Cara Memasak Makanan Tradisional Aceh Gulai Lakitang dengan Talas

Gulai Lakitang yang sedang dimasak di atas Tungku Batu Bara 
Postingan kali ini, Yell Saints mau membahas masak-memasak nie! Macam pandai memasak aja ya! hehehehe LoL.

Tapi, apasalahnya kan kita berbagi, meskipun hanya sekedar resep makanan!

Pernah coba tidak, bagaimana rasanya gulai lakitang? Pasti kamu juga bingungkan, jenis makanan apa itu.

Yo.., jelaslah nama makanannya ini diambil dari bahan menu utamannya yaitu lakitang (Sebutan dalam bahasa Aneuk Jamee Aceh Selatan untuk jenis kerang air tawar).

Untuk lebi jelasnya, kamu bisa baca tulisan yell saints terkait jenis kerang air tawar ini di Lezatnya Gulai Cucut.

Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak gulai lakitang ialah:
1. Lakitang (1kg)
2. Talas 4 batang (Kupas kulitnya, dan potong kecil-kecil bentuk menyerong)
3. Cabe merah dan cabe rawit 1 ons
4. Bawang merah 2 buah
5. Jahe secukupnya
6. Kunyit secukupnya
7. Daun kunyit
8. Batang sere
9. Kelapa 2 buah (1 buah untuk santan, 1 buah untuk digongseng dan digiling)

Cara penyajiannya:

Prosesi pemotongan bagian ekor lakitang 
Membersihkan Lakitang
1. Lakitang yang akan dimasak, dipotong terlebih dahulu bagian ekornya. Hal ini supaya memudahkan untuk mengeluarkan isi dalamnya saat dimakan.

Membersihkan lakitang dengan batang pisangkemudian kucek-kucek hingga bersih 
2. Kemudian cuci lakitang hingga bersih dengan menggunakan batang pisang, dan batu. Cara seperti ini supaya lumut dan lumpur yang menempel di cangkang lakitang bisa luruh. Cuci berkali-kali sampai bersih. 
Prosesi pemotongan Talas 
Ini jenis talas yang boleh dimakan ya! 
Bahan-bahan yang sudah dicampuri dengan lakitang 
Memasak lakitang dengan menggunakan tungku batu bara
3. Bisa juga menggunakan belimbing wuluh, untuk membersihkan lendir-lendir yang terdapat pada lakitang.

Penyiapan bahan lainnya

1. Ambil talas dan kupas kulit luarnya
2. Potong talas kecil-kecil dengan irisan menyerong3. Siapkan bumbunya yang terdiri dari cabe, bawang, kunyit, dan jahe kemudian belender hingga halus.
4. Parut kelapa kemudian gongseng, dan setelah itu digiling hingga halus.
5. Siapkan santan kelapa 1,5 liter.
6. Tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam kuali yang berisi lakitang. Masukkan juga daun kunyit dan batang sere.
7. Pada kuali lain, rebus talas setengah matang, kemudian dinginkan.
8. Setelah itu buang air rebusan talas, dan peras talas seperti meremas santan.
9. Masukkan talas yang sudah di remas ke dalam kuali yang berisi lakitang.
10. Giling belimbing wuluh, kemudian perasan airnya dimasukkan ke dalam lakitang.

11. Masukkan air mineral setengah liter ke dalam kuali.
12. Masak menggunakan tungku batu bara, dan tunggu 30 menit sampai airnya sedikit mengering. Cara seperti ini disebut dengan mangacuik dalam bahasa Aneuk Jamee Aceh Selatan.
13. Kemudian masukkan santan ke dalam kuali, masak hingga mendidih.
14. Gulai lakitang siap dihidangkan

Cara memakan gulai lakitang

cara memakan lakitang 
1. Gulai lakitang biasanya dimakan pakai nasi putih.
2. Untuk mengeluarkan isi lakitang yaitu dengan menyedot tepat dibagian kepala lakitang.
3. Monyongkan sedikit mulut ke depat, kemudian hisap dengan sekali sentakan sampai isi lakitang keluar.
4. Bagi kamu yang pertama kali memakan gulai lakitang ini, memang sedikit susah untuk mengeluarkan isinya. Tapi cobalah sedikit bersabar untuk berlatih supaya isi lakitang bisa keluar.

Itulah salah satu jenis makanan tradisional Aceh yang sangat diminati oleh masyarakat Aceh.

Bagimana? Kamu mau mencoba memasak makanan ini?



SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

12 komentar:

  1. Makanan tradisional selalu lebih menggugah selera bagi saya. Asli bikin mupeng mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dari cara masaknya aja sudah bikin mupeng ya mba! :D

      Hapus
  2. wahh cara makan unik juga ya..jd penasaran pengen coba deh makanan tradisional kayak gini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke Aceh aja mbak, banyak kok makanan seperti itu isini! :)

      Hapus
  3. Unik juga ia metode masak nya, aku seringnya makan Mie aceh dan Kopi Gayo .. heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanan ini memamang tradisional banget, dan sekarang sudah jarang di masak, dan hanya sebagian orang yang mau memasak makanan ini lagi. Sebenarnya banyak makanan tradisional Aceh yang unik, dan enak2.

      Hapus
  4. Wah, sekayak enak nih.

    Www.aulaandika.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang enak, gulai chue kan, kalau bahasa Aceh nya :D

      Hapus
  5. Ah aku jadi pengen makan ini lagi. Tapi aku kenal makanan ini dengan nama tutu sih. Hahaha, Makannya dihisap-hisap gitu ya Kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe., beda-beda daerah, beda namanya ya mbak!

      Hapus
  6. Baca ini kayak ngidam saya. Pinginnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.., cobain aja masak siput jenis ini mbak! :D

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !