Sedia Salep Zambuk Ke Mana Saja untuk Atasi Gigitan Serangga


Gigitan serangga seperti nyamuk mungkin dianggap hal yang spele, toh nanti hilang dengan sendirinya. Namun, ini menjadi masalah bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Akibat dari gigitan nyamuk itu tidak hanya menimbulkan rasa gatal saja, tapi ada bekas hitam yang membekas di kulit sehingga tidak enak dipandang.

Seperti halnya suamiku yang memiliki kulit sensitif. Ketika digigit serangga, bekas dari gigitan tersebut menimbulkan bercak gelap, mirip seperti lebam-lebam kecil. Apalagi bekas gigitan nyamuk itu banyak. Sehingga kulitnya yang mula mulus, jadinya dipenuhi dengan lebam-lebam kecil akibat gigitan serangga yang bernama nyamuk itu.

Dia sering merasa kesal saat duduk di warung kopi yang suasananya gelap dan banyak nyamuknya. Atau saat kami traveling di alam bebas, dia sibuk menggaruk-garuk tubuh bila digigit nyamuk. Terlebih ketika dia lupa menggunakan lotion anti nyamuk. Akibatnya kulitnya dipenuhi bentolan gigitan nyamuk.

Moment saat aku traveling ke Aceh Jaya dengan suami

Biasanya kalau sudah begini, aku melarangnya untuk menggaruk bekas gigitan nyamuk itu. Walau kadang ia kesal sambil meringis karena rasa gatal yang tak bisa tertahankan. Kemudian aku mengoleskan minyak kayu putih ke bekas gigitan nyamuk itu untuk meredakan rasa gatal. Namun, bekas gigitannya tetap ada yang mulanya merah, kemudian lama kelamaan mengering menjadi bintik-bintik hitam.

Aku sempat kebingungan bagaimana mengatasi bekas gigitan serangga yang menghitam itu. Pasalnya dia selalu mengeluh padaku ketika digigit nyamuk, dan kadang gara-gara nyamuk itu membuat suasana perjalanan kami ketika traveling terganggu.


Hingga akhirnya aku berselancar di dunia maya mencari informasi cream yang bisa menghilangkan rasa gatal saat digigit nyamuk dan bekas hitam gigitan tersebut. Dari pencarian tersebut, jumpalah salep hijau yang bernama Zambuk. Aku segera ke apotik membeli salep tersebut. Rupanya harganya lumayan murah, hanya Rp15.000 untuk ukuran yang paling kecil, yaitu 8 gram.


Di dalam kotak salep tersebut terdapat selembar kertas yang menjelakan informasi produk ini. Salah satunya, yaitu kandungan dari salep ini yang terdiri atas Eucalyptus Oil (minyak kapur barus) BP 5.02% w/w, Camphor BP 1.76% w/w, Thyme Oil (minyak Thyme) BP 0.50% w/w, dan Colophony BP 2.51% w/w.

Semua kandungan tersebut, rupanya bermanfaat sebagai obat oles dalam meredakan gatal karena gigitan nyamuk, memar serta nyeri karena luka ringan.

Isi salepnya bewarna hijau yang dilapisi dengan tulisan Zambuk. Cara menggunakannya sangat mudah, seperti obat oles pada umumnya. Cukup oleskan dengan lembut pada tempat yang terkena gigitan nyamuk. Bila perlu, tutup luka tersebut dengan kasa steril.



Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa salep ini tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah dua tahun. Sedangkan pemakaian pada anak-anak usia di bawah 12 tahun harus dengan pengawasan orang tua. Hentikan pemakaian obat dan konsultasikan kepada dokter jika terjadi reaksi radang.

Sebelum menggunakan salep ini, periksa dulu masa kadaluarsa obatnya. Jangan digunakan setelah tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan kotak Zambuk.

Setelah memastikan semuannya aman, maka aku mencoba mengoleskannya ke tangan suamiku yang kena gigitan serangga. Begitu juga dengan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam itu. Dan ternyata, hasilnya lumayan mengembirakan.


Obat yang diproduksi oleh PT Bayer Indonesia ini, sepertinya bisa menjadi solusi untuk mengatasi gigitan serangga bagi suamiku. Begitu juga dengan aku yang bisa menggunakan obat ini untuk mencegah bekas hitam akibat gigitan serangga. Namun, selep ini belum bisa digunakan untuk anakku, Cahya. Sebab, usianya masih di bawah dua tahun. Cukup Nyanyak dan Abahnya saja menggunakan salep Zambuk.

Jadi sekarang, ke mana pun suamiku pergi dan begitu juga aku, selalu sedia salep Zambuk di dalam tas. Ukuran salepnya yang kecil sangat mudah dibawa-bawa, jadi bisa diselipkan ke dalam saku celana atau baju.

Bahkan saat ke acara undangan pernikahan pun tetap kubawa salep Zambuk ini, kalau-kalau nanti digigit nyamuk atau serangga, bisa langsung dioleskap salep Zambuknya. Supaya nanti tidak muncul bekas hitam akibat gigitan serangga.

Saat di acara pesta pernikahan keponakan teman kantor suami


SHARE

About Yelli Sustarina

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Jadi nggak usah bingung lagi kalau tiba2 gatel nggak menentu karena tanpa sadar kena serangga ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar banget Mas karena ada Zambuk yang memulihkan bekas hitamnya, hahaha.

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !