Review Buku Menu Sehat & Antialergi MPASI

Rabu, September 30, 2020 26 Comments A+ a-



Sebagai ibu muda yang baru pertama kali mempunyai seorang bayi, tentu merasa begitu antusias saat memulai memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayinya. Mulai dari perisapan peralatan makannya, menu yang akan diberikan setiap harinya, sampai informasi seputar MPASI dari berbagai sumber tidak boleh terlewatkan. 

Di zaman now ini, tentu informasi seputar MPASI dan menu makanannya sangat mudah didapatkan. Kita bisa mencarinya di media sosial, baik itu di Facebook, Instagram, Youtube, atau Google. Semua informasi tentang hal tersebut bisa kita akses termasuk tutorial memasak MPASI. 



Di awal-awal MPASI anaku Cahya, mulanya aku hanya fokus dengan menu MPASI yang bersumber dari internet. Setiap kali ingin memasak menu MPASI Cahya, aku search ke Youtube dulu, kira-kira hari ini masak apa ya? Mau nggak ya Cahya makan masakan yang aku buat? Aku keasyikan melihat video di Youtube dan membaca beberapa artikel tentang MPASI sehingga bingung mau masak apa sangking banyaknya informasi yang aku akses. 


Akhirnya, aku telat memasak MPASI untuk Cahya karena waktuku habis untuk melihat-lihat informasi menu MPASI di media sosial. Lama-kelamaan aku jadi jenuh sendiri, apalagi keseringan mengakses internet sambil menyaksikan video tutorial memasak MPASI membuatku pusing karena lama menatap layar ponsel. 

Di saat situasi seperti ini, rupanya peran buku sangat penting untuk melengkapi informasi seputar MPASI. Setelah searching sana-sini, membandingkan satu buku dengan buku yang lain, termasuk daftar isi buku dan harganya, akhirnya pilihanku jatuh ke buku yang berjudul Menu Sehat & Antialergi MPASI. 

Kebanyakan ibu muda mungkin akan kebingungan untuk mencari buku MPASI yang tepat, sebab buku yang membahas tentang MPASI itu sangat banyak. Nah, di tulisan ini aku akan mencoba mereview buku MPASI yang baru kubeli melalui via online. 

Ada Apa dengan Buku Ini? 

Buku yang ditulis oleh Ika Prastya Aning, Amd., Gz dan Yohanes Kristianto, GradDipFoodSci, MFT membahas informasi gizi mulai dari ibu hamil, perkambangan janin di dalam kandungan, pengetahuan lengkap mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi, panduan memberi ASI Eksklusif, pola makan yang tepat untuk bayi, tips menyusui, dan yang paling penting ialah menu MPASI bayi mulai usai 6-12 bulan yang tentunya sudah teruji sehat dan antialergi. 

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat daftar isinya. 



Ada yang berbeda dari buku MPASI terbitan Genta Group Production tahun 2017 ini. Buku ini dilengkapi dengan kode QR Active Supermom yang bisa kita akses melaui ponsel pintar. Caranya dengan memindai kode yang tertera di sampul buku, kemudian akan diarahkan ke play store untuk mendownload aplikasi yang sudah tersedia. 

Di situ kita bisa melihat penjelasan lanjutan dari materi yang terdapat di dalam buku. Menurutku, ini sangat praktis karena tentunya dapat mengurangi jumlah halaman buku, tapi tidak mengurangi kualitas isi. Ribet juga kan kalau buku MPASI tebalnya seperti buku fundamental keperawatan yang beratnya sampai 2 kg, tentu susah banget kalau mau dibawa-bawa. 

Bisa lihat di video ini cara mengaktifkan kode QR Supermom

Nah, di buku ini cuma terdapat 192 halaman dengan ukuran buku 190 mm x 240 mm dan berat 400 gram, jadi sangat mudah dibawa-bawa. Bila ingin mendapatkan informasi lebih dari materi yang tertulis di dalam buku, kamu bisa melakukan scan me saja untuk mendapatkan meteri lanjutannya. Mudah bangetkan? 

Selain itu, di buku ini juga disediakan jadwal menu setiap harinya mulai dari usia 6-12 bulan. Jadi, kita bisa melihat menu apa yang akan diberikan kepada bayi setiap harinya, tentunya ini sangat membantu para mom yang kebingungan mencari menu MPASI yang tepat buat si kecil. 



Kekurangan Buku 


Tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk buku ini juga punya kekurangan khususnya di bagian menu MPASI. Menu yang disajikan dalam buku ini tidak fokus membahas tentang menu 4* (menu lengkap) yang terdiri atas karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, dan lemak tambahan sebagaimana seperti yang disarankan oleh badan organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO). 

Selain itu, tidak ada scan me kode QR yang memuat video tutorial saat memasak MPASI. Sebab, urusan memasak menu MPASI ini tidak cukup dengan hanya membaca langkah-langkah penyajiannya saja, tapi juga diikuti dengan video untuk lebih memperjelas cara memasaknya. 

Nah, itulah sekilas review buku Menu Sehat & Antialergi MPASI kali ini. Menurutku buku ini baguslah untuk menambah referensi para mom dan calon mom dalam mempersiapkan gizi yang baik untuk si buah hati. 

Sebab berkat pengetahuan yang dimiliki para mom, anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga terhindar dari yang namanya stunting, yaitu masalah pada tumbuh kembang yang mengakibatkan anak kekurangan gizi dan kerdil. 

Untuk mengetahui informasi tentang stunting, silakan baca Tujuh Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Stunting.

26 comments

Write comments
03 Oktober, 2020 03:25 delete

Untuk para mamah mamah muda perlu banget beli buku panduan selengkap ini fiturnya!

Ada bahas informasi gizi mulai dari ibu hamil, perkambangan janin di dalam kandungan, pengetahuan lengkap mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi, panduan memberi ASI Eksklusif, pola makan yang tepat untuk bayi, tips menyusui, menu MPASI bayi mulai usia 6-12 bulan .. penting !

Reply
avatar
03 Oktober, 2020 03:56 delete

Bener juga, masak bubur MPASI meskipun kelihatan sederhana tp buat pemula ya tetap susah juga dipraktekkan ya hehe

Reply
avatar
Nurul Sufitri
AUTHOR
03 Oktober, 2020 07:24 delete

Buku seperti ini tentu sangat membantu ibu baru maupun sudah berpengalaman dalam mengurus anak. Di sini ada informasi gizi dari menu2. Buku ini lumayan tebal juga ya 192 halaman dengan variasi MPASI hariannya. Jadi kita bisa mengikuti jadwal menu makan buat sang bayi di sini :) TFS.

Reply
avatar
Mpo Ratne
AUTHOR
03 Oktober, 2020 13:03 delete

Cakep nih buku MPASI sehingga para bunda tidak perlu lagi kebingungan. Anak jadi montok dan senang makan karena makanan tidak ngebosenin

Reply
avatar
Okti Li
AUTHOR
03 Oktober, 2020 13:38 delete

Demi tumbuh kembang anak yang baik dan maksimal, apapun pasti akan dilakukan orang tua untuk mendapatkannya ya.
Membesarkan dan mendidik anak jaman sekarang memang wajib disertai ilmu...

Reply
avatar
03 Oktober, 2020 14:40 delete

Nah, coba ya, ayo para bumil dan busui, ini bisa jadi referensi bacaan bermanfaat banget. Buatku, ini udah lewat banget soalnya. Tapi ya, suka nyesel loh kenapa dulu aku nggak punya pegangan buku seperti ini. Kan apa-apanya bisa lebih mudah karena bisa intip ke dalam buku mau masak apa untuk si kecil.

Reply
avatar
03 Oktober, 2020 15:24 delete

Wah kerennn .... hari gini udah jarang yang nerbitin buku
Padahal masih banyak orang yang belum nyaman lihat resep atau baca artikel via gadget
Adikku, jagoan coding karena lulus jurusan komputer, masih langganan surat kabar karena ngga suka baca via gadget :D :D

Reply
avatar
Fenni Bungsu
AUTHOR
03 Oktober, 2020 16:38 delete

Buku yang seperti ini bagus untuk digunakan sendiri ataupun menjadi kado bagi teman habis melahirkan ya, jadi bermanfaat

Reply
avatar
Nanik Nara
AUTHOR
03 Oktober, 2020 17:54 delete

Menarik nih bukunya, bisa jadi referensi para ibu yang punya bayi.

iya yah, keasyikan lihat tutorial di YT akhirnya malah kehabisan waktu

Reply
avatar
Mia Yunita
AUTHOR
03 Oktober, 2020 19:03 delete

Buku MPASI tentu bermanfaat banget nih, bisa kujadiin hadiah bagi yang baru melahirkan hehehe. Jadi keinget adekku. Pasti bisa jadi panduan nih untuk bikin MPASI buat anaknya.

Reply
avatar
Vivian Wahab
AUTHOR
03 Oktober, 2020 20:48 delete

Bukunya ok banget, bagus nih buat Mama muda yang mau belajar tentang MPASI. Bermanfaat banget buat belajar soal MPASI. Jadi pengen punya adek bayi ��

Reply
avatar
Susi Susindra
AUTHOR
04 Oktober, 2020 04:21 delete

Semua ibu merasakan energi luar biasa saat mendampingi MPASI. Kadang ada yang mudah sehingga tambah semangat, kadang ada yang GTM sehingga resah dan selalu berusaha mencba menu baru. Buku semacam ini sangat membantu

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:26 delete

Yups, sangat bermanfaat buknya ya mba. Bersyukur aku punya bukunya. :)

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:27 delete

Iya, sering kali gagal dan rasanya nggak jelas, makanya perlu buku panduan, hehehe.

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:28 delete

Sangat rekomendedlah pokoknya bagi mama muda ataupun yang sudah berpengalaman karena banyak informasi yang didapat dalam buku ini.

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:30 delete

Iya mpo. Kalau Mpo punya bayi atau sedang hamil, buku ini sangat rekomendedlah untuk dibaca. :D

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:31 delete

Benar banget mba, biar nggak salah asuh dan didik nantinya. Semua butuh ilmunya.

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:32 delete

Hehehe, mungkin bisa dishare aja mba buat teman-teman yang sedang punya bayi atau sedang hamil supaya mereka mendapatkan manfaatnnya dari buku ini.

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:33 delete

Sebab, kelamaan natap gadget jadi pusing akunya mba, makanya aku lebih nyaman kalau baca pakai buku.

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:34 delete

Yups, benar banget mba. Bisa dijadikan kado spesial yang mendidik.

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:35 delete

Silakan dishare ke teman-teman yang sedang menjalani fase hamil ataupun yang punya bayi mba, supaya bermanfaat buat mereka.

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:37 delete

Silakan di share ke adiknya mba.

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:38 delete

Hehehe, semoga keinginannya cepat terkabul. Ntar, kalau sudah hamil dan punya bayi, wajib nih punya buku ini.

Reply
avatar
04 Oktober, 2020 08:38 delete

Itulah yang aku rasakan saat ini mba.

Reply
avatar
05 Oktober, 2020 19:04 delete

MPASI meski terlihat mudah, tapi nyatanya kerap membuat bingung juga. Terutama bagi orangtua yg masih blm berpengalaman. Dan buku ini sangat recommended deh buat mammud biar nggak bingung lagi.

Reply
avatar
07 Oktober, 2020 05:05 delete

Iya, buku ini sangat rekomended buat Mamud.

Reply
avatar