Terbang Bersama Garuda, Ini 6 Tempat Wisata di Danau Toba

Danau Toba
Sumber foto: https://www.republika.co.id

Siapa sih yang tidak ingin naik pesawat Garuda? 

Pesawat yang paling bergensi dan mewah di zaman now ini, dulunya dibeli dengan uang sumbangan rayat Aceh. Pesawat inilah yang berjasa mengantarkan presiden pertama Indonesia, Soekarno dalam menjalankan tugasnya mengujungi daerah nusantara.

Diberi nama RI-001 Seulawah yang diambil dari salah satu nama gunung di Aceh berarti gunung emas. Pesawat inilah yang menjadi cikal bakal dari maskapai Garuda Indonesia.

Sekarang kita bisa pergi ke mana pun dalam jangka waktu singkat, tanpa harus berlama-lama di perjalanan. Apalagi dari Aceh ke Sumatera Utara hanya membutuhkan waktu 45 menit ke Bandar Udara Internasional Kualanamu. 

Pesawat Garuda di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda
Doc. Foto pribadi
Jika ingin ke Danau Toba, banyak perusahaan penerbangan yang memberikan penawaran tiket pesawat langsung, ke kawasan wisata Danau Toba.

Salah satunya dengan menggunakan tiket pesawat Garuda. Seolah ingin membalas jasa, maskapai penerbangan milik pemerintah ini memberikan kemudahan akses bagi wisatawan. 

Cukup memesan tiket pesawat garuda via online di Travel Fair, kamu bisa memilih langsung ke Bandara Silangit yang berada di Kepulauan Nias. Layanan tiket pesawat Garuda juga bisa ditemukan di situs perjalanan seperti Traveloka.

Memang sih harga tiketnya jauh lebih mahal, dibandingkan melalui jalan darat. Namun, semua itu tergantikan dengan pelayanan premuim yang diberikan maskapai penerbangan selama perjalanan.

Uang bukanlah apa-apa dibandingkan lamanya waktu perjalanan yang dihabiskan jika menggunakan jalan darat. Makanya ada pepatah yang mengatakan “Waktu adalah uang.

Bagi yang mempunyai kecukupan uang tentu pilihannya menggunakan jalur udara. Sedangkan yang mempunyai banyak waktu, jalur darat dianggap lebih tepat.

Apapun jalurnya tujuannya sama, yaitu Danau Toba. Tempat yang nantinya akan dijadikan sebagai “Bali Baru” oleh pemerintah. Berikut enam tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Danau Toba.

1. Kota Pangururan 

Di tempat ini kamu akan mengenal asal usul suku Batak yang ada di Sumatera Utara. Ibu kota dari Kabupaten Samosir ini mempunyai beberapa desa seperti Parbaba, Sialanguan, Sinabulan, Lumbansuhi, dan sebagainya. 

Rumah adat suku Batak
Sumber foto :https://samosirwisata.wordpress.com

Selain itu kamu bisa menikmati dua pemandian air belerang di Pintu Batu dan di Siogung-Ogung. Kamu bisa rileksasi sejenak untuk melepaskan penat karena perjalanan jauh di pemandian air panas ini. 


2. Desa Siallagan

Destinasi berikutnya ialah Desa Siallagan yang berada di Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir.

Desa ini merupakan salah satu tempat yang masih menjaga teguh ciri khas budaya Batak. Terdapat peninggalan-peninggalan sejarah suku Batak yang dijadikan sebagai warisan budaya.

Peninggalan sejarah suku Batak
Sumber foto : http://www.nuga.co

Uniknya di tempat ini kita bisa menyaksikan langsung ritual-ritual khas budaya Batak. Ini bagian dari pertunjukkan masyarakat setempat untuk wisatawan yang datang ke desa mereka.

Tidak hanya itu, keindahan Danau Toba yang begitu menawan dan memesona dapat langsung dilihat dari desa ini.

3. Bukit Simarjarunjung

Jika kamu ingin melihat lebih jelasnya pesona Danau Toba, Bukit Simarjarunjung pilihan yang tepat. Di bukit ini kamu bisa melihat sendiri kontur bukit barisan dengan garis-garis lekukan Danau Toba.

Pemandangan dari bukit Simarjarunjung
Sumber foto: http://www.medanwisata.com

Apalagi kalau kamu seorang fotografer atau yang mempunyai hobi selfie. Tentunya tempat ini akan memuaskan hasrat visualmu melalui jepretan kamera terbaikmu. 

Sangking indahnya tempat ini, Bukit Simarjarunjung dijadikan sebagai tempat berfoto  paling hits dan instagramable di kalangan wisatawan.

4. Tanjung Unta

Bagi kamu yang membawa keluarga jangan panik, karena di sini ada tempat wisata yang dikhususkan untuk keluarga.

Tanjung Unta
Sumber foto : http://www.sumpackcom
Tanjung Unta memiliki ciri khas daratan yang membentuk punuk unta, sehingga kawasannya begitu landai dan cocok buat keluarga. Kamu bisa memancing ikan menggunakan perahu bersama keluarga dan kemudian ikan pancinganmu bisa dimasak bersama, sehingga menambah keseruan dan kedekatan antar sesama keluarga.

5. Tugu Silalahi

Tahukah kamu bahwa Silalahi itu adalah nama marga? Asal usul marga Silalahi berasal dari Raja Parmahan.

Tugu Silalahi
Sumber foto : 
http://www.besantrop.blogspot.co.id
Silsilah dari marga tersebut tertulis di Tugu Silalahi yang juga sebagai penanda dan warisan budaya suku Batak. Kamu bisa mengetahui kisah-kisah dan riwayat Raja yang digambarkan melalui relief-relief yang terdapat di sekitar tugu. 

Di setiap sisinya terdapat batuan-batuan dan perdu liar dengan bunga ungu. Tugu tersebut dikelilingi oleh rumah tradisional Batak yang dihiasi dengan ukiran Gorga.

6. Air Terjun Sipiso-Piso

Selain Danau Toba, ada lagi wisata alam yang dapat kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Sipiso-Piso. Lucu ya namanya? Lol.

Ternyata Sipiso-Piso itu berasal dari kata Piso yang artinya pisau. Air terjun ini mengalir deras seperti pisau yang tajam dari ketinggian 120 meter, tinggi banget kan? 

Air Terjun Sipiso-Piso
Sumber foto: http://www.portalwisata.co.id

Tentunya dengan ketinggian seperti ini udara di sekitarnya menyejukkan. Butiran air yang jatuh dari ketinggian menjadi pemandangan indah saat berkunjung ke Danau Toba.

Nah, itu dia enam tempat yang bisa kamu kunjungi di Danau Toba. Jadi tunggu apa lagi, sebelum liburan tiba segera pesan tiket pesawat Garuda.
SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

19 komentar:

  1. aku baru tau lo tanjung unta lucu ih
    pengen sih bisa lintas sumatra gitu apalagi ke sumut bagus2 wisatanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, rencanakan terus untuk liburan ke sana. Ini mau akhir tahun :D

      Hapus
  2. Beberapa spotnya udah pernah dikunjungi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik, bg Ibnu udah ke sana 😁 Pasti perginya sama kakak kan?

      Hapus
  3. Rumah adatnya mirip2 toraja ya sekilas hehe..

    air terjun sipisopiso ini menggoda untuk didatangi..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar-benar menggoda, banyak hal yang bisa kita nikmati di sini

      Hapus
  4. Danau Toba, keindahan Indonesia berkelas dunia. Dipandang dari manapun indah. Saya sampai sekarang penasaran sama Tele. Pemgen kesana biar liat keindahan Danau Toba, tapi gak berani jalurnya. Ekstrim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuntaskan rasa penasaran nya dengan berkunjung ke Danau Toba😁

      Hapus
  5. kalo liat indonesia indah begini, jadi ngerasa gak perlu pergi travelling jauh-jauh (dan mahal) ke luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget, Indonesia punya segalanya, tinggal pengelolaannya saja harus baik lagi.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. wah...jadi pengen berkunjung ke sumatara utara...:D,
    tpi ngmong2 tempat2 yg disebutkan tadi lokasinya memang satu komplek atau memang di pulau samosirnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempatnya di Pulau Samosir, semoga bisa berkunjung kemari ya.

      Hapus
  8. dulu saya ke sana masih naik bus dan cukup senewen sepanjang perjalanan. Memang gak bisa dibantah, naik pesawat jd menghemat banyak waktu dan tenaga.... walau tekor dompetnya :)

    BalasHapus
  9. Sumut keren emnk, bnyk destinasi yg blm di eksplore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, butuh waktu beberapa hari supaya bisa explore semua, maksudnya eksplorasi untuk menikmati keindahan alamnya. :)

      Hapus
  10. keren-keren ya tempatnya, mbak. apalagi kalau ke sananya naik garuda yang memang bagus pelayanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih, emang asyik banget Mas kalau naik Garuda, sebandinglah dengan duit yang dikeluarkan untuk itu. :D

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !