Semangat Persiapan Penas Petani dan Nelayan XV 2017 - Megahkan Aceh

Tugu Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan (PENAS-KTNA) XV 2017
Sumber Photo : Team www.yellsaints.com
Sebentar lagi Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan (PENAS-KTNA) XV 2017, akan digelar di Stadion Harapan Bangsa Lhoong Raya Banda Aceh. Tepatnya pada tanggal 6-11 Mei mendatang.

Aku cukup penasaran dengan event nasional yang menghadirkan 35.000 peserta dari seluruh Indonesia. Itu baru peserta loe, lain lagi para pengunjung lokal, nasional, dan internasional yang akan datang ke Aceh. Woow.... cukup ramai pastinya!

H-2 sebelum pembukaan Penas yang akan di buka langsung oleh Presiden Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo tanggal 6 Mei nanti, aku bersama temanku berjalan bergerak meninjau lokasi pelaksanaan PENAS KTNA XV tersebut. 

Sebenarnya aku sih bukan siapa-siapa, yang sok-sok meninjau gitu. Tapi nalurinya seorang blogger menggerakkan langkahku untuk meninjau lokasi event nasional yang katanya juga akan dikunjungi oleh beberapa negara tentangga. Jadi aku bisa share ke teman-teman melalui tulisan ini. 

DENAH STAND Peserta PENAS XV 2017
Sumber Photo : Team www.yellsaints.com
Meskipun penjelasannya tidak sedetail website penas, tapi bisalah memberi sedikit gambaran tentang persiapan Penas 2017 ini. Jika mau info lebih lengkap kunjungi aja disini.

Di sepanjang jalan menuju stadion, sudah ada berbagai macam poster, spanduk, umbul-umbul dan sebagainya yang memuat informasi tentang PENAS. Kemeriahan sudah muncul di setiap sudut kota, dan jalan. 

Spanduk, Umbul-Umbul, Bendera, Tenda, Warkop Mini, Gubuk Minuman dari berbagai Kab/ Kota Provinsi sudah mulai Terpasang
Sumber Photo : Team www.yellsaints.com 
Orang-orang sibuk membicarakan tentang even besar ini, terutama di warung kopi, dan media sosial. Tahu sendirikan Aceh yang dijuluki sebagai kota 1001 warung kopi, sudah menjadi tempat yang lumrah sabagai tempat bertukarnya berbagai informasi.

Aku mencoba masuk ke gerbang stadion untuk melihat persiapan para peserta dalam menyambut PENAS. Di awal gerbang masuk stadion, ada yang berbeda menurutku. 

Iya, ada coklat raksasa di belakang tulisan stadion yang segede-gede gajah. Maksudku ada monument yang dibuat berbentuk buah coklat yang terbelah setinggi 4 meter. 

Monument Coklat Raksasa, yang akan diresmikan oleh
Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo
 Sumber Photo : Team www.yellsaints.com
Ternyata tema Penas kali ini ialah coklat. Makanya dibuat monument coklat di pintu gerbang masuk stadion. Mungkin karena coklat merupakan hasil komoditi utama, dan terbaik di Aceh, makanya diusung tema tentang coklat. 

Sayangnya belum ada Pabrik Pengolahan Coklat di Aceh, padahal coklat di Aceh merupakan produk pertanian terbaik loe. Adanya Cilet Coklat, yang merupakan Unit Kewirausahaan Masyarakat (UKM). Tapi, produknya udah jempolan loe, karena dikreasikan dengan gaya anak muda zaman sekarang. Semoga saja usaha yang mulanya kecil ini menjadi perusahaan coklat terbesar di Aceh. Amin!

Ok... lanjut kita masuk ke dalam stadion. Para peserta sedang mempersiapkan tenda-tenda pameran. Mereka berusaha tampil semaksimal mungkin dengan mempercantik stand-stand mereka.

Beberapa kontingen yang berasal dari luar Aceh juga sudah mulai nampak mempersiapkan stand mereka. Hal ini sangat kontras terlihat dari perbedaan bahasa yang mereka gunakan. 


Wajah-wajah yang bukan Aceh sudah mulai bermunculan. 

Stand dari berbagai Kab/ Kota Provinsi Se Indonesia sudah mulai dihiasi dengan Produk Lokalnya
Sumber Photo : Team www.yellsaints.com
Ini menandakan sebagian peserta dari berbagai wilayah sudah tiba di Aceh, dan siap mempromosikan hasil pertanian, dan perikanan yang menjadi produk unggulan mereka.

Aku merasa sedang berkeliling Indonesia, karena stand-satand yang mereka buat menggunakan icon dari daerahnya masing-masing. Misalanya kontingen dari Jakarta yang membuat miniature Monas. Papua dengan Rumah Adatnya, dan Padang dengan Jam Gadangnya. 

Wah... rasanya seru banget kalau semuanya ini sudah jadi. Memang sih saat aku datang sekitar 90% hampir rampung dibuat, hanya tinggal beberapa lagi stand yang belum di cat, dan ditata rapi produknya yang akan dipamerkan.

Keliling Provinsi Se Indonesia dengan Modal Berjalan Kaki
Sumber Photo : Team www.yellsaints.com
Setelah puas melihat-lihat berbagai stand yang sedang dibuat peserta di dalam stadion, aku pun juga pergi ke belakang stadion untuk melihat Areal Gelar Teknologi.

Areal Gelar Teknologi Pertanian dan Perikanan,
terdapat Ikan Air Tawar dan Hasil Perkebunan 

Sumber Photo : Team www.yellsaints.com
Aku benar-benar melongo melihat beragam jenis tanaman pangan (padi, palawija, dan hortikultural), di lahan warga sekitar 10 hektare itu. Benar-benar ini sebuah berkah bagi warga Aceh. 

Lahan yang dulunya kosong, dan tak termanfaatkan, sekarang diisi dengan berbagai macam produk pertanian. Selain itu juga terdapat komoditi perkebunan, ikan air tawar, dan dua unit embung atau tempat penampungan air yang lumayan luas.

Aku seperti berada di dunia lain, sungguh begitu alami, dan menyejukkan mata untuk dipandang. Warna hijau memenuhi area tersebut, kemudian ada nampak warna merah, kuning, ungu, yang menunjukkan buah dari tanaman tersebut.

Beberapa Tanaman yang Subur dan juga sudah Berbuah
Sumber Photo : Team www.yellsaints.com
Kita bisa berkeliling melihat berbagai tanaman tersebut. Moment ini tentu tidak boleh aku lewatkan, dengan gerak cepat aku langsung ceklak ceklik untuk mengambil foto-oto dari tanaman tersebut. 

Meskipun ada sebagian area yang tidak dimasuki karena sedang pembenahan, tapi aku cukup bisa melihatnya dari jarak jauh. Namun yang membuatku takjub ialah, ada salah satu tempat yang memajangkan hasil kreasi dari limbah pertanian.

Itu benar-benar luar biasa menurutku, karna limbah yang sebenarnya tidak tahu mau dikemanakan, ditempat itu diolah menjadi lukisan yang luar biasa indah, dan cantik. 

Ampas kelapa dijadikan bahan lukisan, kulit jagung dibuat bunga, serbuk padi dikreasikan dalam lukisan. Pokoknya semua termanfaatkan deh, salut deh buat kreativitasnya.

Hasil Kreativitas Pemanfaatan Limbah Pertanian 
Sumber Photo : Team www.yellsaints.com
Hampir 2 jam aku menghabiskan waktu untuk berkeliling stand PENAS yang belum rampung dibuat ini, tapi aku sudah mulai merasakan kemeriahan dari event ini. 

Banyak juga sih orang-orang sepertiku yang kepoin stand PENAS ini, sebelum nantinya dipadati oleh lautan manusia yang ingin melihat hasil pertanian, dan laut dari seluruh Indonesia. 

Ternyata banyak juga ya, tulisanku diawal pra PENAS ini. Kirain cuman beberapa kata aja, rupanya udah lebih 500 kata. Banyak sih yang mau di share lagi sebenarnya, tapi nanti sajalah setelah Penas KTNA XV di buka pada tanggal 6 Mei mendatang.

Nantikan tulisan Yell Saints berikutnya ya.................!!!

SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Banget bg! Maunya kita pergi sama2 sekali dengan Tim Blogger ya!

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !