10 Ide Desain Rak Buku Cantik yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Jumat, Juni 02, 2017 25 Comments A+ a-

Bagi yang hobby membaca, pasti banyak mempunyai koleksi buku. Sangking banyaknya, kadang kita kebingungan untuk menata, dan mengatur buku-buku tersebut.

Kondisi buku yang bertumpuk-tumpuk, dan tidak teratur dapat mengganggu pemandangan kita. Rumah terasa sumpek, dan semak sehingga membuat kita tidak betah berada lama-lama di rumah.

Selain itu, buku-buku yang dibiarkan bertumpuk begitu saja, dapat merusak fisik buku. Saat kita mencari buku yang diperlukan juga terasa sulit, karena harus mencari-cari dulu diantara buku lainnya.

Rumah yang merupakan surga, dan istana bagi kita, tentu harus dalam keadaan rapi, bersih, cantik supaya nyaman ditempati. Nah, untuk mengantisipasi itu semua, ini ada beberapa ide desain rak buku cantik yang bisa kamu buat di rumah.

1.  Rak Buku Gantung dari Kayu

Foto copyright by infobisnisproperti.com

Kamu bisa membuat rak buku dari kayu dengan model seperti gantungan handuk. Desain seperti ini memudahkan kamu untuk memidahkan rak buku tersebut, sesuai dengan keinginanmu.

Kamu juga mudah untuk mencari buku yang kamu butuhkan, karena bagian samping buku-buku yang digantung di rak, menghadap ke atas.

2.  Rak Buku Gantung di Dinding

Foto copyright by rumahminimalisdesign.com

Untuk menghemat ruangan tempat di rumahmu, kamu bisa membuat rak buku gantung di dinding. Posisi seperti ini tidak memakan tempat yang banyak, kamu cuman butuh dinding rumah untuk menempelkan rak tersebut.

Caranya dengan menyediakan rangka besi siku seperti sudut 90º, kemudian beri lobang pada sisi rangka besi agar dapat ditempelkan dengan paku. Atau bisa juga menggunakan bor listrik dan sekrup.

Foto copyright by rumahminimalisdesign.com

Harga satu buah dari besi siku tidaklah mahal, hanya dengan 10 ribu rupiah saja, kamu bisa menggantungkan empat sampai lima buku koleksimu di dinding. Agar lebih banyak lagi buku yang dapat digantungkan, kamu bisa membuat beberapa besi gantung di dinding rumahmu.

3.  Rak Buku Gantung Terbuat dari Kardus

Foto copyright by siabangpedia.blogspot.co.id
Jika kamu tidak sanggup membeli besi gantung, jangan khawatir. Kamu juga bisa membuatnya dari kardus bekas. Hanya butuh kreativitas, dan sedikit usaha untuk membuatnya lebih menarik.
Foto copyright by rumahminimalisdesign.com
Caranya sama, yaitu dengan menempelkannya dengan paku dinding. Untuk lebih cantiknya, kamu bisa mewarnainya. Hanya saja rak buku seperti ini, tidak bisa untuk buku-buku yang tebal dan berat.

4.  Rak Buku di dinding kepala tempat tidur


Foto copyright by exeoinc.com
Desain rak buku seperti ini cocok buat kamu yang mempunyai kebiasaan membaca sebelum tidur. Kamu bisa lebih mudah mengambil buku yang ingin kamu baca, tanpa harus ke luar ke ruang buku.

Buatlah secantik, dan seunik mungkin supaya kamar tidurmu terlihat cantik, dan rapi dengan buku-buku koleksimu.

5.  Rak Buku Gantung dari Tali Pinggang Bekas


Foto copyright by www.woohome.com
Nah, jika kamu mempunyai tali pinggang yang tidak terpakai lagi, jangan buru-buru dibuang. Tali pinggang ini bisa juga digunakan sebagai rak buku gantung.

Kamu cuma butuh besi panjang yang digunakan sebagai tempat mengantungkan tali pinggang, dan menepelkannya ke didinding. Kemudian sambungkan tali pinggag tersebut, sehingga membentuk penyangga yang dapat digunakan untuk meletakkan beberapa buku.

6.  Rak Buku dari Botol Susu Bekas


Foto copyright by stylishboard.com
Kamu cuman butuh beberapa botol susu yang sudah dibersihkan, kemudian buat pola menggunakan spidol, dan gunting sesuai pola. Gunakan alat pelubang untuk merekatkan botol di atas meja, gunakan sekrup untuk memudahkan pelubangan.


Foto copyright by stylishboard.com
Jika kamu menginginkan hasil yang lebih cantik, kamu bisa mewarnainya dengan warna kesukaanmu. Rak buku ini selain hemat, juga ramah lingkungan karena terbuat dari barang bekas.

7.  Rak Buku Full Dinding


Foto copyright by designinteriorrumahminimaliss.blogspot.com
Biasanya kita sering mendekorasi dinding rumah dengan berbagai tempelan, atau gantungan foto. Kadang kita juga meletakkan lemari, supaya menutupi dinding polos rumah kita.

Kini saatnya kamu bisa menyulap dinding rumahmu menjadi rak buku. Semua bidang dindingnya dibuat rak buku yang diberi pembatas, atau bentuk kotak-kotak sesuai dengan seleramu.

Rak buku ini bagusnya dibuat di ruang tamu di belakang kursi tamu. Jadi, kamu bisa mengambilnya dengan mudah, sambil duduk di kursipun juga bisa menjangkaunya.

8.  Rak Buku di Belakang Tangga


Foto copyright by rumahminimalisdesign.com
Bagi rumahnya yang mempunya tangga, pasti terdapat ruangan kosong di belakang tangga, benar kan!

Cobalah untuk memanfaatkan ruang tersebut sebagai temapat rak buku. Kamu bisa membuat rak buku yang disesuaikan dengan ukuran ruang yang tersedia di belakang tangga tersebut.

9.  Rak Buku dari Benang
Foto copyright by ayosebarkan.com
Wah., gimana caranya ya? Rak buku ini bisa kamu buat dengan menggunakan benang-benang yang digantungkan untuk menciptakan sebuah rak buku. Dengan kayu sebagai rangkanya, kamu bisa menarik benang dari satu kayu ke kayu lainnya, seperti jemuran. Bentuk dan desainnya bisa disesuaikan dengan kreativitasmu.

Selain berfungsi sebagai rak buku, bentuk seperti ini bisa berguna sabagai pembatas buku. Cukup selipkan saja bukumu di rak ini, sebagai penanda batas akhir bacaanmu. Sangat praktiskan!

10.  Rak Buku Gantung Jepitan

Foto copyright by agustav.com
Rak buku ini memang unik, dan menarik untuk dilihat. Siapa sangka desain seperti ini tidak merusak buku sama sekali. Usut demi usut ternyata bawahnya menggunakan batalan yang terbuat dari karet sebagai penahan buku.


Foto copyright by agustav.com

Kemudian talinya tersebut menggunakan tali karet, ataupun tali kur yang dihubungkan dengan jepitan yang ada di atasnya. Jadi, buku-buku tersebut tinggal di gantungkan dijepitan tersebut layaknya sperti jemuran kain.

Itulah 10 ide desain rak buku cantik yang bisa kamu buat di rumah. Aku juga mulai belajar menata, dan mengatur buku-bukuku dengan beberapa desain seperti di atas. Jadi, rumah terasa nyaman banget sekarang, karena rumahku surga dan istana bagiku. 

Tapi jika kamu tidak mau repot-repot untuk membuatnya sendiri, jangan khawatir. Rumah Hokie solusinya. Kamu bisa lihat koleksi Rumah Hokie untuk melengkapi perpustakaan minimu di rumah. 

25 comments

Write comments
Lucky Caesar
AUTHOR
03 Juni, 2017 08:46 delete

Rakk buukuu dr benang nya menariik bangeeet. . Pengen cobaa tp takut fail wkwkw btw tfs mbaaak. ��

Reply
avatar
andi nugraha
AUTHOR
03 Juni, 2017 16:08 delete

Menarik banget nih. Nice info. Aku sendiri punya koleksi buku yang aku rasa cukup banyak lah. Baik buku bacaan ataupun tulis. Mungkin bisa dicoba untuk buat salah satu rak seperti diatas. Keren-keren semua jadi pengen buat :)

Btw, salam kenal ya :)

Reply
avatar
Annafi
AUTHOR
04 Juni, 2017 00:09 delete

boleh juga nih! secara harga rak buku mahal :/ pingin coba yang rak buku gantung :D nice share mbaa!

Reply
avatar
04 Juni, 2017 01:41 delete

Kreatif-kreatif yaa idenya.

Reply
avatar
Bai Ruindra
AUTHOR
04 Juni, 2017 05:09 delete

Nomor 4 keren bnget Yel!

Reply
avatar
04 Juni, 2017 06:35 delete

Hehehe,. dicoba aja dulu mbak, yang penting usaha.

Reply
avatar
04 Juni, 2017 06:38 delete

Terima kasih sudah berkunjung, :) Iya, dicoba aja buat salah satunya Mas! Ngitung2 nguji tingkat kelihaian kreativitas kita.

Reply
avatar
04 Juni, 2017 06:40 delete

Iya, bisa lebih hematkan kalau kita buat sendiri. Tentunya pasti lebih menghargai rak buku yang kita buat dari kreativitas sendiri.

Reply
avatar
04 Juni, 2017 06:42 delete

Terima kasih mbak! Semoga bermanfaat :)

Reply
avatar
04 Juni, 2017 06:45 delete

Bisa planning nanti untuk buat di kamar sendiri tu bg:D

Reply
avatar
Aini
AUTHOR
04 Juni, 2017 18:42 delete

Unik-unik ya, apalagi yang 9 dan 10. Tapi karena yang dominan itu buku anak yang bahannya boardbook gitu jadi ragu ntar bobotnya gak sesuai. Hehe tapi yang lain jelas kudu coba deh

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
04 Juni, 2017 20:32 delete

Sanah suka banget rak buku di bawah tangga. ^^d

Reply
avatar
Melinda
AUTHOR
04 Juni, 2017 21:06 delete

Rak buku dari besi siku sudah saya praktekan di rumah. Walau tidak bisa dibebani denganbanyak tumpukan buku tapi cukup mempercantik ruangan.

Reply
avatar
Aini Aziz
AUTHOR
04 Juni, 2017 21:27 delete

Yell, udah baca postingan ini sejak hari pertama dipublish, tapi nggak bisa komen hari tu. Inspiratif banget buat kak Aini, jadi mau bikin rak dinding juga ni.
Thanks for share. :)

Reply
avatar
Ihan Sunrise
AUTHOR
04 Juni, 2017 21:37 delete

baca yang kayak gini langsung kepingin punya rumah sendiri, ada pustakanya, rak buku yang keren, ughhh....surga....

Reply
avatar
05 Juni, 2017 05:25 delete

Untuk anak-anak bagusnya no 6 kak, bisa berkreasi sendiri anaknya dengan botol susu bekas. Dijamin anak2 pasti suka karena buatan sendiri.

Reply
avatar
05 Juni, 2017 14:59 delete

Iya, lebih menghemat tempat ya!

Reply
avatar
05 Juni, 2017 15:01 delete

Wah, Melinda sudah ada ya.,! Keren,,pasti buku-bukunya terlihat seperti menggantung di dinding.

Reply
avatar
05 Juni, 2017 15:03 delete

Iya, senang bisa berbagi, dan bermanfaat buat banyak orang. Pilih, dan coba salah satunya terus kak :)

Reply
avatar
05 Juni, 2017 15:04 delete

Amin, semoga kak Ihan bisa punya rumah sendiri ya Allah :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
08 Juni, 2017 10:14 delete

Infonya bagus kak. Saya dari dulu pengen buat rak buku. Tp saya melihat ada edisi kekurangannya. Gak ada kontak tukangnya.
Bagusnya ada kontak tukangnya juga kak. Jadi setelah saya baca bisa langsung hubungi tukangnya jika saya tertarik.
Hitung-hitung menulis, membantu org, baik itu: tukang, pembaca dan penulis.

Oh ya.. tips desain utk meja kantor minimalis dan budget murah dong...

Terimakasih 😊

Reply
avatar
08 Juni, 2017 21:30 delete

Terima kasih sarannya, ntar ka2k datangin tukangnya minta no kontaknya, hehehe

Reply
avatar
Amir
AUTHOR
14 September, 2017 17:34 delete

Rak Buku di dinding kepala tempat tidur itu keren Mbak, jadi pengin buat naruh barang barang dbiar kamar jadi longgar

Reply
avatar
29 September, 2017 19:25 delete

Iya Mas, bisa lebih mudah pula kita mengambilnya jika ingin membaca buku.

Reply
avatar
Newsteen
AUTHOR
16 Mei, 2021 07:36 delete

wah rak buku gantung keren tuh

Reply
avatar