.






Baca juga tentang Mendadak Hadiri Pembentukan GenPi sumsel






Dalam kegiatan city tour itu, kita dibawa ke lokasi Al-Quran terbesar di Indonesia. Tempatnya berada di Rumah Al-Quran raksasa yang beralamat di Jl. Moh. Amin, Gundus Kota Palembang, Sumatra Selatan.





Aku sangat takjub melihat ukiran ayat-ayat Al-Quran yang dipahat indah di lembaran-lembaran kayu trembesu itu. Al-Quran ini dibuat oleh H.Syofwatillah Mohzaib salah seorang anggota DPR RI komisi IV dengan timnya yang berjumlah 27 orang.






Untuk pembuatannya, Al-Quran ini dibuat di lorong Budiman, Tanah Buntung 35 Ilir Palembang. Setelah selesai kemudian Al-Quran dipasang di Masjid Agung atau Masjid Sultan Mahmud Baharuddin 2.











Lembaran ayat Al-Quran yang dipasang
di Rumah Al-Quran


Namun sekarang Rumah Al-Quran ini berdiri di tanah sawah, dan hanya dipasang 15 lembar. Menurut salah seorang pemandu di rumah Al-Quran ini, mengatakan bahwa tidak semua Al-Quran dipasang disini karena takut tanahnya amblas. Jadi beliau berharap ke depannya ada tempat yang baik untuk pemasangan Rumah Al-Quran terbesar di dunia ini.






Banyak informasi yang aku dapatkan dari salah seorang Bapak tua yang bertugas sebagai pemandu di Rumah Al-Quran. Belaiu sangat cekatan dalam menjelaskan tentang sejarah dan proses pembuatan rumah Al-quran ini.






Menurutnya Rumah Al-Quran ini berisi 316 lembar ayat Al-Quran dengan tinggi 177 cm, lebar 140 cm, tebal 2,5 dan berat 50 kg perlembarnya.






Itu cuman satu lembar loh, dan jika lembaran ini disusun membentuk sebuah Al-Quran utuh, tingginya bisa mencapai 9 M. Wah, sudah kayak bangunan saja jadinya.





Yo., wes pembuatannya aja sampai 7 tahun lamanya, dari tahun 2002 sampai tahun 2009 dengan dana sebesar 1,2 milyar rupiah. Pembuatanya terdiri dari 15 orang tim pemahat dan 12 orang pemotong kayu, dan pengecatan.










Ukiran Kaligrafi Ayat Al-Quran Khas Palembang






Setiap lembaran Al-quran diukir menggunakan ukiran khas Palembang dengan 6 tahapan pembuatan.






Pertama ayat Al-Quran ditulis langsung oleh H.Syofwatillah, kemudian dijiblak menggunakan kertas karton. Proses yang ketiga penyiapan papan, kemudian dilanjutkan dengan pengukiran atau pemahatan. Kelima proses pengecatan, atau pemelituran, dan yang terakhir proses finsihing.






Satu lembar Al-Quran ini menghabiskan waktu selama satu bulan dalam pembuatanya. Lama benar ya!






Salut deh buat para pekerjanya yang begitu sabar dalam menyelesaikan pembuatan Al-Quran terbesar di Indonesia ini. Bahkan Al-Quran ini juga ditetapkan sebagai Al-Quran terbesar di dunia, dan sekarang dijadikan sebagai tempat wisata religi di Palembang.






Nah, kamu bisa datang kemari untuk menikmati wisata religi. Apalagi sekarang betepatan pada bulan ramadan. Pastinya kamu akan merasa semakin dekat dengan Tuhan, karena melihat, membaca dan mempelajari firman-firmannya yang terukir indah di Rumah Al-Quran.






Al-Quran Besar di Semarang










Al-Quran Besar yang terdapat di Masjid
Agung Jawa Tengah, Kota Semarang







Selain di Palembang, juga terdapat Al-Quran besar di Semarang. Meskipun tidak sebesar Al-Quran di Palembang, namun Al-Quran ini jauh lebih besar dibandingkan Al-Quran biasa lainya.






Terdapat di Masjid Agung Jawa Tengan Kota Semarang, Al-Quran ini memliki ukuran 145x95 cm. Beda halanya Al-Quran besar di Palembang yang bisa disentuh, dan dipegang, Al-Quran ini hanya bisa dilihat dari luar kaca yang melindunginya.










Tempat penyimpanan Al-Quran




Ya., Al-Quran ini hanya bisa sebatas kita lihat dan berfoto disamping kotak Al-Quran saja. Hal ini supaya Al-qurannya tetap terjaga karena Al-Quran ini ditulis di atas kertas seperti Al-Quran pada umumnya. Jadi jika banyak tangan yang memgang, ditakutkan akan merusak lembaran Al-Quran.






Aku berkesempatan untuk berkunjung kemari saat kegiatan Future Leader Sumit pada tahun 2015 lalu.










Berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah,
tempat Al-Quran terbesar di Indonesia







Baca juga tentang Kasab Aceh Mengantarkanku ke Semarang






Disinlah pertama kali aku menyaksikan Al-Quran sebesar itu. Subhanallah benar-benar membuatku terpana, dan mengucap syukur kepada Allah kerena bisa berkunjung kemari.






Al-Qurannya berada di lantai dua masjid Agung, dan setiap jamaah yang datang ke masjid pasti bisa melihat Al-Quran besar ini, karena letaknya berada di pintu masuk masjid.






Tempat ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata religimu pada saat bulan ramadan. Apalagi bisa sekalian dengan melaksanakan amalan ibadah lainnya seperti shalat tarawih, dan witir di masjid Agung ini. Tambah seru jadinyakan!






Ibadah dapat, wisatapun dapat!






Semoga kamu bisa berkunjung ke dua kota tempat Al-Quran terbesar di Indonesia ini juga ya!
SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

10 komentar:

  1. Allahu Akbar :D Semogaa suatu saat juga bisa berkunjung melihat langsung Al-Quran terbesar di Indonesia. Aamiin.. Makasiih sharingnyaaa mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga saja ya mbak! Sama2 Mbak :)

      Hapus
  2. Merinding lihat besarnya al-Quran ini ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa harus merinding Bang Ubai? Takjub kali, hehehe :D

      Hapus
  3. Baru lihat al Quran ini di Trans 7 tempo hari... :D
    Ayo Ngaji...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, yel juga terinspirasi buat tulisan ini setelah menyaksikan program di Trans 7 itu juga bg! :D

      Hapus
  4. Terima kasih buat infonya, mbak. Bisa jadi alternatif wisata religi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama2 Mbak, Terima kasih sudah berkunjung ke rumah yellsaints :)

      Hapus
  5. Subhanallah, semoga saya diberikan kesempatan juga oleh Allah untuk bisa berkunjung ke tempat ini ... Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya Allah, semoga saja ada langkah ke tempat ini ya!

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !