5 Tips Aman Pinjam Uang Online Menurut OJK


Mudahnya meminjam uang secara online sekarang membuat kita gelap mata. Berbekal smartphone, lalu memasukkan data yang diminta, uang pun cair sesuai dengan permintaan. Siapa sih yang tidak tergiur dengan kemudahan itu? 

Memang kelihatannya sih gampang, tapi bila pinjaman tersebut tidak bisa dikembalikan sesuai dengan kesepakatan, maka bersiap-siaplah menerima teror dari penagih utang. Banyak cerita pilu yang dialami oleh orang-orang yang salah memilih jasa pinjaman online. 

Sebelum kamu menjadi korban pilu karena salah memilih jasa pinjaman online, berikut 5 Tips aman pinjam uang online menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang harus diperhatikan. 

1. Pinjam di Perusahaan Terdaftar/Berizin di OJK 


Ceritanya, adik sepupuku baru saja masuk ke perguruan tinggi negeri. Ia yang masih polos dan lugu tergiur dengan jasa pinjaman online dengan bunga kecil. Melihat persyaratannya sangat mudah, ia pun meminjam uang di jasa pinjaman online tersebut. 

Setelah memasukkan semua data yang diminta, pinjaman pun dikeluarkan atas nama dia. Semua bukti transfer sudah ada. Namun, ketika diperiksa di buku tabungan tidak ada uangnya. Ia pun panik karena seminggu kemudian, dia ditelepon oleh penagih utang agar membayar cicilan dari pinjaman online yang digunakannya. 

Tidak hanya sekali, si penelepon pun terus-menerus menagih utang walau sudah dijelaskan bahwa uang pinjaman tersebut tidak masuk ke rekeningnya. Bahkan mereka menelepon dengan nomor yang berbeda-beda, bukan saja kepada peminjam, tapi juga orang-orang terdekat peminjam. 

Seluruh anggota keluarga pun jadi tahu, bahwa dia ada melakukan pinjaman online. Setelah dicek, ternyata perusahaan pinjaman online yang digunakan tidak terdaftar di OJK, alias abal-abalan. 

Supaya cerita pilu adik sepupuku itu tidak terjadi di kamu, maka ketika hendak melakukan pinjaman online, cek dulu perusahaan jasa pinjaman online tersebut apakah terdaftar di OJK? 

Kamu bisa melihat daftar pinjaman online OJK di situs web OJK. Di situ terdapat daftar alamat kantor pusat bank umum dan syariah yang dipantau oleh OJK. Bila perusahaan pinjaman online terdaftar di OJK, jadi pinjaman tersebut aman dan bisa dipercaya karena mereka dipantau oleh OJK. 
Halaman Website OJK

2. Pinjam Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan 



Ini cerita dari seorang teman yang tergiur dengan kemudahan pinjaman online. Demi memperturutkan hawa nafsu, ia melakukan pinjaman online di luar batas kemampuannya. Uang pinjaman online tersebut malah dibelikan barang-barang mewah, seperti baju, sepatu, tas, dan lainnya. 

Bukan sekali dua kali dia melakuan pinjaman tersebut, tapi di banyak tempat pinjaman online. Parahnya dia memberi nomor telepon teman-temannya sebagai penjamin, tanpa meminta izin kepada yang punya nomor. 

Saat jatuh tempo jadwal cicilan, malah pinjaman online yang ia gunakan menagih teman-temannya sebagai penjamin. Sebab, nomor teleponnya tidak bisa dihubungi. Nama baiknya pun jadi tercemar di kalangan teman-temannya karena dianggap tidak bertanggung jawab dalam melakukan pinjaman online. 

Tentunya hal seperti itu tidak perlu terjadi di kamu. Oleh karena itu, bila ingin melakukan pinjaman, sesuaikanlah dengan kebutuhan dan kemampuan. Baik itu pinjaman online, maupu di tempat lain secara ofline hendaknya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan, bukan karena nafsu semata. 

3. Lunasi Cicilan Tepat Waktu 


Ini penting untuk diperhatikan supaya kamu aman dalam meminjam. Sebab, beberapa jasa pinjaman online menerapkan sistem tambah bunga bila waktu pemberian cicilan meleset dari waktu yang ditetapkan. 

Jadi, prioritaskan dulu untuk membayar cicilan pinjaman, baru beralih ke kebutuhan lain. Cicilan yang tepat waktu juga membuat nama baik kita terjaga di jasa peminjaman, baik itu pinjaman online maupun kredit di bank atau di tempat lain. 

4. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang 



Seorang sahabat pernah meminta pinjaman uang kepadaku. Alasanya meminjam karena ingin membayar cicilan pinjaman online yang diambilnya. Namun, karena saat itu aku tidak mempunyai uang sama sekali, jadi aku meminta maaf kepadanya. 

Rupanya bukan hanya kepadaku saja yang ia minta, tapi juga beberapa teman lainnya. Persoalan tentang dirinya pun sempat diangkat ke grup Whats App. Setelah di listing, hampir semua anggota grup pernah dimintainya pinjaman. Ada yang memberikan, ada juga yang tidak. Motifnya sama karena ingin melunasi cicilan pinjaman online. 

Semoga hal seperti ini tidak terjadi di kamu ya! Sebisa mungkin hindarilah praktik gali lubang tutup lubang ini karena hal seperti itu terus membenamkanmu ke jurang utang yang menganga. 

5. Ketahui Bunga dan Denda Pinjaman Sebelum Meminjam 



Pinjam uang memang persoalan gampang yang susah itu mengembalikannya. Apalagi pinjaman tersebut ada bunganya dan denda pinjaman bila terjadi tunggakan. Jadi, sebelum meminjam uang, ketahui dulu berapa persen bunganya. Begitu pula dengan jumlah denda yang harus dibayar ketika terjadi kemacetan. 

Dalam peminjaman online, kamu harus teliti membaca satu persatu sistem bunga dan dendanya. Apalagi jasa pinjaman online sekarang sangat banyak, jadi pilihlah perusahaan pinjaman online yang tidak memberatkan dirimu dan aman untuk meminjam. 

Pinjaman Online yang Aman 

Aku tipekel orang yang sulit percaya pada sesuatu, termasuk pinjaman online. Walau setiap hari di handphoneku masuk pesan tawaran pinjaman online, tapi aku tidak pernah menggubrisnya walau aku sedang sangat membutuhkan uang. 

Namun, tidak menutup kemungkinan ke depan kita akan membutuhkan pinjaman bila tidak ada satu teman pun yang bisa memberi pinjaman. Bila meminjam uang di bank tentu prosesnya membutuhkan waktu yang lama. Satu-satu pilihannya ialah pinjaman online. 

Setelah aku pelajari dan baca beberapa referensi, ada satu situs pinjaman online yang menurutku aman digunakn dan bisa menjadi rekomendasi. Namanya Tunaiku. 


Pernah dengar sebelumya? Baiklah akan aku jelaskan sekilas. 

Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2014. Ia bagian dari salah satu produk Amar Bank yang terdaftar di OJK. Bila kamu tidak percaya, bisa cek langsung di situs web OJK yang daftar banknya berada pada nomor urut 62. 


Amar Bank sendiri merupakan salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi sejak tahun 1991. Jauh sebelum aku dilahirkan ke muka bumi ini. 

Selain di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional, yaitu Tolaram Group. Oleh karena itu, kartu tanda anggota (KTA) online Tunaiku aman dan terpercaya dengan kemudahannya. 

Visi dari Tunaiku ialah untuk memberikan layanan kredit tanpa agunan secara mudah, aman, dan terpercaya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan pinjaman. Entah itu untuk memenuhi kebutuhan mendesak, untuk modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya pernikahan, atau biaya kesehatan yang tak terduga. 

Apa Perbedaan Tunaiku dengan situs fintech lainnya? 

Ada dua hal yang dijanjikan situs Tunaiku, yaitu Keamanan dan Fleksibelitas. Tunaiku aman digunakan karena ia berdiri di bawah naungan institusi finansial bank resmi Indonesia. Ia terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi. Tunaiku berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data nasabah, jadi kamu tidak perlu ragu datamu akan disalah gunakan. 

Tunaiku bersifat fleksibel karena menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang, yaitu maksimum 20 bulan dengan batas hingga Rp20 juta. Berbeda dengan situs fintech yang lain lebih banyak memberikan batas kecil dan tenor pendek. 


Selain itu, Tunaiku juga menawarkan syarat dan pengajuan lebih mudah dibandingkan layanan KTA tradisonal yang biasanya membutuhkan agunan serta banyak dokumen saat proses pengajuan. Namun, di Tuaniku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit. Selain itu, proses pengajuan KTA hanya bermodalkan KTP dan pengisian formulir sekitar 10 menit. Bagaimana, mudah dan cepat kan? 

Nah, itulah sekilas ulasan tentang Tips Aman Pinjam Uang Online dan situs pinjaman yang bisa yang kamu pergunakan. Apa pun ceritanya, yang penting aman kamu meminjamnya dan aman saat pengembaliannya.
SHARE

About Yelli Sustarina

    Blogger Comment
    Facebook Comment

20 komentar:

  1. sangat bermanfaat. terima kasih kak

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah ikut pinjol. Namun, tips pinjam sesuai kebutuhan dan kemampuan itu bener banget. Jangan sampai kita menjadi semakin konsumtif karena ada platform ini. Ini teman mama saya sudah kena batunya, dikejar-kejar penagih pinjol lantaran gak kunjung mengembalikan pinjaman. Seremmmmm, sampai-sampai teman-temannya diteror. Huhuhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak kasus2 seperti itu karena tidak ada perhitungan sejak awal.

      Hapus
  3. Pinjaman online lagi marak hingga saat ini. Apalagi bagi mereka yang kepepet butuh dana cepat danpa bertel2, Tunaiku bisa menjadi solusi. Sudah terdaftar di OJK dan aman ya mbak. Sebisa mungkin lekas dilunasi saja biar ga bikin puyeng hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, betul banget mba,kalau nggak bisa beranak jadinya nanti 😁

      Hapus
  4. Intinya sih klo mau minjam dimana pun harus sadar kewajiban untuk melunasi dan atau membayar angsurannya. Hmm kalo sy, mau minjam nt mendesak bgt.Bunganya itu lho hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sih solusi terakhir bila kepepet duit. 😄

      Hapus
  5. Hindari gali lubang tutup lubang itu perlu di-higlight banget mba
    soale, tdk sedikit orang yg pinjem di Fintech A, trus nglunasinnya dgn pinjam di Fintech B

    Ya elaahh, kapan kelarnya tuh utang?
    Btw kalo pakai TUNAIKU ini makin sip karena super duper kredible yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah kayak lagu Roma Irama jadinya, hehehe

      Hapus
  6. Bagus banget tips nya Mbak
    Kita harus tau kemampuan sebelum meminjam
    Dan pilih pinjaman online yang terpercaya

    BalasHapus
  7. Nah pinjam sesuai kemampuan dan kebutuhan ini yang kadang luput. Ada yang minjam karena gaya hidup, dan itu bahaha sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia yg membuat orang banyak terjebak dalam pinjaman online ini.

      Hapus
  8. Zaman sekarang mau pinjam uang pun bisa dilakukan secara online ya tapi yah meski praktis memang harus dipertimbangkan poin2 yang sudah disebutkan di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kita harus lebih cerdas dari teknologi

      Hapus
  9. Hadirnya teknologi emang memudahkan banget ya, bahkan pinjam uang juga bisa secara online yang terpenting pilih pinjol yang aman dan terpercaya 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups benar banget. Kita harus jeli, walau teknologi dapat memudahkan kita, tapi kita juga harus hati-hati menggunakannya.

      Hapus
  10. Sampai sekarang belum pernah melakulan pinjaman online dan belum berani untuk itu. Hehe

    BalasHapus
  11. Sampai sekarang belum pernah melakulan pinjaman online dan belum berani untuk itu. Hehe

    BalasHapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !