Kreasi Kasab Aceh di Bantal Sandaran Kursi


Pada umumnya kasab Aceh digunakan untuk dekorasi pelaminan saat acara sunatan atau pernikahan. Sebab penggunaan pelaminan kasab sesuatu yang diharuskan bagi masyarakat Aceh ketika melaksanakan sebuah kenduri sunatan atau pernikahan, bahkan sudah menjadi adat yang diharuskan.

Jadi, kalau kamu pergi ke acara undangan pernikahan di Aceh atau yang menggunakan adat Aceh, pasti ada terpajang pelaminan kasab yang digunakan saat bersanding. Pelaminan itu memiliki ukiran yang beragam, seperti bunga, pucuk rebung, daun-daun dan lainnya yang disulam menggunakan benang kasab bewarna emas.

Pelaminan Kasab Aceh Selatan

Ukiran-ukiran yang disebut sebagai motif tersebut juga mempunyai makna dan filosofi tersendiri sesuai dengan berbagai daerah yang ada di Aceh. Seperti kasab Aceh Selatan misalnya yang menggunakan pelaminan maracu tunggang baliak mempunyai makna dan filosofi di setiap motif yang merangkai pelaminan tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang makna dan filosofinya, silakan baca Mengenal Makna Pelaminan Kasab Emas "Aneuk Jame"

Kreasi Kasab

Sebelumnya aku sudah pernah membuat kreasi kasab Aceh ke baju, gelang, gantungan kunci, dan syal. Namun, kreasi kasab untuk bantal sandaran kursi belum pernah dibuat karena tidak ada permintaan pasar.


Rupanya salah seorang warga Aceh yang tinggal di Jakarta tertarik untuk membuat kreasi kasab Aceh di bantalan sandaran kursi. Setelah bergeleria mencari pengrajin kasab untuk membuat kreasi yang diinginkannya, akhirnya ia menemukan akun instagramku yang memposting video pembuatan kasab.

Singkat cerita akhirnya kami deal untuk membuat kreasi kasab di bantalan kursi sesuai keinginannya. Aku mengirimkan foto-foto motif kasab yang kemungkinan bisa dibuat untuk sandaran kursi. Dari beberapa motif yang kukirimkan, akhirnya ada 7 buah bantal sandaran kursi yang akan dibuatkan benang kasab.

Untuk jenis kainnya, dia sendiri yang memilihkannya dan mengirimkannya langsung dari Jakarta. Kain yang digunakan ialah jenis kain Jaguard dan Valvet. Namun, biasanya untuk menjahit kasab pelaminan, kami menggunakan kain beludru.
Jenis kain Jaguard

Jenis kain Valvet

Oleh karena ini permintaan konsumen, kami pun ikut saja sesuai dengan yang diinginkan. Sebab selama ini kami membuat kasab berdasarkan orderan, jarang sekali yang ready karena mengingat pengerjaannya yang cukup lama dan butuh banyak tenaga.

Untuk mengerjakan pesanan ini, dibutuhkan beberapa pengrajin yang dimulai dari melukis motif kasabnya, menyulam kasab, dan menjahit hasil sulaman kasab tersebut menjadi bantal. Total pengrajin yang terlibat dalam pengerjaan ini ada 4 orang.

Berikut beberapa kreasi kasab Aceh di bantal sandaran kursi yang kami buat lengkap dengan makna dari motif kasab tersebut.

1. Motif Bunga Situnjung 


Bunga situnjung dalam kehidupan nyata tidaklah ada, hanya berupa gambaran pemikiran masyarakat Aneuk Jamee yang dituangkan dalam bentuk yang berupa runcing pada bagian atasnya. 

Motif ini diambil dari pelaminan kasab Aceh Selatan, biasanya terdapat di Maracu. Ada pun makna dari bunga situnjung ini menurut buku Makna Pelaminan Kasab Aneuk Jamee Aceh Selatan ialah keagungan budi nurani masyarakat Aceh Selatan.

2. Motif Tanaman Padi  


Motif tanaman padi ini biasanya terdapat pada bagian dalansi di pelaminan kasab Aceh Selatan. Makna dari motif ini diibaratkan seperti pada yang semakin tua semakin merunduk, jadi kita perlu belajar dari siklus kehidupan padi. Walau usianya cukup pendek, yaitu beberapa bulan saja, tapi mampu mendatangkan banyak manfaat bagi makhluk hidup lainnya. 


3. Motif Tali Air


Motif tali air ini biasanya digunakan di pinggir setiap sulaman kasab. Adapun maknanya ialah sebagai simbol persatuan masyarakat Aneuk Jamee Tapaktuan, Aceh Selatan. 

Kreasi kasab Aceh di kain jaguard warna hitam

4. Motif Daun Kacang dan Pucuk Rebung


Daun kacang yang dimaksud di sini ialah kacang panjang yang daunnya tumbuh menjalar ke depan. Kacang panjang ini sifatnya menjalar maju dan tidak peduli terhadap apa yang ada di depannya. Jika dianalogikan dalam kehidupan, bahwa perjuangan dalam mencapai sebuah tujuan  hidup hendaknya tidak mengenal kata mundur. 

Motif daun kacang biasanya digunakan di banta gadang pelaminan kasab Aceh Selatan. Motif ini dijadikan sebagai tamsilan bahwa kehidupan hendaknya seperti daun kacang yang terus bergerak maju untuk mencapai sebuah tujuan hidup.  

Sedangkan pucuk rebung ialah bentuk dari bambu muda yang biasanya digunakan untuk sayur atau gulai bagi sebagian masyarakat Aceh Selatan. Bentuknya yang lebar pada bagian bawah dan meruncing ke atas bermakna sebagi pucuk pimpinan. 

5. Motif Situnjung di empat sudut


Motif seperti ini biasanya terdapat di alas daluang tempat meletakkan makanan untuk prosesi peusijuk dalam adat pernikahan Aceh. Makna dari motif bunga situnjung sama seperti yang dijelaskan di atas.

6. Motif Pohon Kelapa


Motif ini sebenarnya tidak ada di dalam pelaminan kasab. Hanya saja ada permintaan dari pemesan disuruh buat seperti ini. Ya, sebagai pengrajin kasab kita akan buat sesuai yang diinginkannya.

Kreasi kasab di kain jaguard warna hijau

7. Motif Situnjung di ujung lapiak dalung


Motif ini terdapat pada ujung lapiak dalung. Untuk bantal sandaran kursi yang ini disulam di bahan kain valvet. Nah, bagaimana menurutmu untuk hasil yang ini?

Itulah beberapa kreasi kasab Aceh yang disulam menggunakan benang emas untuk bantal sandaran kursi. Bagi kamu yang mau pesan kasab, silakan hubungi Yell Saints (0852 6008 0834). 

Oia, kasab sulam benang emas ini dibuat secara manual dengan tangan oleh para pengrajinnya. Jadi, butuh waktu lama untuk pengerjannya. Mohon dimaklumi, dengan kondisi ini ya teman-teman. 

Salam dari pengrajin kasab Samadua, Aceh Selatan, Aceh.



SHARE

About Yelli Sustarina

    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

  1. Bagus ya motifnya, diberdayakan semua umkm nya

    BalasHapus
  2. Ya ampuunn, Kakaaa... ini kece-kece semuaaaa
    Aduuh, jadi mupeng banget!
    Semoga aku bisa lihat langsung proses pembuatan kreasi Kasab Aceh ini.
    Mantuull abiiss!

    BalasHapus
  3. Bagus banget motifnya, jadi ingat punya kipas yang sering ada di acara dara baroe dulu yang motifnya mirip-mirip ini

    BalasHapus
  4. Wah jadi elegan ya bantalnya dipakein kasab khas aceh ini

    BalasHapus
  5. Bagus2 ya mbak. Aku suka banget sama desainnya, terlihat begitu elegan

    BalasHapus
  6. Senang bangt lihat hasilnya ini. Kerajinan tangan model begini ini harus bgt dilestarikan nih. Bersyukur itu yg pada merajut manual bnyk yg anak muda juga. Semoga makin bnyk dapat tawaran buat bikin ini ya kak..

    BalasHapus
  7. Duh cantik sekali hasilnya ya Allah
    Berkilau seperti emas sungguhan
    Nilai jualnya lebih mahal jadinya

    BalasHapus
  8. Baru tau yang namanya kasab dan banyak motifnya bagus-bagus juga.

    BalasHapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !