Cara Mengirimkan Tulisan ke Media Massa Via Email

Salah satu tulisanku yang dimuat Harian Serambi Indonesia

Sebelumnya aku sudah menuliskan cara mudah menulis opini. Nah, di postingan kali ini aku akan menjelaskan cara mengirimkan tulisan tersebut ke media massa via email.

Aku pikir setelah membuat tulisan opini tersebut, mereka yang pemula akan langsung mengirimkannya via email. Namun ternyata banyak yang kebingungan tentang format pengiriman email ke media massa tersebut.

Dari pada aku menjawab satu persetu pertanyaan mereka, lebih baik aku tuliskan di postingan ini. Jadi, bila ada yang bertanya lagi tulisan ini menjadi panduannya. Baiklah, akan aku jelaskan step by setepnya.

Sebelum mengirimkan tulisan tersebut, kamu harus mengetahui dulu alamat email media yang kamu tuju. Misalnya kamu ingin mengrimkan tulisan ke Seramabi Indonesia (SI), jadi kamu harus menuliskan email SI di tujuan email, yaitu redaksi@serambinews.com.



Tahap berikutnya di subjek email, tuliskan jenis tulisan yang kamu kirimkan. Entah itu berupa artikel opini, jurnalisme warga, cerpen, atau puisi diikuti dengan judul tulisan tersebut. Contohnya; Opini (Damai Itu Indah).

Kemudian lampirkan tulisanmu dalam format MS Word melalui attachment (sisipan). Perlu diingat jangan menuliskan artikel di badan email. Kamu juga harus memastikan bahwa format MS Word itu ditulis dengan font Time New Roman, spasi 1,5, dan jumlah kata antara 750-1000 untuk sebuah tulisan opini. Sedangkan untuk tulisan lain berbeda lagi ketentuannya.

Di dalam tulisan tersebut, kamu juga menyebutkan nama lengkap, kegiatanmu saat ini, email, dan nomor kontak yang bisa dihubungi, seperti berikut ini.

 

Sebagai pengantar, kamu bisa menuliskan di badan email deskripsi singkat tentang tulisanmu dan tujuan kamu mengirimkannya. Namun, jangan terlalu panjang menuliskan tentang hal ini. Untuk lebih jelasnya lihat cntoh berikut ini.



Begitulah cara mudah mengirimkan tulisan ke media massa melalui email, gampangkan! Bila kamu sudah sering mengirimkannya, aku yakin ini sudah di luar kepala karena pekerjaan yang dilakukan berulang akan menjadi sebuah kebiasaan yang mudah dilakukan. Selamat mencoba, semoga tulisannya tembus media.

Berikut aku lampirkan beberapa alamat email media massa dan online yang bisa kamu kirimkan tulisan.

Untuk media lokal Aceh

1. Serambi Indonesia (online dan cetak) : redaksi@serambinews.com

2. Aceh Trend (Online) : acehtrendmedia@gmail.com

3. Harian Aceh (online dan cetak) : redaksi@harian-aceh.com

4. Rakyat Aceh (online dan cetak) : redaksi@rakyataceh.com

5. Aceh Journal National Nnetwork (Online) : ajnn.net@gmail.com

6. Antara Aceh (Online) : redaksi@antaraaceh.com

7. Kantor Berita Aceh (Online) : redaksi.kba@gmail.com


Untuk Media Nasional


1. Koran Kompas Indonesia (online dan cetak) : kompas@kompas.com. opini@kompas.com, opini@kompas.co.id

2. Koran Tempo (online dan cetak) : koran@tempo.co.id

3. Harian Republika (online dan cetak) : sekretariat@republika.co.id

4. Koran Sindo Seeputar Indonesia (online dan cetak) : redaksi@seputar-indonesia.com

SHARE

About Yelli Sustarina

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !