Saatnya Ganti Laptop dengan ASUS Vivobook Go 14, Laptop Ringan yang Cepat Loadingnya

Minggu, November 19, 2023 0 Comments A+ a-


Ketika deadline menulis lagi banyak-banyaknya, eh laptopku malah berulah. Padahal beberapa tulisan sudah siap di-posting ke blog. Namun, dia tak mau menyala dan hanya muncul tulisan Restarting dengan lingkaran bola-bola kecil mengelilinginya (pertanda sedang memproses/loading).

Memang sih laptopku ini sudah menjelang 5 tahun usianya. Ribuan data sudah tersimpan di dalamnya, jangan tanya foto keluarga sudah jadi tempat arsip foto dari zamannya aku belum merried hingga punya anak satu saat sekarang ini. Jadi, wajar ia sudah terlalu lelah menampung data dan mengingat usianya yang tak lagi muda.

Laptop ASUS punyaku yang usianya masuk tahun kelima 

Dalam masa menunggu itu, aku mencari informasi laptop baru. Siapa tahu bila ada rezeki, aku langsung membelinya. Aku pengen laptop yang ringan, baik bentuk fisiknya maupun saat pengoperasiannya. Jadi, bisa memudahkan dalam pekerjaanku yang seorang copywriter. Tapi apa ya jenis laptopnya?

Setelah pencarian dan tanya ke teman-teman yang banyak tahu tentang perlaptopan, akhirnya ketemulah dengan ASUS Vivobook Go 14 (E1404F). Ternyata harganya dibandrol mulai dari Rp6.299.000, empat bulan dari gajiku, kwkwkwk.

Ya, sebandinglah dengan kualitasnya karena katanya telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Wah, bisa dibawa traveling ektrim laptopnya dong.

Namun yang paling aku suka dari laptop ini ialah desain bodynya yang ramping sehingga tidak bikin tas penuh dan mudah dibawa kemanapun. Ketebalan bodi hanya 17,9mm dan bobot sekitar 1,3kg. Sangat ideal untuk orang-orang yang sering bepergian seperti aku ini.

Selain itu, Vivobook Go 14 (E1404F) juga sudah menggunakan layar beresolusi Full HD yang dapat dibuka hingga 180°. Jadi, tampilan layarnya bisa diputar menghadap ke depan sehingga memudahkan kita saat sharing atau presentasi ke klien.

Ada banyak port juga untuk mempermudah kita menyambungkan ke perangkat lain. Port yang tersedia mencakup USB Type-C yang mendukung transfer data cepat, USB Type-A yang kompatibel dengan berbagai perangkat, HDMI untuk kebutuhan presentasi atau hiburan, dan juga 3.5mm combo audio jack untuk kebutuhan audio.

Laptop yang Cocok untuk Profesional, Pekerja Teks Komersial & Pelajar

Vivobook Go 14 (E1404F) dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi modern yang menginginkan portabilitas tanpa mengorbankan fungsionalitas. Desainnya yang portabel menjadikan laptop ini pilihan yang tepat untuk para profesional, pekerja teks komersial, pelajar, atau siapa pun yang memerlukan perangkat berdaya tinggi dalam bentuk yang lebih ringan.

Laptop ASUS hadir dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan kita mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari.

Jadi, menurutku laptop ini sudah cocok banget buatku yang saban hari bikin tugas dan tulisan. Dan yang paling penting laptop ini nyaman di mata karena mengingat pekerjaanku yang menghabiskan waktu lama di depan laptop.

Dilengkapi Office Pre-Installed

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan kita untuk selalu memiliki akses ke fitur yang dikenal dan disukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data kita.


Nyaman Saat Mengetik

Hal yang paling penting bagiku sebagai pekerja teks komersial ini ialah kenyamanan perangkat saat digunakan, khususnya saat mengetik. Vivobook Go 14 (E1404F) menawarkan kenyamanan ekstra saat digunakan berkat fitur keyboard ASUS ErgoSanse.

Keyboard ini dirancang untuk memaksimalkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari, dan meningkatkan produktivitas. Dan menariknya, juga menyediakan backlit keyboard yaitu fitur lampu di bagian bawah tombol sehingga akan terlihat terang walaupun kita mengetik berada di ruangan minim Cahaya.


Tangguh dan Aman

Kehadiran laptop 6 jutaan ini menegaskan bahwa laptop yang terjangkau pun dapat memiliki kualitas dan ketahanan terbaik, menjadikannya pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin memiliki laptop tangguh.

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) sendiri telah berhasil melewati 26 prosedur pengujian ketat yang mencakup variabel seperti tekanan, temperatur, kelembaban, dan resistensi terhadap benturan.

Hasil dari serangkaian pengujian tersebut menunjukkan bahwa Vivobook Go 14 (E1404F) dirancang untuk bertahan dalam berbagai kondisi, menjadikannya solusi yang andal untuk berbagai keperluan, baik di lingkungan profesional maupun sehari-hari.

Sedangkan dari sisi pengamanannya, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) menyediakan wabcam Shield fisik agar tidak ada hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Hal ini tentu berguna bagi kita saat sedang online meeting, tapi tidak ingin mengaktifkan kamera. Cukup menggeser switch, maka aktivitas kita tidak akan terlihat siapapun, sehiykita mempunyai ruang privasi saat terhubung dengan orang lain.

Fitur keamanan lainnya dari laptop ini ialah adanya fitur fingerprint sensor yang terletak di area touchscreen. Jadi laptop akan hidup saat disentuh oleh pemiliknya saja sehingga keamanan data bisa terjaga.



Layar Full HD dengan Tampilan Visual yang Jelas

Tingkat kecerahan Asus Vivobook Go 14 (E1404F) 250 nits, cukup terang untuk sebuah monitor. Layarnya juga full HD sehingga tampilan visualnya lebih detil dan mengesankan. Jadi saat menonton video lebih jelas dan tidak buram.

Selain itu, layar laptop 6 jutaan ini dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÃœV Rheinland. Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada mata. Tidak hanya itu, desain layar laptop ini juga dibuat dengan NanoEdge Bezel, yang memungkinkan bezel layar tampil sangat tipis.

NanoEdge Bezel tidak hanya meningkatkan rasio layar terhadap bodi, tetapi juga membuat tampilan secara keseluruhan menjadi lebih modern dan elegan. Gabungan fitur-fitur tersebut, tentunya benar-benar menawarkan pengalaman visual yang nyaman tanpa menggangu kesehatan mata.

Pada layarnya, terdapat engsel atau hinge yang bisa diputar hingga 180°. Jadi kita bisa memperlihatkan layar monitor ke orang di depan kita tanpa harus membalikkan laptopnya. Keren kan?

Ditenagai Hardware Generasi Terbaru Supaya Gak Loading Lama

Vivobook Go 14 (E1404F) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru yang menawarkan kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik.

Rancangan seperti ini tentunya sangat berguna menjamin kinerja tinggi dan responsivitas cepat. Jadi, loadingnya gak lama. Ini menjadi pilihan ideal untuk profesional muda, pelajar, dan content creator yang memerlukan perangkat dengan performa tinggi.

Selain cepat, Vivobook Go 14 (E1404F) juga memiliki memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Memori jenis ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan lebih hemat energi, yang akan berkontribusi pada durasi baterai yang lebih tahan lama.

Kapasitas memori yang besar ini juga memungkinkan multitasking yang efisien. Jadi kita dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa mengalami penurunan kinerja yang signifikan. Ini yang paling penting. Sebab terkadang untuk membuat sebuah tulisan, aku butuh banyak sumber sehingga banyak web dan aplikasi yang dibuka. Inilah yang membuat laptop jadi lama loadingnya. Untungnya laptop ini tidak berpengaruh pada hal tersebut.

Bagi yang suka menyimpan banyak data jangan khawatir karena Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD. Kapasitasnya mencapai hingga 512GB, jadi kecepatan akses data sangat cepat dibandingkan dengan SSD SATA atau HDD tradisional. Penggunaan NVMe PCIe SSD membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan pengalaman penggunaan yang lebih responsif.

Sepertinya laptop ini sudah pas banget dengan kebutuhanku, tinggal kumpulkan duitnya lagi supaya bisa meminang Asus Vivobook Go 14 (E1404F). Mohon doanya ya, semoga aku dimudahkan rezeki dan bisa memiliki laptop ini. Amin.




Main Spec.

Vivobook Go 14 (E1404F)
   
CPU   
   
AMD Ryzen™ 5 7520U Mobile Processor   (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.3 GHz max boost)
   
AMD Ryzen™ 3 7320U Mobile Processor   (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.1 GHz max boost)   
   
Operating   System   
   
Windows 11 Home   
   
Memory   

16GB LPDDR5

8GB LPDDR5
   
Storage   
   
512GB M.2   NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
   
256GB M.2   NVMe™ PCIe® 3.0 SSD   
   
Display   
   
14-inch   IPS-Level, FHD (1920 x 1080) 16:9, 60Hz, 250nits, Anti-Glare   
   
Graphics   
   
AMD Radeon™ Graphics   
   
Input/Output   
   
1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x   USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, backlit   keyboard   
   
Connectivity   
   
Wi-Fi   6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card   
   
Camera   
   
720p HD camera    
   
Audio   
   
AI   noise-canceling technology, SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array   microphone   
   
Security   
   
Webcam privacy shield, Fingerprint sensor with   Windows Hello support   
   
Battery   
   
42WHrs,   3S1P, 3-cell Li-ion   
   
Dimension    
   
32.45 x   21.39 x 1.79 ~ 1.79 cm   
   
Weight   
   
1.38Kg   
   
Colors   
   
Green   Grey, Cool Silver, Mixed Black   
   
Price   
   
Rp6.299.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 256GB SSD)
   
Rp6.599.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 512GB SSD)
   
Rp9.599.000   (Ryzen™ 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)   
   
Warranty   
   
2 Tahun Garansi Global termasuk 1 Tahun ASUS Perfect Warranty