5 Perlengkapan Keamanan yang Wajib Ada pada Anak Saat Memboncengnya Pakai Sepeda Motor

Jumat, Maret 25, 2022 0 Comments A+ a-



Bagi Ayah/Bunda yang kemana-mana masih menggunakan sepeda motor berpergian, eits jangan abai akan keselamatan anak kalau memboncengnya di depan atau di belakang. Ayah/Bunda perlu memastikan perlengkapan keamanan yang perlu dipakaikan kepada anak agar perjalanan aman dan terlindungi.

Aku baru menyadari ini saat usia Cahya 18 bulan. Ia yang sebelumnya dimasukan ke kain gendongan saat boncengan pakai motor, kini menolak dan meronta-ronta. Bobot badannya yang semakin bertambah tidak memungkingkan lagi ia dimasukkan ke dalam kain gendongan. Akhirnya ia didudukkan di belakang sambil aku pangku dan Abahnya yang membawa sepeda motor.

Dulu sebelum usia 1 tahun, masih bisa seperti ini

Masalah baru pun muncul, Cahya tidak mau duduk diam karena penasaran ingin melihat apa yang ada di depan. Akhirnya ia minta berdiri dan kemudian menarik-narik helm abahnya. Perjalanan pun jadi tidak lagi menyenangkan. Kalaupun mau didudukan di depan, tubuhnya belum kuat menompang badan sehingga sangat berisiko jatuh. Apalagi tempat duduknya cuma sedikit. Akhirnya aku pun mencari perlengkapan keamanan anak saat berkendara menggunakan sepeda motor.

Berikut perlengkapan yang wajib ada saat membonceng anak pakai motor.

1. Tempat Duduk Boncengan

Jenis tempat duduk boncengan ini banyak modelnya, ada yang terbuat dari rotan, besi, atau tempat duduknya saja yang di tempel di depan tempat duduk motor. Setelah aku survei dan tanyakan ke beberapa teman yang menggunakan berbagai model tersebut, aku lebih memilih menggunakan tempat duduk tempel.

Tempat duduk boncengan model tempel

Menurutku tempat duduk boncengan seperti ini lebih praktis digunakan karena gampang dibongkar pasang. Selain itu, tidak banyak menghabiskan tempat seperti tempat duduk boncengan rotan atau besi. Jadi kalaupun ada barang belanjaan, aku masih bisa menggantungkan di bawahnya.

Harganya pun lebih ekonomis, yaitu Rp80.000 saja dibandingkan tempat duduk rotan atau besi yang harganya Rp150.000. Hanya saja kekurangannya, tidak ada tempat pegangan tangan anak di kiri dan kanan. Jadi, Ayah/Bunda harus memakaikan sabuk pengaman yang diikatkan ke anak dan pinggang Ayah/Bunda.

2. Sabuk pengaman boncengan

Ini sangat penting loh untuk menjaga anak agar seimbang dan nggak terjatuh saat ada tanjakan atau pun tiba-tiba Ayah/Bunda rem mendadak. Kalaupun anak tertidur saat dibonceng, ia akan tetap aman karena ada sabuk tersebut.

Kalau begini kan lebih aman

Untuk tempat duduk boncengan rotan atau besi biasanya sudah dilengkapi dengan sabuknya. Hanya saja sabuk tersebut tidak diikatkan lagi ke pinggang Ayah/Bunda, hanya ke badan anak saja.

Aku lebih memilih sabuk pengaman yang langsung diikatkan ke tubuh pengendara karena menurutku itu lebih aman dibandingkan yang model lainnya. Ketika ada tanjakan atau pun rem mendadak, anak tidak terpental karena ada sabuk pengaman yang langsung diikatkan ke tubuh pengendara.

Gambar sabuk boncengannya lucu-lucu ya!

3. Helm

Barang ini juga wajib ada loh Ayah/Bunda, masak sih orang tuanya dipakaikan helm anaknya nggak. Sekarang sudah ada helm yang dibuat khusus untuk anak-anak dengan gambar kartun yang unik dan menarik.

Orang tua & anak pakai helm, yes!

Helm ini selain berguna untuk pelindung kepala saat terjadi kecelakaan, juga bisa berguna untuk menghindari cuaca panas atau pun hujan. Selain itu, kacanya juga bisa untuk menghalangi debu yang masuk ke mata atau terpaan angin kencang saat berkendara. Jadi, anak tetap aman walaupun didudukan di depan.

Kalau perlengkapan keamanannya kayak gini, pasti anak antusias mengenakannya

4. Jacket

Khusus perjalanan jauh, aku selalu memakaikan Cahya Jacket. Namun, kalau untuk jalan-jalan di sekitar kompleks atau kota, aku cukup memakaikannya baju berlengan panjang.

Pakai jacket biar terlindungi, kayak Ibu yang selalu melindungi buah hatinya

Jacket ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh anak tetap hangat selama dalam perjalanan. Selain itu juga berfungsi untuk pelindung dari terpaan angin atau cuaca panas selama berkendara. Pastikan jacket yang digunakan aman dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya ya. Jadi, pilihlah jacket dengan bahan yang aman dan nyaman digunakan anak.

5. Sepatu dan kaos kaki

Aku selalu memakaikan Cahya sepatu dan kaos kaki saat membawanya berkendara. Bukan karena gaya-gayaan, tapi karea fungsinya sebagai pelindung kaki yang dapat menjaga suhu tubuh si kecil terutama di bagian saraf kaki supaya tetap hangat.

Sepatu hal yang wajib ada saat berkendara

Tak hanya itu, menggunakan sepatu dan kaos kaki juga meminimalkan risiko alas kaki anak terlepas saat berkendara.

Nah, itu dia Ayah/Bunda perlengkapan keamanan yang wajib ada saat membawa si kecil traveling pakai sepeda motor. Sekarang, kemana pun kami pergi baik bertiga atau pun cuma berdua sama Cahya enjoy-enjoy aja. Bahkan semenjak ada bangku boncengan, Cahya punya tempat duduk sendiri dan dengan leluasa dia bisa menikmati perjalanannya. Aku pun bisa meluk abahnya dari belakang lagi, tanpa harus terhalang oleh Cahya yang duduk di tengah. Jadi, berasa kayak pacaran lagi deh kalau pergi jalan-jalan. Hehehe.