Beli Domain Murah di Hoster


Beberapa blogger pemula sering bertanya kepadaku tentang maksud domain dan hosting sebuah blog. Sebenarnya aku juga tidak paham-paham sekali mengenai dua makhluk bernama domain dan hosting tersebut.

Namun keduanya mempunyai peran penting dalam dunia blogger, terlebih bagi yang ingin serius membangun sebuah website pribadi yang bernama blog. Apalagi yang ingin mendatangkan pundi-pundi rupiah alias penghasilan dari blognya. Memang bisa ya mendatangkan penghasilan?

Ya, tentu dong. Bila ingin menuai hasil harus ada yang ditanam, begitulah kata pepatah. Termasuk blog ini, bila ingin mendatangkan penghasilan tentunya harus ada investasi dong dengan membeli domain dan hosting.

Sebenarnya bisa saja sih gratisan dengan menumpang di blogspot, tapi masak sih mau gratisan terus, nggak ada modal banget. Bagaimana orang mau mengajakmu kerjasama karena pemiliknya masih numpang di tempat orang. Padahal banyak layanan jual domain dan hosting murah yang bisa kamu gunakan, seperti di hoster.co.id.

Namun supaya kamu tidak bingung dengan makhluk bernama domain dan hosting ini, mari sedikit aku kenalkan dengan bahasa yang sesederhana mungkin.

Mengenal Domain dan Hosting

Domain merupakan sebuah alamat yang ditujukan untuk mengidentifikasi suatu server komputer, sehingga memudahkan dalam pencarian ke alamat tujuan yang dimaksud. Misalnya seperti alamat blog ini, yaitu www.yellsaints.com.

Aku menggunakan com untuk alamat domainnya, tapi sebenarnya banyak domain lainnya yang tersedia seperti net, co.id, org, dan sebagainya.

Sedangkan hosting merupakan space server atau tempat penyimpanan untuk blog yang memungkinkan tempat meletakkan file website seperti gambar, video, script website serta database. Dengan adanya hosting ini, maka kamu akan mudah menyimpan data atau file secara online sehingga bisa diakses oleh banyak orang.

Untuk alamat blog yang gratisan, biasanya menggunakan alamat yang panjang karena ditambah dengan blogspot, seperti misalnya www.yellsaints.blogspot.com. Nah, susah bangetkan bila orang mencari blogmu dan belum tentu pun dapat ditemukan atau pun salah pengetikan, bisa-bisa orang jadi malas berkunjung.

Bila dianalogikan, blog gratisan seperti kita tinggal di rumah susun. Nah, bila orang ingin datang berkunjung tentu akan sangat kesulitan mencari keberadaanmu karena di rumah tersebut banyak penghunyinya. Berbeda bila kamu mempunyai rumah sendiri yang sudah jelas alamatnya, maka orang akan mudah menemuimu.

Bagaimana, sudah paham sejauh ini?


Beli Domain Saja atau Keduanya?

Pertanyaan berikutnya yang sering ditanyakan kepadaku ialah apa keduanya harus ada? Uangku kan masih terbatas, jadi belum mampu membeli keduanya.

It’s oke. Kamu bisa beli domain saja atau keduanya, seperti blogku ini yang hanya menggunakan domain saja tanpa hosting. Sebab harga hosting sedikit lebih mahal dibandingkan domain dan muatan blogku juga tidak memerlukan kapastias besar, jadi aku rasa cukup dengan memiliki domain saja.

Analoginya seperti ini, saat kita mempunyai rumah ada orang yang memiliki perabotan yang begitu banyak sehingga membutuhkan rumah yang besar. Namun, ada juga yang cukup dengan rumah kecil karena perabotannya sedikit. Bagi yang merasa perabotannya banyak, maka hendaklah membeli rumah yang besar agar perabotannya muat disimpan di dalam rumah tersebut.

Nah, bila dihubungkan dengan blog maka hosting berperan sebagai tempat penyimpanan perabotan tersebut yang dalam hal ini berupa file website seperti gambar, video, script website serta database. Jadi, bagi kamu yang blognya ingin diisi banyak database, maka disarankan untuk membeli hosting. Misalnya blog untuk jualan atau organisasi pemerintahan karena banyak memuat gambar, video atau pun file lainnya.

Sedangkan blogku tidak begitu banyak perabotannya sehingga masih muat ditampung di servernya tanpa menggunakan hosting. Namun, sebenarnya aku juga ingin mempunyai hosting agar perabotan di blogku tidak begitu sesak sehingga saat ada yang datang berkunjung, maka lebih leluasa mengaksesnya alias tidak loading lama.

Namun, bagi kamu yang ingin membeli domain blog tanpa hosting bisa langsung ke hoster.co.id karena harganya bisa terjangkau dengan kantongmu alias murah banget.
Harga domain di hoster.co.id

Caranya kamu bisa langsung tuliskan nama domain yang kamu inginkan, nanti akan keluar berapa harga domain yang harus dibayar pertahunnya.

Nah, di sana kamu bisa memilih nama domain mana yang kamu inginkan, entah itu com, id, net, my.id, dan sebagainya. Di situ juga dijelaskan persyaratan penggunaan domain tersebut karena nama blog menunjukkan identitas blog tersebut.


Misalnya untuk blog pribadi, kamu bisa menggunakan com, id, atau net, tapi tidak bisa menggunakan or.id karena penggunaan domain tersebut untuk organisasi yang tentunya di persyaratannya diminta akta notaris atau surat keterangan dari organisasi yang bersangkutan.

Nah, bagaimana? Mudah bukan. Jadi, bagi kamu yang mau serius ngeblog dan mendapatkan penghasilan dari blog, maka jangan ragu untuk beli domainya di hoster.co.id. Toh, bayarnya cuma sekali setahun dengan harga yang sangat terjangkau.

Yakinlah, bila blogmu sudah dikenal dan banyak pengunjungnya maka akan berpeluang besar untuk mendatangkan penghasilan.
SHARE

About Yelli Sustarina

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !