Cara Menjadikan Hobi Jadi Pekerjaan Ala Donna Imelda Travel Blogger


Yang namanya hobi tentu menyenangkan bukan? Bahkan kita mengerjakannya tanpa beban, dan mendapatkan kepuasan batin tersendiri. Betul?

Nah, bagaimana kalau hobi ini dijadikan sebuah pekerjaan yang mendatangkan uang? Tentu ini sebuah hal yang didambakan semua orang. Bebas secara finansial dengan pekerjaan yang disenangi, dan diminati.


Inilah yang dirasakan oleh Travel Blogger yang bernama Donna Imelda. Namanya tidak asing lagi di telinga para blogger lokal, dan nasional, bahkan dia tetap eksis berkarya diusia yang tidak lagi muda. Namun semangatnya masih anak muda banget.

Aku (yellsaints) dan Mbak Donna. Kita bedanya 20 tahun-an,
tapi semangatnya tetap anak muda dong!

Kedatangan blogger yang akrab disapa Mbak Donna ini ke Aceh, untuk mengingat kenangan masa kecilnya yang pernah bersekolah tingkat dasar di Banda Aceh. Meskipun sebenarnya tujuan awalnya ialah untuk mengikuti Rentak Selangor ke Malaysia.

Dikarenakan jarak Malaysia, dan Aceh dekat, dia memutuskan untuk mampir ke Aceh selama dua hari. Tentunya kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para Gam Inong Blogger (GIB) Aceh.

Jadilah meet up dengan Mbak Donna dengan bahasan tentang “Blogger; Hobi atau Pekerjaan?”.

Saat acara Meet Up dengan Mbak Donna di Banda Aceh
Cerita-cerita Mbak Donna diawal karirnya dalam dunia blogging begitu dramatik, dan inspiratif. Dia memutuskan untuk resign dari dunia akedemisi sebagai seorang dosen, dan memilih untuk menekuni hobinya yaitu menulis di blog.

Tidak mudah lo memutuskan hal ini, karena jika dia berhenti menjadi dosen, otomatis pemasukannya berkurang. Namun semua itu tidak menjadi masalah bagi kedua orang anaknya, dan mereka mendukung keputusan Mbak Donna untuk menekuni dunia blogging.

Akhirnya beliau memulai dari nol. Apasih yang dilakukan Mbak Donna sehingga menjadi blogger ternama, dan mendapatkan keuntungan besar dari pekerjannya?

Ok, disini saya akan menjelaskan cara Mbak Donna dalam menekuni hobinya ini sebagai sebuah pekerjaan.

1.  Tulislah apa yang menjadi minat, dan kesukaanmu

Awalnya Mbak Donna sering menulis tentang apa saja di blognya (www.donnaimelda.com). Apapun ditulis, meskipun tidak banyak. Dia berkomitment untuk mengisi konten blognya setiap hari.


Blog Donna Imelda
Mbak Donna lebih sering menulis tentang traveleing, dan ternyata tulisan Mbak Donna sering dijadikan referensi oleh para traveler. Akhirnya Mbak Donna membuat satu blog lagi khusus membahas tentang traveling (www.ayopelesiran.com).


Blog Mbak Donna yang membahas tentang Travelling 

2.  Bergabung dengan komunitas

Selanjutnya Mbak Donna bergabung dengan berbagai komunitas blogger. Selain untuk menabah teman, dan jejaring, komunitas dapat meningkatkan motivasi kita untuk menulis.

Mbak Donna bersama para Blogger Aceh yang tergabung
dalam komunitas Gam Inong Blogger (GIB)   

Adanya komunitas blogger ini juga memudahkan untuk melakukan perjalanan kemanapun, karena banyak teman-teman kita yang terdapat di berbagai nusantara. Buktinya Mbak Donna langsung disambut oleh para GIB ketika datang ke Aceh.

3.  Cetak kartu nama

Supaya nama kita dikenal sama orang, maka harus ada kartu nama yang menunjukkan identitas kita, supaya orang mudah mengingat kita. Lampirkan juga photo dan alamat media sosial.

Itulah yang dilakukan Mbak Donna, bahkan dia bertekat menghabiskan satu kotak kartu nama perbulannya untuk dibagikan kepada orang.

Meskipun nanti kartu namanya dibuang, yang penting kitakan sudah usaha”.  Ujar Mbak Donna dengan semangat yang menggebu-gebu.

4.  Hadiri event

Mbak Donna itu sering banget hadirin event, dibayar nggak dibayar tetap aja pergi. Bahkan dia sangat rutin untuk mencari list event yang diadakan setiap bulannya.

Selanjutnya beliau menulis event yang diikutinya, dan tulisannya dikirimkan kepada panitia penyelenggara event. Ini usaha mbak Donna supaya diingat oleh pihak panitia, jadi ketika ada acara berikutnya pasti yang dihubungi pertama Mbak Donna.

Dari sinilah berawal terbukanya peluang Mbak Donna. Banyak para sponsor acara mencari Mbak Donna, bahkan ditawarin untuk jadi pemateri lagi, karena dianggap produktif.

5.  Lakukan lebih untuk membuat orang senang

Cara Mbak Donna dengan menulis tulisan dari event yang diikutinya, merupakan usaha Mbak Donna untuk melakukan lebih buat orang lain. Buktinya Mbak Donna dicari-cari oleh para sponsor.

Habis kerajinan banget sih nulis meskipun tidak diminta pihak panitia. Ya, itulah salah satu usaha untuk mengenalkan diri, yaitu dengan cara memberikan dulu kepada orang, nanti pasti akan ada feedback nya.

Ibarat bola yang dilemparkan ke dinding, pastinya akan memantul lagi ke si pelempar. Jadi kalau mau dikenal, ya lakukanlah seperti yang Mbak Donna lakukan ini.

6.  Brandingkan nama

Mbak Donna itu brandingin namanya lewat akun media sosial. Dia membuat  berbagai akun dengan nama yang sama, kemudian tulisannya itu dikirimkan ke berbagai media sosioal tersebut.

Mbak Donna punya dua nama akun, satu menggunakan Donna Imelda, satunya lagi menggunakan nama ayo pelesiran. Jadi baik IG, FB, Twiter, Path, G+, dan lainnya, tetaplah menggunakan nama yang sama supaya mudah orang mencarinya.

Nah, itu dia teman-teman cara Mbak Donna untuk menjadikan hobi ngeblog ini sebagai sebuah pekerjaan.

Jauh-jauh dia datang ke Aceh untuk menyampaikan ilmu yang bermanfaat ini, sungguh luar biasa dapat membangkitkan motivasi kami para blogger Aceh. Semoga pahalanya terus mengalir ya Mbak!

Sekarang Mbak Donna yang membagikan tips seperti ini, mana tahu nanti saya pula yang seperti ini, semoga saja ya Allah Amin. Atau mana tahu kamu yang membaca artikel ini, bisa berbagi kepada teman-teman lainnya.

Sungguh menulis ini banyak manfaatnya, dan amalannya akan terus mengalir selama masih ada orang yang membaca tulisan ini.

Jika tulisan ini bermanfaat, dan bisa dipraktekkan, mohon berikan komentarnya ya!

Terima kasih

SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

24 komentar:

  1. Wuihh menarik tulisannya, jadi dapat kesimpulan materi dari meet up tengah pekan kemarin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.., semoga bermanfaat bagi yang nggak ikut Kopdar :D

      Hapus
  2. Buat saya jg fun bekerja itu karena bekerja adalah hobi yg dibayar, asik kan mba..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget Mbak, malah senang lagi, semoga bisa awet muda ya mbak, karena kita mengerjakan pekerjaan yang kita senangi.

      Hapus
  3. Wah, keren bgts tulisannya mbak. Slm kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya., terima kasih. Salam kenal juga Mbak! :)

      Hapus
  4. beruntungnya mba bisa ketemu langsung dgn mba donna. Post ini sekaligus menjadi motivasi sy nih mba unt ttp istiqomah dlm ngeblog. nice post mba...
    www.niefem.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, tetap semangat Nge-Blog terus ya Mbak! Semoga Mbak juga bisa kayak Mba Donna, malah lebih lagi :)

      Hapus
  5. mba aku juga uda buat kartu nama ealah pas uda ada malu bagiinya wkwkwk next akan kubagikan makasi mba cerita ttg mb Donna yg menginspirasi 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngapain harus malu baginya mbak? Inikan salah satu cara untuk brandingin diri. Aku sekarang juga sudah buat kartu nama sesuai dengan pesan Mbak Donna. Saatnya aku bagi2kan, jadi aku lebih giat lagi ikut event supaya banyak dapat kenalan baru.

      Hapus
  6. Maafkan baru sempat bertandang. Tulisannya bagus Yelli, runtut dan rapih. Enak bacanya. sebenarnya kalian juga sudah memulai dengan baik tinggal konsisten terus melangkah saja. Semoga sharingnya bermanfaat ya. Keep writing. Keep sharing. Salam sayaaaaang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Donna, terima kasih tipsnya. Alhamdulillah udah ada beberapa yang sudah dijalankan. :)

      Hapus
  7. di palembang belom bnyk nih kopdar blogger. sedih rasanya :(
    kunjungan balik dari www.molzania.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa diajak buat ngumpul2 dulu sesama blogger Mbak, nantik kalau udah banyak temannya, baru buat kopdar. Semangat terus Mbak!

      Hapus
  8. Wah ketemu Mba Donna ya. Tipsnya bener semua, mari kita laksanakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah kami sudah jumpa Mbak Donna, dan dapat banyak pencerahan dari beliau Mbak! :)

      Hapus
  9. saya juga salah satu orang yang memutuskan risend karena hobi, sharing dari mbak dona dan artikel ini bikin saya jadi semangat lagi deh buat makin menekuni hobi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mbak, fokus terus ya mbak dalam menekuni hobbynya!

      Hapus
  10. Wah, inspiratif sekali ya mba donna ini..
    Nice post mba.. Semoga kita bisa menjadi blogger seperti beliau ya kelak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, iya mbak, yang banyak menginspirasi banyak orang, dan senang berbagi.

      Hapus
  11. Waaah, saya jadi terinspirasi nih dama mbak Donna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak orang terinspirasi dari beliau Mas, semoga kita nanti juga bisa seperti beliau, atau bahkan lebih dari dia. Yang penting kita selalu fokus, tapi selalu mau berbagi ilmu terhadap apa yg kita tahu.

      Hapus
  12. Mantap mbak... blog ny keren,, kenapa tidak daftar program google adsense aja mbak? bisa nambah penghasilan juga dari google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tertarik untuk pasang Google Adsense Mas :)

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !