“Ramadhan Senang Lebaran Asyik”

Suasana Taman Ramadhan di Gampong Air Sialang, Samadua Aceh Selatan
Seperti tahun-tahun sebelumnya, momen lebaran merupkan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh orang-orang di kampungku. Tentunya semua orang juga begitukan?

Tapi ada yang unik disini, yaitu kemeriahan lebaran disambut dengan berbagai perlombaan Taman Ramdahan. Pada hari lebaran ketiga-kelima, berbagai perlombaan diadakan oleh para pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Pelajar dan Mahaiswa Air Sialang (HIPMAS).

Lomba Tarik Tambang
Tahun ini tidak kalah serunya dengan tahun-tahun sebelumnya. Para panitia penyelenggara Taman Ramadhan mengangkat tema “Ramadhan Senang Lebaran Asyik”. 


Sebelumnya pada saat bulan ramadhan, sudah dimulai kegiatan yang bernama Taman Ramadhan. Selama sebulan penuh anak-anak Gampong Air Sialang belajar dan mempersiapkan diri untuk mengikuti perlombaan yang akan diadakan di waktu lebaran. Hari-hari di bulan ramadhan di kampung ku ini terasa menyenangkan.

Jika aku bisa memilih, aku ingin kembali menjadi anak-anak dan mengikuti kegiatan Taman Ramdhan ini. Semua itu pasti mustahill bukan! waktu tidak bisa terulang, yang ada hanya tinggal kenangan dalam bentuk foto kegiatan yang pernah aku ikuti saat kecil dulu.


Memori di foto kecilku saat ikut lomba Tahfiz Doa Pendek
Walaupun aku tidak bisa mengikutinya lagi, tapi aku sekarang juga aktif sebagai tenaga pengajar di Taman Ramadhan. Memang ini sebenarnya sebuah kewajiaban seorang mahasiswa dalam tri perguruan tinggi, salah satunya pengabdian. Inilah bentuk pengabdianku ke masyrakat di saat libur kuliah dan di bulan ramadhan.

Nah., kembali kepada perlombaan Taman Ramadhan. Sesuai dengan tema yaitu lebaran asyik. Memang betul, benar-benar asyik, surely.. guys!

Yang biasanya orang setelah shalat Ied Idul Fitri, kembali seperti hari biasa, namun tidak untuk di kampungku. Malah bertambah rame. Apalagi para anak dagang rantau yang pernah aku bahas di tulisan sebelumnya tentang “kampung pedagang dan pengrajin” pulang. Membludaklah kampung kami.

Ditambah lagi dengan perlombaan Taman Ramadhan berupa pelombaan wajib dan hiburan. Di dalam perlombaan wajib ada shalat berjamaah, azan, tahfiz qur’an dan doa, puititasi dan shalawat. Kemudian ditambah lagi dengan perlombaan hiburan yang membuat suasana bertambah asyik dan menarik.


Perlombaan Shalat Baerjamaah


Perlombaan Hiburan merupakan perlombaan favorit masyarakat Air Sialang. Kelucuan akan tingkah anak-anak Taman Ramadhan ini menyita perhatian banyak orang.

Perlombaan seperti tarik tambang, makan kerupuk, perang badar dan mengambil koin di dalam tepung menjadi tontonan yang menarik. Apalagi hadirnya para donatur yang menyaksikan anak-anak mereka juga ikut terlibat dalam perlombaan ini, menjadikan suasana lebaran di Gampong Air Sialang terasa asyik.

Tidak hanya membuat masyarakat terhibur, tapi anak-anak juga merasa senang dalam mengikuti setiap perlombaan ini, karena bagi yang memenangkan perlombaan akan mendapatkan hadiah berupa uang.

Kegiatan Taman Ramadhan ini telah ada sejak lama, bahkan sebelum saya lahirpun Taman Ramdhan sudah duluan hadir. Ini merupakan kegiatan Gampong yang perlu dilestarikan, bahkan bisa menjadi role model bagi gampong yang lain. Suasana kemeriah ramadhan dan lebaran memang luar biasa asyiknya di gampong yang mayoritas berprofesi sebagai para pedagang ini.  
Alumni Taman Ramadhan yang sekarang menjadi mentor Taman Ramadhan

SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

  1. Ramadhan dulu, kegiatan lebih beragam :)
    Dan kita rata-rata punya pengalaman jadi juara pas lomba2 di meunasah hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sungguh menyenangkan bang, bahkan ini moment yang sangat ditunggu-tunggu.

      Hapus
  2. Ass.... Wah wah wahhh :D
    Tema nya sungguh menabjubkan, dan saya termotivasi untuk menjadi mentoring senior di
    Taman Ramadham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, silahkan, terbuka untuk umum jadi mentornya, dengan syarat menyukai anak2, dan ikhlas menjadi mentor buat mereka!

      Hapus
  3. Tes komen via mobile....
    Apa sudah muncul..???

    BalasHapus
  4. Mantap, semoga lancar puasanya mbaaa

    BalasHapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !