Enam Tempat Instagramable Banget untuk Berfoto di Sabang, Aceh

Sail Sabang 'Yell Saints'


Sebentar lagi bulan November, kamu tahu event apa di bulan itu? 

Bagi yang suka jalan-jalan dan pelesiran pasti tahu dong acara besar di akhir tahun ini, tepatnya itu di Pulau Weh Sabang, Aceh, Indonesia.

Di Pulau ini akan diadakan acara wisata bahari bertaraf internasional. Wow., pasti banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang kemari.

Event ini bernama Sail Sabang 2017 yang merupakan acara tahunan Sail Indonesia. Pada tahun 2016 lalu acara ini bertempat di Selat Karimata dan tahun ini Pulau Sabang lah yang menjadi pusat acara, sekaligus tuan rumah di pergelaran wisata bahari.


Acara puncaknya nanti akan menampilkan parade seni budaya dan parade kapal. Selain itu juga diadakan berbagai macam perlombaan seperti lomba menyelam, memancing, pemeran foto, video, dan kuliner, serta penjualan berbagai macam paket wisata.

Tentunya akan banyak wisatawan yang hadir ke acara tersebut dan akan banyak kapal-kapal pesiar yang berlabuh ke Sabang. Acara ini juga akan dihadiri oleh Presiden Indonesia bapak Jokowi. 

Nah, kamu bagaimana? Tertarik datang ke pulau barat Indonesia yang juga merupakan lokasi titik kilometer nol Indonesia?

Jika kamu datang kemari, maka enam tempat ini sangat instgramable banget untuk berfoto.

1. Tugu Kilometer Nol RI

Siapa yang tidak ingin datang ke tugu kilometer nol yang menjadi penanda geografis bagian barat Indonesia dan sebagai simbol perekat Nusantara?

Aku pernah kemari pada bulan Mei lalu, bertepatan dengan acara Pekan Nasional Petani Nelayan (Penas) XV 2017 Aceh. Meskipun acara berpusat di Kota Banda Aceh, ternyata banyak peserta Penas yang bersal dari luar Aceh menyempatkan diri menyambangi tugu kilometer nol ini.
Sail Sabang 'Yell Saints'

Lokasi tempat wisata kilometer nol ini saat itu dipadati oleh wisatawan, bahkan ada wisatawan yang bela-belain datang kemari hanya untuk berfoto dengan tugu yang berbentuk lingkaran berjeruji menyerupai angka nol itu. 

Tugu ini berada di Hutan Wisata Sabang, terletak di Desa Iboh Ujung Ba’u, Kecamatan Sukakarya. Untuk sampai kemari, kita membutuhkan waktu sekitar 40 menit berkendara dari pusat kota Sabang. 

Memang sih perjuangan banget untuk bisa sampai kemari, karena medan yang dilalui begitu terjal dan curam. Sepanjang jalan dikelilingi oleh pohon-pohon hutan dengan jalan yang menajak dan menurun. Ngeri-ngeri sedaplah saat di perjalanan.

Sail Sabang 'Yell Saints'

Setelah sampai di tugu tersebut, rasa lelahmu akan tergantikan dengan indahnya pemandangan yang berada di sana. Kamu pun bisa berfoto ria dengan tugu tersebut dan membagikannya ke akun instagrammu. Banyak banget spot menarik yang bisa kamu jadikan objek foto untuk koleksi foto di instagrammu.


2. Benteng Jepang

Sudah pernah mendengar benteng ini? Ya, di Sabang terdapat sebuah benteng peninggalan tentara Jepang.

Benteng tua ini berada di daerah Pantai Anoi Itam, jika dari pusat kota, maka kita membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menuju kemari dengan menggunakan kendaraan.

Tempat terbaik menurutku yang instagramable banget untuk berofoto ialah di depan bunker tua yang menghadap langsung ke laut lepas. 

Sail Sabang 'Yell Saints'

Kamu seakan-akan terlihat sedang berada dimana gitu, soalnya aku pernah memosting di instagram foto selfie di depan benteng ini, sontak teman-temanku pada kepoin foto itu, hehehe.

Hamparan laut biru di depan benteng ini membuat kita betah berlama-lama, apa lagi dengah hijaunya rerumputan yang tumbuh di tanah dengan kemiringan 30º berasa kayak berada di dunia Teletubis. Kamu tahu kan film kartun itu? Generasi tahun 90-an, pasti tahu film ini.

Sail Sabang 'Yell Saints'


3. Taman BNI Kota Sabang

Tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin memberitahukan teman-temanmu bahwa kamu sedang berada di Sabang. Soalnya di sini ada tulisan 'I Love Sabang' segedek gaban. Kamu bisa berfoto di sela-sela huruf-huruf tersebut dengan gaya terbaik yang kamu punya.

Sail Sabang 'Yell Saints'


Taman ini sepertinya dibuat oleh Bank Nasioanl Indonesia (BNI), karena ada icon BNI di situ. Kan banyak ya BNI mendirikan taman-taman di berbagai kota, termasuk di kota kecil paling barat Pulau Sumatera ini.

Masih di sekitaran taman, ada sebuah tempat yang dibangun seperti menara, tapi bukan menara juga sih yang digunakan untuk melihat kota Sabang dari atas. Kamu cukup menaiki beberapa anak tangga dan di atas sana dan langsung bisa menikmati indahnya pemandangan laut Kota Sabang.

Sail Sabang 'Yell Saints'

Taman ini juga tidak sulit untuk dicapai, karena memang berada di pinggiran jalan. Jika kamu dari pelabuhan hendak menuju kota, maka kamu akan melewati taman ini.

Sail Sabang 'Yell Saints'


4. Taman Sabang Merauke

Selain Taman BNI Kota Sabang, ada juga taman lainnya yaitu Taman Sabang – Merauke. Kalau di Taman BNI bertuliskan I Love Sabang, di sini ada tulisan Sabang Meruake. 

Mungkin taman ini dibuat untuk menunjukkan bahwa Indonesia itu batas geografisnya dari Sabang sampai Merauke dan ini tempat paling baratnya. Itu kan menurut pemikiran aku saja, hehehe.
Sail Sabang 'Yell Saints'

Tempat ini tentunya instagramable banget untuk berfoto, bahkan waktu aku kemari ada tiga bule cewek asal Korea yang datang dengan menaiki becak motor dan meminta pada Bapak becak itu untuk memfoto mereka. Segitu antusianya mereka ya, sampai-sampai tukang becak dijadikan fotografer. Lol.


5. Pantai Gapang

Kalau kamu ke Sabang, sempatkan juga untuk mengunjungi Pantai Gapang yang berada di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Di kawasan ini banyak banget bule-bule yang berlalu lalang ke sana kemari, seperti kampung bule saja. Iya, benaran deh. Kalau kamu nekat, bisa ajak salah satu bule untuk berfoto dengan kamu biar tambah instagramabale gitu fotonya.

Sail Sabang 'Yell Saints'

Selain itu, di sini juga banyak toko-toko suvenir yang menjual pakaian dan pernak pernik ala pantai. Kamu bisa membelinya untuk menambah kece penampilanmu saat berfoto. Apa lagi kalau berfoto di pantainya, wuih kayak gimana gitu, karena pantainya indah banget.


6. Hotel Casanemo

Inilah hotel yang paling kece menurutku, karena banyak banget spot menarik yang bisa kita jadikan objek foto. Tempatnya juga unik karena kamar hotel ini dibuat seperti rumah-rumah kecil yang disebut bungalow.

Hotel ini juga mendapat apresiasi dari Kementrian Pariwisata Indonesia dalam ajang pariwisata bertajuk Apresiasi Pesona Destinasi Pariwisata Indonesia (APDPI) 2017, sebagai pengelola hotel ramah lingkungan (green hotel). Hebat kan?

Sail Sabang 'Yell Saints'

Tempat yang menjadi favoritku untuk berfoto ialah di tepi pantai, karena hotel ini lansung berhadapan dengan pantai Sumur Tiga. Di tepi pantai terdapat restauran bergaya minimalis dan tentunya cantik banget. Ada juga kursi pantai yang disediakan buat kamu yang ingin bersantai dan berfoto-foto manjah dengan gaya tiduran seperti para bule. 

Hotel ini berada di Jl. H. Agus Salim, Ie Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Jika kamu ingin mengetahui hotel cantik dan menarik lainnya di kota Sabang, bisa baca tulisan aku tentang 7 Penginapan Romantis yang Cocok untuk Bulan Madu di Sabang.


Sail Sabang 'Yell Saints'


Nah, itu dia tempat instagramable yang menjadi rekomendasiku saat menyambangi Kota Sabang. Jadi, kamu bisa kemari nanti untuk mengabadikan foto diri atau selfie bahasa kekikiniannya. Ya, begitulah anak jaman now menyebutnya.

Aku tunggu foto terbaikmu di tempat-tempat ini ya!
SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

  1. Ingin sekali ke Sabang ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bang bulan depan kita ke sana.

      Hapus
  2. walah keren mbak, ane yang laki belum kesampean kesana wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ywdah, nanti bulan November planning liburan kemari terus Mas :)

      Hapus
  3. Memang ya kalau ada tempat dengan huruf besar-besar gitu selalu oke buat dijadikan objek foto-foto. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe, iya. Jadi tahu keberadaan kita di mana.

      Hapus
  4. Alhamdulillah tahun 2016 kami sempat diving di Sabang, ada sedikit catatan tertinggal dari sana. Mampir ke lapak kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, insyaallah kita akan kunjungi. Nanti waktu Sail Sabang di bulan November, datang lagi lah ke Sabang :D

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !