PKA-7 Sebentar Lagi, Apa Saja yang Dipamerkan?

 Pekan Kebudayaan Aceh

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) tidak lama lagi akan dilangsungkan kembali. Setelah empat tahun lamanya menanti, acara ini akan diadakan pada bulan Agustus 2018.

Berbagai persiapan telah dilakukan, bahkan semenjak tahun 2016 modul panduan PKA-7 sudah selesai dirancang. Walaupun seiring berjalannya waktu banyak perubahan demi perubahan yang dilakukan demi kesempurnaan perhelatan besar itu.

Pada hari Rabu, 7 Februari 2018, kelas Forum Aceh Menulis (FAMe) dihadiri oleh Tim Steering Committee PKA-7 yaitu Drs. Radius dan Dra. Iramayani selaku Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh.

Mereka berdua menyampaikan materi tentang persiapan PKA-7 dengan tema Menyongsong Perhelatan Akbar Tamaddun Aceh, PKA-7.


Menurutnya PKA-7 ini akan berlangsung pada 5-15 Agustus 2018. Tema yang diangkat pada PKA kali ini ialah Revitalisasi Budaya Aceh Menuju Peradaban yang Islami.

Tim panitia PKA-7 berhadir di kelas FAMe

Ada 10 kegiatan yang akan berlangsung selama 10 hari itu, salah satunya ialah pameran warisan budaya. Benda-benda yang nantinya akan dipamerkan di PKA-7 terdapat di Museum Aceh, tapi jumlahnya hanya sedikit. Berbeda dengan PKA-7 yang nantinya akan menampilkan benda-benda warisan budaya yang berasal dari berbagai daerah Aceh. 

Sebelum ikut kegiatan kelas FAMe yang didakan di Museum Aceh, aku terlebih dahulu berkunjung ke ruang pameran untuk melihat koleksi Museum Aceh. Untuk bisa masuk kemari, kita harus membeli tiket dulu dengan harga Rp3.000.

Tiket untuk masuk ke Museum Aceh

Berbagai macam benda kutemukan di sana, dari yang kuno sampai yang terbaru, dari etnik sampai yang modern, dan tentunya membuat kita terkagum-kagum dam menambah ilmu pengetahuan.

Berikut beberapa foto yang dapat kuambil dari 10 jenis koleksi Museum Aceh yang nantinya akan dipamerkan saat PKA-7.

1. Geologika

Koleksi ini merupakan objek penelitian ilmu geologi. Misalnya mineral, batuan, kristal, dan lapisan bumi.

2. Biologika

Koleksi yang merupakan objek penelitian ilmu biologi, berupa hewan yang sudah diopset.

3. Etnografika

Koleksi hasil budaya atau benda yang menggambarkan identitas suatu etnis seperti pakaian, senjata, dan peralatan rumah tangga.

4. Arkeologika

Koleksi berupa peninggalan arkeologi berupa sejarah dan masa prasejarah sampai masuknya pengaruh budaya barat. Misalnya fosil, kapak batu (beliung), kapak genggam, fosil bukit kerang, dan artefak prasejarah lainnya.

5. Historika


Koleksi yang pernah digunakan dan berhubungan dengan suatu peritiwa (sejarah) yang berkaitan dengan suatu oraganisasi masyarakat.

6. Numismatika / Heraldika

Koleksi ini berupa mata uang kuno dan alat ukur yang sah pada masa itu. Sedangkan koleksi heraldika berupa tanda jasa yang menjadi lambang dan tanda pangkat resmi termasuk cap.

7. Filologika

Koleksi yang berkaitan dengan fiologi, berupa naskah kuno yang ditulis tangan (manuskrip) untuk menguraikan suatu peristiwa.

8. Keramonologika

Kolesksi yang berupa barang pecah belah seperti keramik yang dibuat dari tanah liat yang dibakar dengan suhu yang tinggi.

9. Senirupa

Koleksi seni berupa benda yang mengekspresikan pengalaman artistik melalui objek dua atau tiga dimensi seperti lukisan dan ukiran.

10. Teknologika

Koleksi yang menggambarkan teknologi atau perkembangan dan hasil produksi yang dibuat secara masal oleh suatu industri/pabrik.

Itulah gambaran pameran warisan budaya yang akan ditampilkan pada PKA-7 2018.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai nilai sejarah dan budayanya. 

SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar:

  1. Yang bikin saya penasaran sama Aceh. Bagaimana kehidupan penduduk lokal dengan hukum adat istiadat Aceh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang saja ke Aceh untuk bisa melihatnya langsung :)

      Hapus
  2. Acara semacam ini menarik sekali, apalagi bila dilengkapi dengan atraksi budaya, tari-tarian dsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, acara 4 tahunan dan sangat ditunggu oleh semua kalangan masyarakat Aceh.

      Hapus
  3. wah oba dekat ya pasti lihat aku suak abngetlihat banyak kebudayaan indonesia, patut kita bangga ya

    BalasHapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !