Cara Mudah Melakukan PCR Test Lewat Online



Pandemi Covid-19 sekarang terus merajalela. Di awal kemunculannya di Indonesia, Aceh masih daerah yang aman dari pandemi ini sehingga aktivitas di Aceh tidak terlalu berefek. Ketika daerah lain di Indonesia diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Aceh masih nyaman dengan aktivitas di luar rumah bahkan saat di bulan Ramadan, masjid masih ramai dengan jamaah seolah tidak terjadi apa-apa. 

Ya, pada saat itu kasus Covid-19 di Aceh masih hitungan jari, apalagi bagi kami yang tinggal di daerah pedalaman Aceh belum merasakan dampak dari pandemi ini. Seiring berjalannya waktu, Covid-19 sampai juga di Aceh, bahkan di daerahku Aceh Selatan sudah ditetapkan sebagai zona merah. 

Suasana Salat Tarawih Pertama di Masjid Baiturrahman Banda Aceh pada saat covid-19.
Sumber Photo : Serambi Indonesia

Berdasarkan laporan dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pusat maupun di website Dinas Kesehatan Aceh Sabtu, (12/9/2020) total warga yang terpapar virus corona di Aceh sejak Maret lalu mencapai 2.526 orang. Kota yang paling tinggi tambahan kasus positif Covid-19 ialah Banda Aceh, yaitu ibukota propinsi Aceh. 

Kekhawatiran pun muncul di benakku, pasalnya suamiku tinggal dan bekerja di Banda Aceh. Setiap dua minggu sekali dia pulang menjumpaiku yang saat ini masih berada di Aceh Selatan. Ya, pasca melahirkan anak pertama kami, Cahya, aku belum balik lagi ke Banda Aceh lantaran khawatir tentang Covid-19. Jadinya kami LDR selama hampir 9 bulan ini. 

Namun setiap dia pulang, aku khawatir kalau-kalau dia membawa virus tersebut pada kami. Jadi, aku sarankan untuk melakukan tes uji Covid-19 untuk mewaspadai penyebaran virus corona. Memang sih, test uji rapid test banyak dilakukan saat ini di Banda Aceh hanya saja hasil dari test ini kurang akurat karena bisa saja reaktif atau nonreaktif. Oleh karena itu, aku menyarankan untuk dilakukan Polymerase Chain Reaction (PCR) Test. 

Pemeriksaan deteksi Covid-19 jenis PCR menggunakan sampel lendir dari hidung atau tenggorokan. Dua lokasi ini dipilih karena menjadi tempat virus yang akan menggandakan dirinya. Namun, beberapa sampel seperti sampel cairan dari saluran pernapasan bawah; atau mengambil sampel tinja juga bisa jadi pilihan untuk tes ini. Virus yang aktif akan memiliki material genetika yang bisa berupa DNA maupun RNA. 

Prinsip kerjanya ialah dengan mengopi DNA/RNA target menjadi berlipat ganda sehingga dapat dibaca oleh mesin. Nah, pada virus corona, material genetik tersebut adalah RNA. Material ini yang diamplifikasi dengan RT-PCR sehingga bisa dideteksi. Berbeda dengan TCM, metode pemeriksaan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan hasilnya karena melalui dua kali proses yaitu, ekstraksi dan amplifikasi. 

Kelebihan dari uji tes ini ialah akurasinya lebih tinggi. Namun, juga memiliki banyak kekurangan antara lain; biayanya yang mahal, harus dilakukan oleh orang yang ahlinya, tersentralisasi di laboratorium, dan waktunya yang lama. Nah, oleh karena itulah kebanyakan orang enggan untuk melakukan PCR Test tersebut. 

Untungnya PCR Test bisa dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi halodoc. Platform kesehatan digital ini memberikan kemudahan untuk mengakses layanan dokter secara cepat, akurat, dan aman. Kita juga bisa bertanya langsung kepada dokter sesuai ahlinya tentang masalah kesehatan yang kita alami. 



Caranya mudah banget. Kita bisa mendownload Aplikasi Halodoc di Playstore untuk Android atau Appstore untuk Iphone. Di situ kita bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa melewati proses yang berbelit-belit. Buat janji dan pesan obat juga bisa. 

Di aplikasi ini kita bisa juga melakuan tes covid-19 dengan PCR Swab Test yang dilakukan di tempat tes yang berada di lokasi sekitar tempat tinggal kita. Mudahnya, kita bisa langsung buat janji untuk melakukan test tersebut. Bagaimana, mudah bangetkan? 





SHARE

About Yelli Sustarina

    Blogger Comment
    Facebook Comment

25 komentar:

  1. jadi lebih mudah kalau secara online ya, ga bingung lagi apa lagi ada disekitar kita layanan PCR. Memang semakin hari semakin terlihat jika banyak orang yang menyepelakan keadaan pandemi ini. Saya di Pekabaru rata-rata kasus baru bisa ampe 100an mba. Mudah mudahan pandemi segera usai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga saja pendemi ini kelar dan situasi bisa kembali seperti semula.

      Hapus
  2. Duh sedih banget harus jauh dari suami ya?
    Gara gara pandemic semua jadi berubah
    Semoga segera berlalu dan bisa ngumpul bareng lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Iya mba. Kita perlu banyak bersabar dan terus berdoa agar pandemi segera berlalu.

      Hapus
  3. Saat ini aplikasi kesehatan sangat membantu banget. Apalagi Halodoc kelihatan deh serius dengan kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halodoc sangat membantu kita di situasi sekarang ya mba.

      Hapus
  4. Oh bisa ya melalui online, salah satunya bisa melalui Halodoc?
    Aku pengen coba ahh.. Kebetulan di komplekku udah ada yang meninggal 3 orang mba :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, silakan coba mba dan lebih gampang gunainnya.

      Hapus
  5. Semoga semua sehat ya Kak. Kakak dan anak, suami juga seluruh keluarga di Aceh.
    Memang untuk pemeriksaan seperti PCR tes ini makin mudah ya kini, di aplikasi Halodoc ada layanannya. Makin lengkap deh aplikasi ini. ku makin sukaaa1!

    BalasHapus
  6. Inovasi Halodoc sangat patut diapresiasi nih.bisa melakukan tes secara online kan selama ini gak kepikiran ke sana hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mereka menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Cukup terbantu banget masyarakat saat ini dengan adanya aplikasi halodoc.

      Hapus
  7. Semoga pamdemi Covid 19 lekas berlalu. Selalu berdoa sehat negeriku. Selama pandemi semua aktivitas banyak dilakukan melalui online. Senang ada aplikasi ini sangat membantu untuk layanan dokter juga bisa untuk melakukan tes Covid 19 secara online. Benar-benar aplikasi yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, benar-benar sangat bermanfaat untuk kita di situasi pandemi ini.

      Hapus
  8. Luar biasa memang Halo Doc ini ya. Aplikasi dengan banyak manfaat yang menyertainya. Untuk kita yang harus selalu di rumah, Halo Doc pastinya sangat membantu. Informasi, konsultasi, dan layanan kesehatan bisa kita lakukan tanpa harus keluar rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Mereka tahu apa yang dibutuhkan masyarakat zaman now, hehehe.

      Hapus
  9. Memudahkan banget ya bisa dilakukan secara online nih untuk pengetaesan PCR. Sekarang semakin banyak kemudahan dalam bidang teknologi terutama untuk urusan kesehatan juga ya. Halodoc ini memang sudah dikenal sebagai apps yang membantu kita untuk konsultasi kesehatan dari rumah aja,saya banyak lihat teman saya pun sudah gunakan nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, selain itu kita juga bisa banyak mendapatkan informasi kesehatan di aplikasi ini.

      Hapus
  10. Yang mau test PCR jadi lebih mudah bisa melalui Halodoc, aplikasi kesehatan yang makin lengkap fiturnya

    BalasHapus
  11. Baru tau saya kalau halodoc ada layanan pcr nya, sangat memudahkan sekali untuk kita melalukan tes pcr mandiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi tidak perlu antri dan berdesak-desak pula.

      Hapus
  12. Bikin janji dg rs terdekat ya? Waaah. Iya jd ingat teman saya yg kemudian cerita kalau mau daftar pcr gak pakai ribet. Kirain karena dia nakes. Ternyata banyak jalannya yg mempermudah, salah satunya dg halodoc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelayanan kesehatan jadi mudah berkat adanya halodoc ini ya mba.

      Hapus
  13. Seneng yah semenjak ada Halodoc ini masalah kesehatan jadi dipermudah yah, bahagia deh.

    BalasHapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !