5 Tips Memilih Bus Pariwisata yang Aman untuk Keluarga


Saat melakukan perjalanan wisata, tentunya kita ingin bersenang-senang dan mendapatkan pengalaman yang berkesan. Oleh karenanya, segala sesuatu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar apa yang direncanakan sesuai yang diinginkan, termasuk dalam hal urusan transportasi.

Aku lebih senang menggunakan bus pariwisata ketimbang membawa kendaraan sendiri saat berpergian. Selain lebih aman dan tidak ribet memikirkan tempat tujuan wisatanya, berwisata menggunakan bus juga bisa memberikan kita waktu istirahat saat berpergian. Jadi, kita bisa tidur sebentar di bus sebelum tiba ke lokasi wisata yang kita tuju.

Nah, bagi kamu yang juga suka menggunakan bus pariwisata saat berpergian, berikut 5 tips dalam memilih bus pariwisata yang perlu diperhatikan. 

1. Pilih Perusahaan Jasa Transportasi yang Kredibel 


Kredibilitas perusahaan jasa transportasi wajib masuk dalam pertimbangan karena kualitas pelayanan perusahaan yang kredibel lebih terjamin. 

Perlu diketahui bahwa untuk membangun kredibilitas bukan hal yang mudah. Penilaian positif dari masyarakat butuh waktu lama. Sehingga saat masyarakat memberikan penilaian positif, maka hampir bisa dipastikan kebenaran dari penilaian tersebut. 

2. Legalitas Perusahaan Harus Jelas 


Saat akan sewa bus pariwisata, pastikan legalitas dari perusahaan jasa transportasi yakni perusahaan yang telah mengantongi izin operasi resmi dari pemerintah. Dengan menggunakan bus dari perusahaan legal, ketika terjadi persoalan atau sesuatu yang tidak diinginkan, kamu tahu betul kemana harus menuntut dan meminta pertanggungjawaban. 

Lebih dari itu, perusahaan legal dalam mengoperasikan kendaraan yang dimilikinya akan mematuhi standar operasional yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga performa kendaraan tidak perlu diragukan. Begitu juga dengan sumber daya manusianya, dipastikan profesional dengan driver berlisensi dan customer service yang informatif. 

3. Fasilitas Lengkap dan Representatif 


Tips dalam mencari bus pariwisata yang aman untuk keluarga juga harus memperhatikan fasilitas. Karena kenyamanan selama perjalanan banyak dipengaruhi oleh fasilitas yang terdapat di dalam kendaraan. Untuk itu, pilih perusahaan transportasi yang menyewakan bus dengan fasilitas lengkap dan representatif, seperti AC, toilet, pantry dan fasilitas hiburan. 

4. Banyaknya Pilihan Kendaraan 


Semakin banyak bus yang dimiliki sebuah perusahaan jasa transportasi, akan semakin memudahkan kamu dalam memilih bus yang diinginkan. Pemilihan bus tersebut meliputi besar – kecilnya atau kapasitas penumpangnya, kondisi kendaraan serta fasilitas yang ada di dalam bus. 

Perusahaan yang memiliki banyak kendaraan pada umumnya merupakan perusahaan yang mapan dari sisi finansial sehingga performa dari kendaraan yang dioperasionalkan lebih terjamin karena kendaraan selalu dirawat dengan baik. 

5. Memiliki Armada yang Prima 


Faktor keamanan kendaraan wajib dimasukkan ke dalam tips menyewa bus pariwisata untuk keluarga, karena siapapun pasti berharap dapat berangkat dan pulang berwisata dalam keadaan selamat tanpa terjadi kecelakaan maupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya di perjalanan. 

Keamanan kendaraan banyak ditentukan oleh keberadaan armada yang dimiliki sebuah perusahaan jasa transportasi. Jika perusahaan tersebut memiliki divisi maintenance yang handal dalam pemeliharaan armada bus, hampir bisa dipastikan bus yang beroperasi performanya senantiasa terjaga. 

Demikian 5 tips memilih bus pariwisata yang aman dan nyaman untuk keluarga. Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan perusahaan jasa transportasi untuk menyewa bus, tempat yang recomended adalah TRAC. 


Sebagai perusahaan besar, TRAC menawarkan banyak jenis bus yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari bus dengan jumlah kursi 11 hingga 59 seats. Menariknya, bus yang disewakan tersebut dilengkapi berbagai fasilitas yang representatif, seperti AC, toilet, pantry dan sejumlah fasilitas hiburan seperti TV, LCD, perangkat karaoke hingga Wi-Fi. 

Sebagai perusahaan besar, TRAC tidak hanya memiliki kendaraan baru dengan performa yang bisa diadu, tapi juga ditangani oleh divisi maintenance yang handal. Sehingga dari sisi keamanan tidak perlu diragukan. 

Satu hal yang tidak kalah penting, TRAC juga memberikan jaminan keamanan di tengah pandemi corona dengan menerapkan SOP Sanitasi Hygiene terkait COVID-19. 

Hal itulah yang menjadikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggunakan jasa TRAC untuk angkutan transportasi ratusan tenaga medis setiap harinya dari hotel dan penginapan menuju RS Persahabatan dan RSPAD. 

Karena itu jika kamu ingin mempraktekkan tips memilih bus pariwisata yang aman untuk keluarga, maka TRAC-lah yang menjadi jawabannya. 

SHARE

About Yelli Sustarina

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. Wah, saya sendiri lebih suka bus pariwisata yang tidak pakai musik, apalagi karaoke. Kalau pun busnya masih pakai musik, sebisa mungkin saya pilih bus yang tidak memutar musik dangdut. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, itu mah bisa di request mba sama sopirnya. Mau hidupin musik atau nggak, kalau mau hidupin musik pakai lagu apa, atau bisa kasih flash disk sendiri yg memuat lagu2 kesukaan kita. 😄

      Hapus
  2. Saat musim pandemi begini jadi was-was mau wisata. Tapi info ini menarik sih, nanti saat udah ga ada pandemi bisa nyiapin keluarga besar buat wisata bareng pake armada bus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, keep dulu mba. Kita berdoa semoga pendemi Corona cepat berlalu, jadi kita bisa berpergian untuk berwisata lagi. 😊

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !