Jasa Layout Buku Murah dan Cepat di Banda Aceh


Setelah sekian banyak menghasilkan tulisan, tentu kita kepingin dong menghasilkan buku. Walaupun kumpulan dari beberapa tulisan, tapi setelah dijadikan buku, tulisan tersebut terasa hidup kembali. Sebab, tampilannya sudah berbeda dan lebih tertata sehingga enak dibaca. 

Seperti buku Bukan Catatan Kartini yang baru terbit di bulan Agustus 2020 lalu. Buku itu merupakan kumpulan tulisan opiniku yang pernah terbit di harian Serambi Indonesia sejak tahun 2012-2016. 

Awalnya aku selalu menempelkan potongan koran tulisanku yang terbit di harian tersebut, di dinding kamar tidurku. Niatnya sih untuk memotivasi diri agar semakin giat menulis. Namun, kelamaan dinding kamarku penuh dengan tempelan Koran karena sangking banyaknya tulisanku yang terbit. Akhirnya aku menjadikannya dalam bentuk kliping koran yang kemudian direkatkan di kertas HVS. 

Rupanya lama kelamaan kliping tersebut jadi rusak, warnanya berubah. Terlebih saat rumah kontarakanku kebanjiran di bulan April lalu, kliping itu pun ikut terendam. Sedih banget rasanya, tulisan-tulisan yang bertahun-tahun kukumpulkan rusak karena air banjir. Mekipun aku masih memupunyai softcopy tulisan tersebut, tapi jauh lebih mengasyikkan bila kita membacanya dalam bentuk hardcopy. Jadi, aku pun memutuskan untuk membuat buku kumpulan opini tersebut. 

Proses Pembukuan 

Buku Bukan Catatan Kartini sudah sampai ke tangan pembaca

Sebenarnya niat untuk membukukan kumpulan opini itu muncul dua tahun lalu, tapi karena satu dan lain hal akhirya baru bisa terealisasi di tahun 2020. Proses pembukuannya pun melalui perjalanan panjang. 

Pertama, aku mengumpulkan semua opiniku yang pernah terbit di harian Serambi Indonesia (SI) kemudian menyamakan kembali dengan opini mentahnya. Di situ aku mengoreksi kesalahan ejaan dan penulisan yang diubah oleh editor SI. Aku membaca kembali satu persatu opini tersebut dan mencari kesalahannya supaya bisa diperbaiki. 

Selanjutnya aku menuliskan asbabul nuzul atau sebab dan alasan dibuatnya tulisan tersebut. Tujuannya untuk memudahkan para pemula yang ingin menulis opini tentang proses pembuatan sebuah opini. Proses ini aku lalui hampir kurang lebih satu tahun karena aku harus memeriksa kembali satu persatu tulisan opini tersebut dan mencari linknya di website SI. 

Setelah semuanya selesai, aku meminta bantuan editor, yaitu Ferdelyn Hacky untuk melihat lagi tulisan yang akan dijadikan buku tersebut. Proses editing pun berjalan selama kurang lebih tiga bulan. Akhirnya, tiba juga pada proses layouting. 


Proses Layouting 

Untuk mencetak sebuah buku haruslah melalui proses layouting. Sebab, file yang akan dicetak bukanlah dalam bentuk Microsoft word, tapi dalam bentuk corel draw atau pun aplikasi sejenisnya yang diperuntukkan dalam mencetak buku. 

Di sini tugas layouter bukan sekadar memindahkan tulisan dari Microsoft word ke file layoutnya saja. Namun, juga mengatur tata letaknya, ukuran dan jenis hurufnya, serta mempercantik tampilan dengan beberapa desain pemanis sehingga menarik buku tersebut untuk dibaca. 

Proses layouting buku Baukan Catatan Kartini

Untungnya aku mengenal seorang layouter yang mengerti dan paham dengan keinginanku. Namanya Ayu ‘Ulya, teman sekaligus patner kerjaku. Sebelumnya sudah banyak buku yang dilayout olehnya, termasuk buku antologi Profil Anjungan 23 Kabupaten/Kota Se-Aceh. 

Jadi, tidak perlu diragukan lagi kualitas layoutnya. Enaknya kalau layout sama Kak Ayu, kita bisa fleksibel berkonsultasi terkait tampilan layout sesuai yang kita inginkan. 

Untuk masalah harga, tentunya sangat terjangkau. Apalagi bagi penulis pemula seperti aku ini. Kamu bisa mendiskusikannya langsung dengannya melalui email; ayuulya90@gmail.com atau pesan Whats App; 0823 6776 2460. 

Sebenarnya sih, kita bisa saja menggunakan layouter penerbit. Namun, nunggu antriannya itu lo, lama banget. Sebab, penerbit juga banyak menghandel buku lainnya bukan buku kita saja. Jadi, kalau mau bukunya diterbitkan lebih cepat, ya menggunakan jasa layouter luar. 

Jasa layout buku murah dan cepat di Banda Aceh sejauh pengalamanku, ya ke Kak Ayu. Aku pun sudah dua kali menggunakan jasanya, pertama buku Strategi Peduli dan Penuh Cinta (Peci) di Paud Kiddy buku Ida Yanti yang saat itu aku yang menjadi editotornya dan kedua buku kumpulan opiniku yang berjudul Bukan Catatan Kartini. 

Buku-buku hasil layout Ayu 'Ulya
Nah, jadi bagi kamu yang mau membuat buku atau kepingin buat buku, bisa minta bantu kak Ayu untuk layout bukunya. Insyaalah sesuai dengan apa yang diharapkan.
SHARE

About Yelli Sustarina

    Blogger Comment
    Facebook Comment

14 komentar:

  1. PR jangka panjangku nih mb, mau buat buku, dan buat layout di jasa yang bisa dan ahli, semoga suatu hari kesampean. Jasa layout buku murah dan cepat, menarik banget tawarannya yaa, bisa diincer para pembuat buku. Sukses terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga target buat bukunya kesampaian ya. Dan silakan coba jasa layout buku yang aku tawarkan. 😁

      Hapus
  2. Buku opininya menarik juga. Saya salah satu orang yang ingin jadi penulis namun gak pernah menulis. Ide mengumpulkan beragam opini yang pernah ditulis menarik juga. Duh saya mentah banget mengenai kepenulisan, kirain udah nulis tinggal nyetak. ternyata banyak prossnya termasuk layouter ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, butuh proses Mas. Cobalah untuk memulai menulis, nanti setelah banyak tulisannya, bisa dijadikan buku.

      Hapus
  3. Kece banget kamu kakaaaa
    Sangat insightful, kuharap daku juga tertulari semangat kamu untuk bisa produktif menulis dan kirim k media massa

    Trus kompilasinya dibikin buku yak. Semangaattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semoga saja semangat menulisnya ketularan dan akhirnya bisa menyelesaikan satu buku. 😁

      Hapus
  4. Kalau dipikirkan sih memang juga ya ada upaya dari kitanya buat memudahkan agar buku lekas terbit, makanya jasa layout ini banyak dicari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, jadi nggak perlu menunggu lama lagi agar bukunya segera terbit.

      Hapus
  5. Aku pengen buat buku tapi masih gak pede gitu. Semoga bisa ada kesempatan. Sukses ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Coba saja mba. Nanti lama-lama juga PD sendiri akhirnya.

      Hapus
  6. Hebat, selamat ya
    Ternyata lama sekali proses membuat buku
    Tambah ngeper nih, bisa ngga ya
    Semoga bisa ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ya mba. Selama ada usaha dan kemauan, pasti ada jalannya. Semangat ya.

      Hapus
  7. Kakak keren sekali selama ini Belum kepikiran membukukan tulisanku. Karena merasa belum pede juga menulis di media. Tapi sekali pengen Coba juga kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, silakan saja dicoba.Insyaallah nanti lama kelamaan, akan PD sendirinya.

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !