6 Influencer yang Bikin Kamu Peduli Lingkungan

Rabu, September 13, 2023 0 Comments A+ a-

Kepedulian itu muncul ketika informasi tentang suatu hal itu tersampaikan ke kita. Kenapa banyak orang yang tidak peduli tentang isu lingkungan, tapi gosip artis atau trend fashion jadi hal yang menarik untuk diperbincangkan? Hal itu dikarenakan sumber informasi yang diterimanya lebih banyak tentang gosip atau trend fashion terebut, makanya secara tidak sadar mereka yang menerima informasi tersebut terbawa arus mengikuti apa yang dilihat dan didengarnya.

Lantas, bagaimana kita bisa menumbuhkan kesadaran untuk peduli akan lingkungan? Nah, kamu bisa mengikuti 6 Influencer yang sering membuat konten tentang lingkungan dan hidup di lingkungan yang sehat dan bersih.

Ini versi aku, mungkin kamu punya Influencer yang menurutmu bagus, juga bisa diinformasikan di kolom komentar supaya kita lebih banyak tahu lagi Influencer yang membahas isu lingkungan.


1. Kampung Halaman Official

Aku mulai mengikutinya semenjak bulan April lalu. Menurutku ini konten yang bagus untuk diikuti karena menyuguhkan suasana kehidupan perkampungan yang asri dan alami.

Pemerennya bukan anak muda, tapi sosok orang tua yang disebut Akung dan Uti. Dua sosok ini berhasil membuat kita rindu akan susana kampung dan orang tua. Mereka membuat konten tentang masakan kampung yang bahan-bahannya diambil dari kebun di sekitar rumah.

Cara memasaknya juga unik dan masih menggunakan peralatan tradisional, tidak ada peralatan canggih yang bisa membahayakan lingkungan. Namun, hasil dari masakan yang disuguhkan sangat menggoda selera. Influencer asal Yogyakarta ini berhasil menarik banyak followers karena menyadarkan kita bahwa untuk bahagia itu tidak perlu mewah, cukup hidup sederhana, bersahabat dengan alam tanpa harus merusak lingkungan.


2. Emarsela

Aku juga suka mengikuti akun Instagram ibu muda ini karena kegiatan berkebunnya di lahan sempit, tepatnya di samping rumah. Bagaimana tidak terkagum-kagum lahan yang tidak seberapa itu bisa ditanami berbagai macam sayuran dan buah. Jadi, kalau dia mau memasak tinggal ambil di kebun samping rumah deh.

Ia juga sering membagikan tips cara berkebun dan mengelola sampah organik rumah tangga yang dijadikan kompos untuk tanamannya sendiri. Dari akun inilah aku tertarik mencoba berkebun di lahan sempit rumahku. Awalnya aku pesimis karena teras dan belakang rumah semua ditutupi dengan semen, tapi ketika melihat video-video dari Bunda Emarsela yang membuat pot dan polibag untuk tanam-tanamannya akhirnya tarraaaa.

Meskipun tidak secantik dan sebanyak kebunnya Bunda Emarsela, paling tidak aku sudah mencobanya dan Alhamdulillah sudah sempat panen sayur beberapa kali. Rumahku pun juga tidak terlihat gersang lagi karena ada tanaman yang mempersejuknya.


3. Eco Blogger Squad

Aku termasuk bagian dari Eco Blogger Squad. Sejak tahun 2020, kami para blogger dari berbagai daerah bergabung dalam komunitas ini. Tugas kami ialah menulis tentang isu lingkungan yang terjadi di sekitar kami.

Tentunya kami tidak sembarangan menulis karena sebelumnya kami diberikan informasi dari ahlinya yang paham tentang lingkungan. Setelah itu, kami menulisnya di blog masing-masing dan membagikannya melalui media massa, baik Instagram maupun Twitter.
Hasil tulisan yang kami rangkum dan ilmu yang kami dapat, kami share melalui Instagram yang kemudian dikolaborasikan dengan Instagram Eco Blogger Squad. Jadi, kebanyakan postingan di akun ini adalah hasil kolaborasi dari para blogger. Di antara para blogger ini juga ada yang konsisten membahas isu lingkungan, jadi kamu bisa melihat-lihat akun mereka yang tentunya bisa menambah teman-teman yang peduli akan lingkungan.


4. Bumijo | Less Waste Lifestyle 


Buat kamu yang kebingungan cara mengolah sampah rumah tangga, wajib banget ngikutin akun ini. Sebab di sini banyak trik dan cara yang tepat pengolahan sampah yang dibagikan melalui konten video. Yang awalnya kita kira sampah tersebut tidak bisa dingapa-ngapain lagi, bisa diolah dan dibuat sesuatu yang lebih berharga.

Selain itu, Mijo admin akun ini juga sering mengampanyekan untuk membawa totebag atau tumbler sendiri saat berpergian. Ini untuk meminimalisir penggunaan kertas kresek dan penggunaan botol plastik. Coba deh lihat postingannya sangat mempengaruhi kita untuk melakukan hal baik agar lingkungan terjaga.


5. Bule Sampah

Eits, jangan kira ini konten 'sampah' berkonotasi negatif ya. Pemilik akun ini ialah bule asal Jerman yang hobinya jalan-jalan. Dia sering membagikan konten video yang memperlihatkan tumpukan sampah di berbagai daerah. Namun, ia lebih sering memperlihatkan sampah yang ada di Indonesia. Mungkin karena dia tinggal di Indonesia kali ya?

Kadang ada juga konten yang membandingkan pengelolaan sampah yang ada di Indonesia dengan di Jerman. Memang jauh banget perbedaannya, tapi ia bukan bermaksud menjelek-jelekkan Indonesia. Namun, ia ingin membangun kesadaran warga Indonesia agar lebih peduli untuk menjaga lingkungan sekitarnya.

Di bio bule ini tertulis, "Buat Indonesia Bersih Kembali" mulia bangetkan hatinya. Masak sih bule aja pengen Indonesia bersih, kita yang lahir, besar, dan bertumbuh di tanah air sendiri tidak mau melakukan hal yang sama? Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara bule sampah mengampanyekan isu lingkungan, langsung aja lihat konten instagramnya.


6. Team Up for Imapcat


Nah, ini akun kolaborasi juga sama seperti akun Eco Blogger Squad. Namun, bedanya siapapun bisa berkolaborasi dengan akun ini bila isunya terkait lingkungan. Sesuai dengan tulisan di bionya "Siapapun bisa menyelamatkan bumi dengan caramu sendiri" jadi kamu bisa juga membuat konten tentang lingkungan dan mengajak teman-temanmu untuk melakukan juga.

Memang dampaknya gak seberapa sih, tapi bila dilakukan bersama dan pesan baik ini terus disebarluaskan jadi banyak yang tahu dan ikut melakukannya. Daripada terus ngikutin isu artis atau fashion, mending deh kamu fokus pada isu lingkungan yang bisa menyelamatkan kita semua dari kerusakan lingkungan.

Nah, itulah beberapa Influencer yang bisa kamu ikuti untuk menambah pengetahuan tentang menjaga lingkungan. Sebenarnya ini adalah tantanganku untuk menyelesaikan challenge TEAM UP FOR IMAPCAT agar mendapatkan satu pohon yang akan ditanam atas namaku sendiri.

Jadi, aku memilih tantangan untuk mengikuti Influencer lingkungan dan kemudian aku tuliskan di blog untuk di share lagi ke teman-temanku. Aku yakin, kontenku yang receh ini bisa bermanfaat untuk kamu yang mungkin sudah tergerak hatinya untuk hidup ramah lingkungan, tapi belum tahu cara melakukannya.

Sebab, menurut hasil survei indikator Politik Indonesia dan Yayasan Indonesia Cerah, 82% anak muda Indonesia khawatir tentang kerusakan lingkungan. Jadi, apa yang bisa kita lakukan?

Caranya ya dengan mengangkat isu lingkungan melalui konten di media sosial. Supaya makin banyak yang sadar bahwa kita harus peduli pada lingkungan.