Bersantai Sejenak di Sabang of Wonderful Indonesia

Bersantai di Pantai Sumur Tiga penginapan Casanemo

Di penghujung tahun, waktu yang tepat untuk berlibur dan bersantai sejenak, bebas dari rutinitas pekerjaan yang beberapa bulan lalu dikerjakan. Kini waktunya menghargai kerjamu dengan memanjakan diri berlibur ke suatu tempat yang memberikanmu ketenangan dan kesenangan, sehingga membangun semangat baru saat kembali bekerja. 

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi ialah Kota Sabang yang terletak di ujung barat Pulau Sumatera. Di tempat inilah titik Kilometer (KM) 0 Indonesia berada, di mana para wisatawan domestik dan mancanegara datang berbondong-bondong untuk melihat tugu KM 0 Indonesia. 

Tugu Kilometer 0 Indonesia

Kota Sabang merupakan sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Pulau Sumatera. Oleh karena itu, pulau ini disebut dengan Pulau Weh (pisah/menyingkir). Dulunya pulau ini menyatu dengan Pulau Sumatera, tapi saat meletusnya gunung berapi pada zaman Pleistosen, Pulau Weh pun terpisah dan kini menjadi sebuah Kota Madya yang bernama Kota Sabang, bagian dari Propinsi Aceh. 

Sabang mempunyai keindahan alam dan bahari yang luar biasa. Kota yang berjarak 38 km dari Kota Banda Aceh ini dijadikan tempat bersantai sejenak bagi warga Kota Banda Aceh di akhir pekan. Dan menjelang akhir tahun seperti ini, Sabang semakin banyak didatangi oleh orang-orang asing dengan tujuan bersantai dan berwisata. Bahkan Sabang sering disebut sebagai akronim dari ‘Santai Banget’ (Sabang). 


Bagaimana Menuju Sabang? 

Ada dua jalur yang bisa digunakan untuk menuju Sabang yaitu jalur laut dan udara. Untuk jalur laut, kamu bisa menggunakan kapal cepat atau lambat (ferry) dari Kota Banda Aceh melalui Pelabuhan Uleu Lheu menuju Pelabuhan Balohan, Kota Sabang. 

Pelabuhan Bebas Sabang

Sedangkan untuk jalur udara menggunakan pesawat terbang yang nantinya akan mendarat di Bandara Maimun Saleh Kota Sabang. Biasanya jadwal penerbangan yang tersedia yaitu dari Bandara Kuala Namu, Medan ke Bandara Maimun Saleh, Sabang menggunang pesawat Wings Air atau dari Jakarta di Bandara Soekarno Hatta, transit di Kuala Namu Medan, dan menuju Bandara Maimun Saleh, Sabang menggunakan pesawat Lion Air. 

Kamu bisa memilih jalur mana yang lebih mudah bagimu untuk menuju Sabang. Tergantung juga dengan posisi keberadaanmu dan isi dompetmu untuk biaya transportasi menuju ke Sabang. 

Fasilitas yang Tersedia 

Freddies Resort Pantai Sumur Tiga

Jangan mengira karena Sabang sebuah pulau yang terletak jauh dari ibukota negara, minim fasilitas. Berbagai fasilitas seperti penginapan mulai dari harga murah, standar, hingga premium ada di Sabang. Tergantung berapa banyak budget yang kamu punya dan jenis penginapan seperti apa yang kamu inginkan. 


Rata-rata penginapan di Sabang berada di tepi pantai dengan pesona laut yang begitu indah. Setiap mata yang memandangnya akan jatuh cinta sambil berkata wonderful Indonesia. Tersedia juga fasilitas diving dan snorkeling bagi kamu yang ingin melihat keindahan alam bawah laut Kota Sabang. 

Spot Snorkeling UK CC Resort

Ada juga penginapan yang berada di tengah kota atau yang letaknya di pegunungan jalan menuju KM 0 Indonesia. Namun, kamu tetap masih bisa melihat keindahan pantai karena pulau ini dikelilingi oleh pantai yang begitu indah dan menakjubkan. 

Selain itu, kamu juga bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati makanan khas Sabang. Salah satunya ialah sate gurita yang ada di Pantai Paradiso. Di sini kamu bisa berwisata kuliner karena tersedia berbagai makanan khas laut dari Pulau Weh. 

Sate gurita kuliner khas Sabang

Tidak perlu khawatir kesulitan mencari makanan di Sabang karena tersedia berbagai fasilitas rumah makan. Kedai kopi pun juga menjamur di sana sesuai dengan julukan Aceh sebagai daerah 1000 warung kopi. Kamu bisa menikmati kopi khas Aceh seperi Arabica dan Robusta yang didatangkan dari Dataran Tinggi Gayo daerah tempat kopi-kopi ini berasal. 

Tempat Menarik 

Apa salahnya saat bersantai sejenak di Sabang menyempatkan diri berkunjung ke tempat-tempat menarik di Kota Sabang. Kamu bisa menambah koleksi foto liburanmu dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut. 

Spot Sabang dilihat dari atas bukit


Kamu bisa datang ke tempat-tempat tersebut dengan menyewa sepeda motor atau menggunakan jasa tukang becak untuk mengantarkan ke lokasi yang kamu mau. Atau bisa juga menyewa mobil dan pemandunya bila kamu datangnya bersama rombongan. Namun, bila kamu pergi sendiri atau bersama pasangan lebih baik menyewa jasa tukang becak supaya lebih hemat. Akan tetapi, bila kamu mempuyai budget yang banyak silakan saja menyewa mobil dan pemandu wisata. 

Tempat menarik lainnya yang perlu kamu datangi yaitu took suvenir. Terdapat banyak suvenir menarik yang bisa kamu temui di toko-toko Kota Sabang. Dari pernak pernik khas Aceh yang terbuat dari kerang, alat-alat diving dan snorkeling, bahkan pernak pernik luar Aceh seperti topeng Jawa ada juga dijual di sini. 

Salah satu took suvenir di Iboih

Toko-toko tersebut menjual semua suvenir nusantara sehingga bila wisatawan asing datang ke Sabang, mereka bisa menemukan suvernir dari daerah lain. 


Semua yang aku ceritakan di sini rekam jejakku saat mengunjungi Kota Sabang. Tidak terhitung sudah berkali-kali aku kemari untuk bersantai membebaskan diri dari rutinitas yang menjenuhkan. 

Maklum jarak Banda Aceh tempat tinggalku ke Sabang hanya membutuhkan waktu 45 menit menggunankan kapal cepat sehingga saat akhir pekan, Sabanglah menjadi tujuan tempat bersantai. Nah, bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk bersantai sejenak di Sabang akhir tahun 2018 ini? Ayo ke Sabang!.


Bila ada cerita menarik dari daerahmu, yuk ceritakan dalam kompetisi blog Wonderful Indonesia karena banyak tempat di Indonesia yang begitu indah dan perlu diceritakan. Caranya bisa dilihat di poster di bawah ini dan kemudian kirimkan ceritamu dengan mengisi form berikut https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3 




SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. Sate guritanya kayaknya enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang enak mbak, coba deh pasti ketagihan. Hehehe

      Hapus
  2. Udah ke Aceh, tapi belum sempat ke Sabang. Masih penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhir tahun ini harus ke Sabang biar nggak penasaran lagi :D

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !