Cara Membuat Bunga Pengantin dari Pita Satin


Setahun yang lalu, aku pernah mengaploud video di youtube tentang tutorial cara membuat bunga pengantin dari pita satin. Namun, dari beberapa komentar yang muncul banyak yang menanyakan tentang ukuran pitanya. Padahal, di video tersebut sudah jelas aku tuliskan berapa ukuran pita tersebut. 

Entah videonya terlalu cepat atau bagaimana, sehingga komentar yang muncul tetap saja ukuran pita. Kamu bisa lihat videonya di bawah ini. 



Jadi, dari pada itu-itu saja yang ditanyakannya, maka aku menuliskan secara detail di blog ini. 

Bahan-bahan yang Harus Disediakan


1. Pita satin yang ukuran sedang dengan lebar 3 cm. Biasa di pasaran harganya Rp10.000 per gulungnya. 



2. Lem lilin dan lem tembak. Kalau tidak ada lem tembak bisa menggunakan api lilin untuk membakar lem lilin tersebut. 




3. Gunting 

4. Manik-manik untuk membuat hiasan bunga 



5. Kotak susu untuk membuat tangkai bunga 

6. Mangkok plastik bekas membuat bagian atas bunga 

7. Lidi sate 


Cara Membuat Tangkai Bunga 


1. Guntinglah kotak susu atau mi instan dengan ukuran panjang 8cm x 12cm.

2. Kemudian gulung hingga membentuk seperti ini.


 


3. Ambil mangkok plastik, kemudian tutup dengan kotak lain menggunakan lem lilin sehingga mangkok tersebut tertutup. 

4. Lalu lubangi tengahnya. 

5. Masukkan tangkai kotak yang dibuat tadi ke dalam lubang mangkok sehingga posisi mangkok menghadap ke bawah. 



6. Lem bagian pinggirnya dengan menggunakan lem lilin. 

7. Lilitkan dengan pita satin hingga membentuk seperti ini. 



Cara Membuat Kembang Bunga dari Kain Satin 


1. Gunting pita pertama dengan ukuran panjang 4 cm 

2. Gunting pita kedua dengan ukuran panjang 6 cm 

3. Setelah itu rapikan bagian pinggirnya menggunakan api lilin supaya benang pinggirnya rata 

4. Lipat kedua ujung pita ke bagian tengah dan rekatkan menggunakan lem lilin atau api lilin 



5. Baik pita berukuran 4 cm atau pun 6 cm lipat dengan cara seperti poin empat hingga membentuk banyak seperti ini. 


6. Pisahkan kedua ukuran pita tersebut karena pita yang lebih pendek berfungsi untuk bagian inti bunga dan yang panjang untuk bagian luarnya. 

7. Ambil pita yang ukuran 4 cm (pendek) dan rekatkan bergandengan menjadi 4 potong seperti ini. 


8. Ambil lidi sate dan gulung seperti foto di bawah ini hingga membentuk inti bunga. 


9. Ambil pita yang ukurang 6 cm (panjang) dan rekatkan bergandengan menjadi tiga potong seperti ini. 


10. Ambil pita untuk bagian intinya kemudian masukkan ke bagian luarnya sehingga menjadi kembang bunga seperti ini. 



11. Lakukan hal tersebut hingga bunganya menjadi banyak. 


12. Setelah itu, tinggal tempelkan pada tangkai bunga yang sudah dibalut dengan kain satin. 

13. Atur sedemikian rupa hingga membentuk seperti ini. 



14. Tambahkan manik-manik mutiara di atasnya untuk memperindah tampilan bunga tersebut. 





Perlu diingat, bentuk kembang bunga ini bisa bermacam-macam sesuai dengan keahlian kamu dalam membuatnya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung lihat video di atas sajalah karena susah untuk mendeskripsikannya secara tertulis. 

Ada tiga buah bunga pengantin yang aku buat, pertama bunga pengantin warna hitam dan gold saat acara akad nikahku, kedua bunga pengantin dengan warna pink dan putih saat acara resepsi pernikahanku, dan terakhir bunga untuk kamar pengantin bewarna biru dan merah. 




Aku belajar dengan melihat video di youtube membuat bunga-bunga tersebut. Tidak begitu sulit sih, selama mau berusaha pasti hasilnya bagus. Dari pada kita beli yang harga satuannya sampai ratusan ribu, mending buat sendiri. Dengan modal puluhan ribu, dapat banyak kreasi bunga pengantinnya. Selamat mencoba.
SHARE

About Yelli Sustarina

    Blogger Comment
    Facebook Comment

20 komentar:

  1. Bagus sekali. Dulu gak kepikiran bikin bunga pengantin seperti ini. Hanya bunga rangkaian yg berapa tangkai saja lalu disimpan di pot. Terimakasih tutorialnya. Lengkap. Saya coba untuk kasih ke keponakan ah, hehehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga informasi ini bermanfaat ya mba buat keponakannya. Selamat mencoba.

      Hapus
  2. Ngakak di awal curhat .. iya itu ketahuan yang nanya TIDAK NONTON FULL VIDEO TAPI DI-SKIP SKIP hihihi.. sabar yaaa Yel, bunga pitanya cantiiiik banget kok

    "Itu ukuran pitanya berapa yaa?"
    Kabooor sebelum dijitak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkwkw, sampai kehabisan kata aku menjelaskan itu Tan. 😄

      Hapus
  3. Dengan kreativitas dan ketekunan, pita-pita satin menjelma buket bunga pengantin nan cantik. Kalau beli lebih mahal tapi praktis. Kalau bikin lebih murah tapi puas karena dibikin sendiri, bisa ngajarin orang lain pula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget mba dan tentunya punya cerita dibalik pembuatan itu semua. 😁

      Hapus
  4. bagus sekali mbak.
    bisa kreatif gitu,emang paling e enak klo bisa bikin sendiri ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, ada kebanggaan dan kepuasaan tersendiri saat melihat hasil karya kita dipakai saat momen bahagia.

      Hapus
  5. Hasilnya mewah banget ya
    Ratusan ribu rupiah dengan modal pita Rp 10.000
    Yang mahal itu kreatifitas dan ketrampilannya
    Karena gak semua orang bisa
    Walau cara membuat udah dishare 😀👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, kreativitas itu yang mahal dan ketekunan serta kesabaran dalam membuatnya.

      Hapus
  6. Ketrampilan seperti ini perlu dikembangkan menjadi profesional. Mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niat sih ada, tapi belum kesampaian. Terima kasih sudah mengingatkan kembali impian ini.😊

      Hapus
  7. Penjelasannya detail kak baik cara pembuatan maupun ukuran. Mungkin kalau di video jadi pertanyaan berulang karena enggan nyimak dari awal atau enggan mengulang video nya. Jadi penjelasan di blog ini bisa mewakilinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanya saya membuat tulisan ini. Biar ntar kalau ada yang tanya lagi, tinggal dikasih link tulisannya saja.😁

      Hapus
  8. Tutorialnya lengkap. Masya Allah, gak kalah bagus dari bunga buatan dari bahan lainnya ya mba. Emang benar, di tangan orang kreatif, apa saja bisa jadi barang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah berkat ketekunan dan kesabaran, hasilnya pun juga jadi baik. 😁

      Hapus
  9. Bagus banget ini sih, bisa jadi tambahan income ya mba kalo punya skill seperti ini, jadi kerajinan yang menghasilkan uang, kece badai lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi sayangnya nggak aku teruskan skil ini, tapi kalau ada yang mau pesan buat juga. 😁

      Hapus
  10. Dikau kreatif bangettt mba
    ini bisa dipelajari para IRT mayan kan buat nambah income keluarga

    BalasHapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !