Cara Merawat Blog Supaya Tetap Eksis di Dunia Blogging

Jumat, Desember 15, 2017 45 Comments A+ a-

Cara Merawat Blog Supaya Tetap Eksis di Dunia Blogging


Buat kamu yang kepingin jadi blogger, sudah buat blog kan? Kalau belum, langsung buat saja di sini.

Bagi kamu yang sudah punya blog, saatnya merawat blog kamu supaya tetap eksis di dunia blogging. 

Membuat blog memang mudah, 30 menit sudah selesai yang susah itu ialah merawatnya. Aku punya enam blog, tapi hanya satu yang bisa aku rawat dengan baik yaitu blog www.yellsaints.com.

Selebihnya aku belum fokuskan untuk merawatnya dengan baik, karena merawat blog butuh cara khusus supaya blog tersebut tetap eksis di dunia blogging dan banyak orang yang mengunjungi serta mengomentarinya.

Cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk merawat blog ialah.

1. Komitmen dengan Membeli Domain

Aku buat blog pertama kali di tahun 2012 dan beli domainnya di akhir tahun 2016. Selama empat tahun itu aku menggunakan blog gratis yang sudah dipastikan tidak terawat. 

Pilih domain yang kamu inginkan
Sumber foto : https://pixabay.com

Ibaratnya seperti rumah orang yang sesekali kita tempati, tidak ada niat untuk merawat dan membeli perabotan rumahnya. Mungkin kita berpikir untuk apa dirawat, kita hanya numpang doang, sehingga orang lain pun enggan untuk berkunjung ke rumah tersebut.

Begitu juga dengan blog yang masih menumpang dengan nama blogspot. Gratis sih, tapi kadang rasa memiliki itu tidak ada, sehingga kita pun malas untuk memosting tulisan. Meskipun banyak juga blogspot yang banyak dikunjungi orang, tapi mereka mempunyai komitmen menulis yang tinggi.

Saran aku jika ingin blognya terawat, maka belilah domain, sehingga kita mempunyai rumah sendiri dan rasa tanggung jawab untuk merawatnya muncul. Tidak mahal kok, antara Rp90.000-Rp150.000 per tahunnya.

Pengalamanku yang selama empat tahun menumpang secara gratis di Google dengan nama www.yellsaints.blogspot.com, minat menulisku cukup rendah. 

Setelah beli domain dan pindah ke rumah sendiri menggunakan www.yellsainst.com aku pun bersemangat untuk menulis, karena aku tidak mau rugi sudah bayar tapi tidak mendapatkan penghasilan apa-apa. 

Aku pun bersemangat mengikut berbagai lomba blog, hingga akhirnya perlombaan demi perlombaan blog aku menangkan. Uang pun masuk dari hasil kerja kerasku menulis di blog. 


2. Buat Jadwal Postingan

Postingan di blog tidak melulu harus tulisan yang diikutkan lomba, karena akan membuat orang jenuh membacanya. Selingi dengan tulisan yang sesuai dengan niche blog kamu.

Tulisan yang dilingkari ialah tulisan yang di pesan perusahaan travel dan tulisan untuk lomba blog

Misalnya kamu suka menulis tentang perjalanan, maka tulislah pengalamanmu saat melakukan perjalanan. Hendaknya membuat jadwal postingan blog kamu, minimal ada satu tulisan per minggunya yang kamu posting di blogmu.

Aku menargetkan setiap minggu ada satu tulisan yang muncul di blogku, biasanya aku membuat hari khusus untuk posting. Jadwal posting tulisan untuk www.yellsaints.com ialah Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu.

Untuk tulisan lomba atau tulisan yang dipesan dari egen, perusahaan, atau pemerintah yang bekerjasama denganku, maka aku selingi dengan satu atau dua tulisan pribadiku sebelum tulisan pesanan atau lomba blog berikutnya. Jadi, blogku terlihat alami dan terkesan tidak seperti jualan.


3. Gabung dengan Komunitas Blogger

Cara merawat blog berikutnya ialah bergabung dengan komunitas blogger. Nah, ini apa hubungannya ya? 

Macam-macam komunitas blogger Indonesia
Sumber foto ; http://www.fantasticblue.net

Di komunitas blogger kamu akan menemukan banyak orang yang sudah paham dengan dunia blogging, mulai dari pemula hingga yang disebut mastah atau master blog. 

Mereka akan menjadi penyemangatmu untuk terus nge-blog, sesekali kamu juga bisa meminta pendapat mereka tentang desain, template, dan tulisan di blogmu.

Menurut pengalamanku, mereka yang tergabung di komunitas blogger cukup loyal untuk berbagi seputar dunia blogging. Kamu bisa belajar dengan mereka dan asyiknya di komunitas ini ialah saat kamu berkunjung ke daerah mereka, maka mereka akan senang hati menyambut kedatanganmu dan mengajakmu jalan-jalan ke kotanya. 


4. Jalan-Jalan ke Blog Teman dan Tinggalkan Komentar

Kamu ingin juga dong tulisanmu dikunjungi banyak orang dan meninggalkan berbagai komentar. Caranya kamu harus sering jalan-jalan ke blog orang, atau istilah bloggingnya blogwalking

Sumber foto : http://ubloger.com

Dulu sebelum aku tahu teknik merawat blog, aku hanya berfokus pada blogku saja tanpa pernah melihat blog orang lain. Alhasil hanya sedikit orang yang datang ke blogku, bahkan jarang sekali ada orang yang mengomentarinya.

Sekarang setelah tahu tekniknya, aku pun mengnjungi blog teman-teman dan meninggalkan komentar di blog mereka. Secara otomatis aku sudah meninggalkan jejak di blognya, sehingga semakin banyak blog yang aku komentari maka Google pun akan mudah mengindeks blogku. 

Begitu juga dengan blog yang aku komentari, jika dia paham, maka dia akan berkunjung kembali ke blogku dan meninggalkan komentar di halaman blogku. Ini persis seperti Hukum Newton III yang menjadi dasar mekanika klasik “ Setiap ada aksi, pasti ada reaksi yang menimbulkan gaya yang sama besar dan berlawanan arah”.

Itu dia cara merawat blog versi yellsaints. Biasanya sih aku merawat orang, tapi kali ini aku fokuskan merawat blog karena jaman now semua informasi berbasis internet. Bahkan blog www.perawattraveler.blogspot.com juga mau aku fokuskan dengan membeli domain. 

Blog Perawat Traveler yang masih menumpang di rumannya Google
http://perawattraveler.blogspot.co.id/

Sebenarnya terawat atau tidaknya sebuah blog tergantung interaksi dari blog itu sendiri. Mulai dari nama blog yang digunakan, seringnya posting tulisan, dan banyaknya jumlah kunjungan dan komentar yang datang.

Intinya blog yang terawat pasti banyak orang yang datang berkunjung, bahkan ada pengunjung tetap yang setia meramaikan blog tersebut. Blogmu juga bisa ramai pengunjung, asalkan kamu merawatnya dengan baik.

Tetap semangat untuk nge-blog ya!

45 comments

Write comments
Sarah Jalan
AUTHOR
15 Desember, 2017 17:59 delete

dulu aku senang banget blog walking ke blog teman2 blogger, sehingga alexa rank jadi ramping..namun penyakit malas nya melanda beberapa saat.
Btw sekarang dah mulai rajin jalan jalan lagi ke blog teman teman.. apalagi saat nyari tulisan yang menarik pasti deh mampir, seperti tulisan ini :)

Reply
avatar
ayahblogger
AUTHOR
15 Desember, 2017 18:14 delete

komunitas blogger banyak juga ya. sampe bingung mana ya harus dimasuki dan memang bermanfaat

Reply
avatar
15 Desember, 2017 20:29 delete

Semoga penyakit malasnya nggak kambuh lagi, jadi biar sering2 blogwalking ke blog teman-teman : D

Reply
avatar
15 Desember, 2017 20:32 delete

Pilih sesuai dengan karakter orang yang sama dengan kita dan nyaman untuk diikuti komunitasnya. Tapi usahakan ikut komunitas blogger yang ada di kotanya dulu, supaya lebih saling mengenal dgn sesamanya. Jadi ketika ada sponsor yg mau ajak temu blogger sudah ada orang2nya.

Reply
avatar
Andi Rezpati
AUTHOR
15 Desember, 2017 20:40 delete

trimakasih informasinya... mungkin blog sya jadi anjlok gara2 gak teratur updatenya

Reply
avatar
Inia lutarfus
AUTHOR
15 Desember, 2017 21:52 delete

no dua yang paling sulit , krn menulis itu mood nya susah ditimbulkan hehe

Reply
avatar
okky
AUTHOR
15 Desember, 2017 22:54 delete

pas awal - awalnya punya top level domain dulu rajin banget bikin posting, blogwalking dll. tapi makin kesini jadi makin males hehehe. mungkin salah satu cara merawat blog agar tetap eksis adalah dengan konsisten hehe

Reply
avatar
Bunda Erysha
AUTHOR
16 Desember, 2017 00:07 delete

Wah syukurlah semua saran di atas udah saya lakuin. Sekarang saya jadi belajar ilmu tentang kode template. Kepala saya langsung pusing hee

Reply
avatar
Oci YM
AUTHOR
16 Desember, 2017 02:42 delete

Makasiiih tips nya :)

Reply
avatar
My Satnite
AUTHOR
16 Desember, 2017 03:45 delete

Merawatnya itu memang sulit
kalo buat blog si mudah memang
kadang ada rasa malas untuk bikin artikel kadang juga BW rasa males
tapi y kalo pengen awet harus rajin dan buang jauh2 rasa malas

Reply
avatar
16 Desember, 2017 06:45 delete

Iya, harus sering kasih perhatian sama blognya supaya nggak anjlok2 kali viewer nya

Reply
avatar
16 Desember, 2017 06:48 delete

Emang sulit sih mbak, itulah tantangan nya kalau mau menjadi blogger profesional dan eksis :D

Reply
avatar
Sri Wahyuni
AUTHOR
16 Desember, 2017 07:00 delete

Merawat lbh susah drpd membuat ya. Blog kk juga uda berlaba-laba. -___-

Reply
avatar
16 Desember, 2017 07:00 delete

Iya mbak, makanya harus buat jadwal postingannya, supaya sering update blog nya.

Reply
avatar
16 Desember, 2017 07:03 delete

Butuh step by step mbak untuk bisa mempelajarinya. Nanti juga bisa.

Reply
avatar
Aini
AUTHOR
16 Desember, 2017 07:03 delete

Waah makasih tipsnya ya, Yel. Semoga kakak terdorong mengamalkan hehe

Reply
avatar
16 Desember, 2017 07:05 delete

Benar banget, butuh usaha untuk mencapai kesuksesan itu semua. Harus dihilangkan jauh-jauh rasa malas itu.

Reply
avatar
16 Desember, 2017 07:07 delete

Hahaha, jangan sampai datang kelelawar pula di blog nya kak. Bersihkan semua sarang laba-laba tu dengan mengupdate nya, lalu blogwalking

Reply
avatar
16 Desember, 2017 08:23 delete

Hehehe, iya kak, semangat nge blog ya πŸ’ͺπŸ˜„

Reply
avatar
16 Desember, 2017 09:01 delete

Great, masukan yang bernas. Keep writing, semangat terus berkarya!

Reply
avatar
17 Desember, 2017 02:19 delete

Terima kasih bang, berkarya tu emang harus tetap jalan dong bg 😁

Reply
avatar
Akarui Cha
AUTHOR
17 Desember, 2017 04:13 delete

Semangat ngeblog. Duh, tinggal poin 2 nih yang susah banget dijalanin. Tapi aku tetap berjuang, seenggaknya tetap ada post di blogku setiap bulannya.

Reply
avatar
17 Desember, 2017 06:31 delete

Good, ayo semangat nge blog πŸ€—

Reply
avatar
PoliticalClub
AUTHOR
18 Desember, 2017 08:22 delete

bagaimana sih supaya blog kita selalu tetap eksis?

Reply
avatar
April Hamsa
AUTHOR
20 Desember, 2017 11:31 delete

Komunitas blogger emang bikin eksis krn saling support. No 2 harus ya biar rumahnya gak sepi hehe :D

Reply
avatar
nur rochma
AUTHOR
20 Desember, 2017 14:55 delete

Ngeblog harus punya komitmen. Dengan begitu saya jadi belajar menulis, belajar konsisiten ngeblog. Nice sharing.

Reply
avatar
21 Desember, 2017 07:20 delete

Rajin posting dan blogwalking.

Reply
avatar
21 Desember, 2017 07:22 delete

Iya, itu bahan utamanya supaya ada hal yang didapat jika orang bertamu ke blog kita.

Reply
avatar
21 Desember, 2017 07:23 delete

Bagus itu mbak, itu hal yang utama dalam dunia blogging, yaitu komitmen.

Reply
avatar
Inna Riana
AUTHOR
25 Desember, 2017 22:50 delete

mampir di sini. happy blogging ya!

Reply
avatar
30 Maret, 2018 22:15 delete

tambah ilmu.. jadi tambah semangat buat maintain www.sunarpromosindo.com
terimakasih infonya..

Reply
avatar
28 April, 2018 16:03 delete

sangat membantu buat pemula seperti saya, terima kasih mbak.

Reply
avatar
18 Desember, 2018 18:21 delete

Umur tulisannya pas setahun ya dec..sampe akhirnya kita d pertemukan dlm event "pomapreuneur" tp tulisannya tetap update ndak exfiredπŸ‘πŸ‘ mksh banyak,,gmana cara a utk tips pilih teman/komunitas n jlan2 k blog org..mksh

Reply
avatar
08 Januari, 2019 23:50 delete

Sama-sama, tetap semangat ya untuk terus ngeblog.

Reply
avatar
08 Januari, 2019 23:51 delete

Sama-sama. Semoga terus eksis di dunia blog ya! Terima kasih sudah berkunjung.

Reply
avatar
08 Januari, 2019 23:53 delete

Sorry guys, kita nggak suka main game, sukanya ngeblog. Hehehe

Reply
avatar
08 Januari, 2019 23:56 delete

Hehehe, iya, tulisan ini paling dicari walau umurnya sudah setahun. Oke kak, nanti Yel akan buat tulisan tentang tips milih teman / komunitas untuk blogwalking.
Terima kasih sarannya kak.

Reply
avatar
racocu
AUTHOR
10 September, 2020 02:55 delete

Terima kasih atas infonya tentang dunia blog

Reply
avatar
Guru Sunardi
AUTHOR
27 September, 2020 19:45 delete

Keren tulisannya mas. Sudi kiranya follow blog saya www.gurusunardi.com terima kasih

Reply
avatar
rahma
AUTHOR
16 Maret, 2021 19:38 delete

"Hallo Gan, saya juga suka nulis flash fiction. Coba nulis, tapi kayaknya butuh latihan lagi deh. Punya rekomendasi nggak, di mana saya bisa baca-baca flash fiction yang asyik? Yang bisa kasih saya contoh, flashfiction yang bagus? Saya pengin nulis bagus."

Reply
avatar