Review Buku Menu Sehat & Antialergi MPASI



Sebagai ibu muda yang baru pertama kali mempunyai seorang bayi, tentu merasa begitu antusias saat memulai memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayinya. Mulai dari perisapan peralatan makannya, menu yang akan diberikan setiap harinya, sampai informasi seputar MPASI dari berbagai sumber tidak boleh terlewatkan. 

Di zaman now ini, tentu informasi seputar MPASI dan menu makanannya sangat mudah didapatkan. Kita bisa mencarinya di media sosial, baik itu di Facebook, Instagram, Youtube, atau Google. Semua informasi tentang hal tersebut bisa kita akses termasuk tutorial memasak MPASI. 



Di awal-awal MPASI anaku Cahya, mulanya aku hanya fokus dengan menu MPASI yang bersumber dari internet. Setiap kali ingin memasak menu MPASI Cahya, aku search ke Youtube dulu, kira-kira hari ini masak apa ya? Mau nggak ya Cahya makan masakan yang aku buat? Aku keasyikan melihat video di Youtube dan membaca beberapa artikel tentang MPASI sehingga bingung mau masak apa sangking banyaknya informasi yang aku akses. 


Akhirnya, aku telat memasak MPASI untuk Cahya karena waktuku habis untuk melihat-lihat informasi menu MPASI di media sosial. Lama-kelamaan aku jadi jenuh sendiri, apalagi keseringan mengakses internet sambil menyaksikan video tutorial memasak MPASI membuatku pusing karena lama menatap layar ponsel. 

Di saat situasi seperti ini, rupanya peran buku sangat penting untuk melengkapi informasi seputar MPASI. Setelah searching sana-sini, membandingkan satu buku dengan buku yang lain, termasuk daftar isi buku dan harganya, akhirnya pilihanku jatuh ke buku yang berjudul Menu Sehat & Antialergi MPASI. 

Kebanyakan ibu muda mungkin akan kebingungan untuk mencari buku MPASI yang tepat, sebab buku yang membahas tentang MPASI itu sangat banyak. Nah, di tulisan ini aku akan mencoba mereview buku MPASI yang baru kubeli melalui via online. 

Ada Apa dengan Buku Ini? 

Buku yang ditulis oleh Ika Prastya Aning, Amd., Gz dan Yohanes Kristianto, GradDipFoodSci, MFT membahas informasi gizi mulai dari ibu hamil, perkambangan janin di dalam kandungan, pengetahuan lengkap mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi, panduan memberi ASI Eksklusif, pola makan yang tepat untuk bayi, tips menyusui, dan yang paling penting ialah menu MPASI bayi mulai usai 6-12 bulan yang tentunya sudah teruji sehat dan antialergi. 

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat daftar isinya. 



Ada yang berbeda dari buku MPASI terbitan Genta Group Production tahun 2017 ini. Buku ini dilengkapi dengan kode QR Active Supermom yang bisa kita akses melaui ponsel pintar. Caranya dengan memindai kode yang tertera di sampul buku, kemudian akan diarahkan ke play store untuk mendownload aplikasi yang sudah tersedia. 

Di situ kita bisa melihat penjelasan lanjutan dari materi yang terdapat di dalam buku. Menurutku, ini sangat praktis karena tentunya dapat mengurangi jumlah halaman buku, tapi tidak mengurangi kualitas isi. Ribet juga kan kalau buku MPASI tebalnya seperti buku fundamental keperawatan yang beratnya sampai 2 kg, tentu susah banget kalau mau dibawa-bawa. 

Bisa lihat di video ini cara mengaktifkan kode QR Supermom

Nah, di buku ini cuma terdapat 192 halaman dengan ukuran buku 190 mm x 240 mm dan berat 400 gram, jadi sangat mudah dibawa-bawa. Bila ingin mendapatkan informasi lebih dari materi yang tertulis di dalam buku, kamu bisa melakukan scan me saja untuk mendapatkan meteri lanjutannya. Mudah bangetkan? 

Selain itu, di buku ini juga disediakan jadwal menu setiap harinya mulai dari usia 6-12 bulan. Jadi, kita bisa melihat menu apa yang akan diberikan kepada bayi setiap harinya, tentunya ini sangat membantu para mom yang kebingungan mencari menu MPASI yang tepat buat si kecil. 



Kekurangan Buku 


Tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk buku ini juga punya kekurangan khususnya di bagian menu MPASI. Menu yang disajikan dalam buku ini tidak fokus membahas tentang menu 4* (menu lengkap) yang terdiri atas karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, dan lemak tambahan sebagaimana seperti yang disarankan oleh badan organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO). 

Selain itu, tidak ada scan me kode QR yang memuat video tutorial saat memasak MPASI. Sebab, urusan memasak menu MPASI ini tidak cukup dengan hanya membaca langkah-langkah penyajiannya saja, tapi juga diikuti dengan video untuk lebih memperjelas cara memasaknya. 

Nah, itulah sekilas review buku Menu Sehat & Antialergi MPASI kali ini. Menurutku buku ini baguslah untuk menambah referensi para mom dan calon mom dalam mempersiapkan gizi yang baik untuk si buah hati. 

Sebab berkat pengetahuan yang dimiliki para mom, anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga terhindar dari yang namanya stunting, yaitu masalah pada tumbuh kembang yang mengakibatkan anak kekurangan gizi dan kerdil. 

Untuk mengetahui informasi tentang stunting, silakan baca Tujuh Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Stunting.

SHARE

About Yelli Sustarina

    Blogger Comment
    Facebook Comment

26 komentar:

  1. Untuk para mamah mamah muda perlu banget beli buku panduan selengkap ini fiturnya!

    Ada bahas informasi gizi mulai dari ibu hamil, perkambangan janin di dalam kandungan, pengetahuan lengkap mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi, panduan memberi ASI Eksklusif, pola makan yang tepat untuk bayi, tips menyusui, menu MPASI bayi mulai usia 6-12 bulan .. penting !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, sangat bermanfaat buknya ya mba. Bersyukur aku punya bukunya. :)

      Hapus
  2. Bener juga, masak bubur MPASI meskipun kelihatan sederhana tp buat pemula ya tetap susah juga dipraktekkan ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sering kali gagal dan rasanya nggak jelas, makanya perlu buku panduan, hehehe.

      Hapus
  3. Buku seperti ini tentu sangat membantu ibu baru maupun sudah berpengalaman dalam mengurus anak. Di sini ada informasi gizi dari menu2. Buku ini lumayan tebal juga ya 192 halaman dengan variasi MPASI hariannya. Jadi kita bisa mengikuti jadwal menu makan buat sang bayi di sini :) TFS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat rekomendedlah pokoknya bagi mama muda ataupun yang sudah berpengalaman karena banyak informasi yang didapat dalam buku ini.

      Hapus
  4. Cakep nih buku MPASI sehingga para bunda tidak perlu lagi kebingungan. Anak jadi montok dan senang makan karena makanan tidak ngebosenin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mpo. Kalau Mpo punya bayi atau sedang hamil, buku ini sangat rekomendedlah untuk dibaca. :D

      Hapus
  5. Demi tumbuh kembang anak yang baik dan maksimal, apapun pasti akan dilakukan orang tua untuk mendapatkannya ya.
    Membesarkan dan mendidik anak jaman sekarang memang wajib disertai ilmu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget mba, biar nggak salah asuh dan didik nantinya. Semua butuh ilmunya.

      Hapus
  6. Nah, coba ya, ayo para bumil dan busui, ini bisa jadi referensi bacaan bermanfaat banget. Buatku, ini udah lewat banget soalnya. Tapi ya, suka nyesel loh kenapa dulu aku nggak punya pegangan buku seperti ini. Kan apa-apanya bisa lebih mudah karena bisa intip ke dalam buku mau masak apa untuk si kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, mungkin bisa dishare aja mba buat teman-teman yang sedang punya bayi atau sedang hamil supaya mereka mendapatkan manfaatnnya dari buku ini.

      Hapus
  7. Wah kerennn .... hari gini udah jarang yang nerbitin buku
    Padahal masih banyak orang yang belum nyaman lihat resep atau baca artikel via gadget
    Adikku, jagoan coding karena lulus jurusan komputer, masih langganan surat kabar karena ngga suka baca via gadget :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebab, kelamaan natap gadget jadi pusing akunya mba, makanya aku lebih nyaman kalau baca pakai buku.

      Hapus
  8. Buku yang seperti ini bagus untuk digunakan sendiri ataupun menjadi kado bagi teman habis melahirkan ya, jadi bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, benar banget mba. Bisa dijadikan kado spesial yang mendidik.

      Hapus
  9. Menarik nih bukunya, bisa jadi referensi para ibu yang punya bayi.

    iya yah, keasyikan lihat tutorial di YT akhirnya malah kehabisan waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dishare ke teman-teman yang sedang menjalani fase hamil ataupun yang punya bayi mba, supaya bermanfaat buat mereka.

      Hapus
  10. Buku MPASI tentu bermanfaat banget nih, bisa kujadiin hadiah bagi yang baru melahirkan hehehe. Jadi keinget adekku. Pasti bisa jadi panduan nih untuk bikin MPASI buat anaknya.

    BalasHapus
  11. Bukunya ok banget, bagus nih buat Mama muda yang mau belajar tentang MPASI. Bermanfaat banget buat belajar soal MPASI. Jadi pengen punya adek bayi ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, semoga keinginannya cepat terkabul. Ntar, kalau sudah hamil dan punya bayi, wajib nih punya buku ini.

      Hapus
  12. Semua ibu merasakan energi luar biasa saat mendampingi MPASI. Kadang ada yang mudah sehingga tambah semangat, kadang ada yang GTM sehingga resah dan selalu berusaha mencba menu baru. Buku semacam ini sangat membantu

    BalasHapus
  13. MPASI meski terlihat mudah, tapi nyatanya kerap membuat bingung juga. Terutama bagi orangtua yg masih blm berpengalaman. Dan buku ini sangat recommended deh buat mammud biar nggak bingung lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, buku ini sangat rekomended buat Mamud.

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !