Alasan Kenapa Apartemen Pilihan Tepat untuk Hunian di Jakarta

Minggu, Oktober 04, 2020 14 Comments A+ a-


Ngomong-ngomong tentang hunian, kamu kepingin nggak sih tinggal di sebuah apartemen dengan berbagai fasilitas yang tersedia di sana? 

Aku sering membaca beberapa novel dan nonton film yang setingannya berada di apartemen, kayaknya seru ya tinggal di sana. Walaupun tidak memiliki halaman seperti rumah pada umumnya di perkampungan, tapi fasilitas yang tersedia bisa memanjakan diri. Begitu sekilas yang aku tangkap dari bacaan atau film yang aku tonton. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) apartemen adalah tempat tinggal yang terdiri atas kamar duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur dan sebagainya yang berada pada 1 lantai bangunan bertingkat. Di dalam bangunan tersebut terdapat banyak penguhuni yang berbeda ruangan. Biasanya apertemen ini banyak didirikan di pusat kota besar seperti, Jakarta. 



Berbeda dengan rumah yang fungsinya juga sebagai tempat tinggal, tapi hanya dihuni oleh satu keluarga atau beberapa keluarga yang mempunyai hubungan darah. Walaupun kadang ada rumah yang bangunannya bertingkat seperti apartemen, tapi tidak diperuntukkan bagi orang lain tinggal di dalamnya. 

Biasanya rumah banyak terdapat di daerah yang mempunyai lahan luas seperti di desa atau perkampungan. Namun, tidak menutup kemungkinan di kota juga banyak yang mendirikan rumah, tentunya dengan harga rumah atau biaya yang mahal. 

Kalau aku sih bila tinggal di kota besar, seperti Jakarta lebih memilih apartemen untuk hunian. Sebab, aku mempunyai alasan tersendiri kenapa memilih apartemen dibandingkan rumah. Berikut beberapa alasanku. 

1. Lifestyle 

Di mana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung, begitulah kata pepatah. Jadi, bila aku ditakdirkan tinggal di Jakarta, tentu aku harus menyesuaikan lifestyleku supaya tidak dibilang norak atau kampungan. Termasuk dalam memilih hunian. 

Kita bisa melihat, Jakarta itu penduduknya lebih padat dibandingkan daerah asalku Aceh, sehingga untuk mencari tempat tinggal pun sangat susah. Tidak mungkinkan aku memaksakan diri mencari rumah sebagai tempat tinggal seperti di Aceh yang umumnya tinggal di perumahan. Kecuali bila aku pengusaha kaya yang sanggup membeli rumah di kota besar seperti artis-artis ternama di negeri ini. Itu sih, nggak masalah. Namun, bila orang pas-pasan kayak aku ini, so, apartemen pilihan yang tepat untuk tempat tinggal. 

Selain itu, kebanyakan orang yang tinggal di Jakarta adalah orang pendatang untuk bekerja, bukan untuk bertanah air di sana. Jadi, dari pada buang-buang uang untuk tempat tinggal, lebih baik sewa apartemen saja. Toh, kita datang kemari mengumpulkan uang untuk dibawa pulang ke kampung halaman, ya kan? 

Nggak percaya? Lihat saja saat lebaran tiba, hampir setengah orang Jakarta menghilang karena pulang kampung sehingga Jakarta tampak lengang di hari yang seharusnya ramai itu. 

2. Keamanan 

Hidup di kota besar seperti Jakarta, tingkat kriminalnya cukup tinggi sehingga keamanan hal utama yang perlu diperhatikan. Terlebih bagi para pendatang, tentu menjadi sasaran utama bagi pelaku kejahatan. 

Nah, sistem apartemen yang biasanya dikelola oleh orang professional dan berpengalaman tentu menerapkan sistem pengamanan yang ketat. Biasanya memang ada petugas keamanan yang memantau selama 24 jam, jadi kamu bisa menghubungi petugas tersebut bila merasa tidak aman atau mengalami gangguan. 

3. Minim Perawatan 

Mungkin kamu akan kesulitan untuk mengurus rumah, terlebih bila ada hal yang harus diperbaiki seperti atap bocor, septitank tersumbat, atau pun masalah lainnya yang butuh perawatan seperti halaman rumah. 

Hal-hal kecil seperti ini dapat menguras waktu, pikiran, dan juga uang. Sebab, bila tidak segera diperbaiki atau diselesaikan akan mengganggu kenyamanan tempat tinggalmu. Namun, kamu tidak usah bingung bila tinggal di apartemen karena semua itu ada yang urus. 

Kamu hanya butuh melakukan perawatan yang ada di dalam apartemenmu saja, seperti membersihkan kamar tidur, menyapu lantai, dan beberapa ruangan lainnya agar terlihat rapi. Di luar dari itu, ada petugas aprtemen yang mengurus segalanya. Jadi, kamu bisa enteng deh saat bekerja karena tidak perlu memikirkan urusan perawatan hunian. 


4. Harga Relatif Terjangkau 

Bila dibandingkan membeli atau menyewa rumah dengan apartemen, tentunya lebih hemat menyewa atau membeli aperteman. Ini berlaku untuk kota besar ya, coret untuk area perkampungan. 

Harga rumah atau tanah di kota besar itu sangat mahal, belum lagi urusan pajak, uang kebersihan, uang inilah, itulah yang bila dijumlahkan akan menjdi lebih mahal bila dibandingkan untuk menyewa atau membeli sebuah apartemen. Kamu bisa memilih harga sewa apartemen sesuai dengan budget yang kamu miliki. 

5. Lokasinya Strategis 

Biasanya pengelola apartemen membangun lokasi apartemen di pusat kota dengan akses yang mudah dijangkau. Terutama bagi para pekerja yang tinggal di ibu kota. Jarak antara tempat tinggal dengan kantor tentunya menjadi perhitungan, apalagi dengan jalanan yang macet membuat kita sangat mempertimbangkan lokasi hunian. 

Bagiku lebih baik tinggal di apartemen yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat kerja walau harganya sedikit lebih mahal, dibandingkan mencari rumah yang jaraknya jauh dari tempat kerja. Hidup di ibukota, kita harus jeli memperhatikan lokasi hunian ini. 

6. Fasilitas yang Memadai 

Nah, bila kamu ingin menikmati fasilitas mewah dengan harga terjangkuan apartemen tempatnya, seperti halnya apartemen Jakarta Selatan yang menyediakan fasilitas mewah seperti, kolam renang, pusat kebugaran, salon kecantikan, taman bermain anak, café, bahkan ada mall dan rumah akit khusus untuk penghuni apartemen. 


Jadi, sudah satu paket tersedia di situ sehingga cukup memanjakan diri bila ingin mendapatkan pelayanan tersebut. Nah, untung banyakkan bila membeli atau menyewa apartemen saat kamu tinggal di sekitar Jakarta. Kalau kamu pilih yang mana?

14 comments

Write comments
Mia Yunita
AUTHOR
14 Oktober, 2020 05:26 delete

Pengamanan yang ketat memang bagus nih untuk tempat tinggal. Jadi bisa aman dan nyaman selama tinggal di apartemtn tersebut.

Reply
avatar
Nanik Nara
AUTHOR
14 Oktober, 2020 06:46 delete

bagi saya yang kurang suka bergaul, tinggal di apartemen itu impian banget mbak. Bisa tenang mau ngapain aja seharian, tanpa terganggu tatapan ingin tahu dari para tetangga

Reply
avatar
14 Oktober, 2020 10:02 delete

Yups, itu yang paling penting.

Reply
avatar
14 Oktober, 2020 10:03 delete

Hahaha, jadi, bisa terbebas dari bahan gosip para tetangga ya.

Reply
avatar
14 Oktober, 2020 11:34 delete

kalo saya pingin dua-duanya mbak
Terkadang kerjaan lebih tepat di apartemen
Kali lainnya di perumahan horisontal, kali lainnya vertical
Jadi emang harus punya 2 rumah :D :D

Reply
avatar
Fenni Bungsu
AUTHOR
14 Oktober, 2020 15:03 delete

Kalau dipikir-pikir untuk perantau bagus ya memang memiliki apartemen di Jakarta. Saat mudik bisa disewakan, jadi pemasukan juga.

Reply
avatar
Katerina
AUTHOR
14 Oktober, 2020 18:30 delete

Dulu aku suka banget sama unit apartemen, saking sukanya pas kebeneran dapat yang harga bagus, aku pernah beli 2 di Jaksel. Dulu disewain, trus akhirnya 1 dijual, tinggal 1 sekarang. Kalau buat tinggal kurang cocok karena yang dibeli tipe studio, makanya disewakan, biasanya mahasiswa yang sewa. Enaknya di apartemen, ya soal praktisnya, sama kayak ada gaya-gayanya gitu hehe. Sekarang kalau pingin beli, paling ngincer yang 2 room, minimal 1 room.

Reply
avatar
Dee_Arif
AUTHOR
14 Oktober, 2020 20:55 delete

Emang klo buat milenial apartemen jadi pilihan yg paling cocok ya mbak? Lebih praktis

Reply
avatar
Fionaz
AUTHOR
14 Oktober, 2020 23:01 delete

Jaman sekarang banyak yang lebih memilih apartemen sebagi hunian idaman ya mbak, karena lebih strategis dan kekinian juga

Reply
avatar
15 Oktober, 2020 05:34 delete

Kalau kita kaya sih enak, mau rumah atau pun apartemen dua2nya bisa punya. 😁

Reply
avatar
15 Oktober, 2020 05:35 delete

Yups, benar banget mba.

Reply
avatar
15 Oktober, 2020 05:37 delete

Asyiklah mba ya punya apartemen, bisa punya aset yg selalu mendatangkan penghasilan bila disewakan.

Reply
avatar
15 Oktober, 2020 05:38 delete

Yang namanya milenial emang pengen serba praktis, hehehe

Reply
avatar
15 Oktober, 2020 05:39 delete

Iya, itu kalau di kota. Tapi, kalau di kampung rumah tetap jadi pilihannya.

Reply
avatar