6 Aspek Kepemimpinan Ala Marketeers Indonesia

Bersama CEO MarkPlus INC Jacky Mussry
Beruntung banget, aku tahun ini bisa ikut berpartisipasi memeriahkan Indonesia Marketeers Festival. Ada yang bilang ini ajangnya para sales, karena berbagai perusahaan turut andil dalam mepromosikan produk mereka.

Patut diacungi jempol bagi perusahaan-perusahaan yang bisa bertahan cukup lama, seperti Pegadaian yang usianya sudah lebih satu abad yaitu 116 tahun. Begitu juga dengan Jiwasraya yang berusia 156 tahun.

Wuih.., lama juga ya? Kok bisa mereka bertahan lama seperti itu? Bahkan dengan banyaknya perusahaan baru, dan trend yang semakin berubah, mereka bisa menyesuaikan dengan zaman milleneal sekarang.

Ternyata Indonesia Marketeers Festival ini disponsori oleh dua perusahaan besar tersebut, disamping ada sponsor lainnya sepeti Pertamina, JNE, Teh Pucuk, Tango, dan sebagainya.

Acaranya ada dua hari, pertama seminar tentang seni kepemimpinan dan hari kedua tentang Wow To Win Cara Jitu Sales & Promotion. Pematerinya pun juga mantap banget, yaitu dari MARKPLUS INC.


Wajarlah harga tiketnya di bandrol dengan harga Rp750.000/orangnya. Untungnya aku dapat tiket gratis, karena bisa menjawab pertanyaan. Jadi, bisa ikut dua hari full belajar tentang marketing dengan Marketeers Indonesia.

Diantara banyak materi yang disampaikan, tapi aku lebih tertarik mengulas kembali tentang seni kepemimpinan yang disampaikan oleh Ardhi Ridwansyah dari Markplus Institute.

Penyampaian materi tentang Aspek Kepmimpinan

Setiap manusia dilahirkan ke muka bumi, untuk menjadi seorang khalifah atau pemimpin. Meskipun belum mempunyai perusahaan besar, dan mempunyai banyak karyawan, tapi kita bertindak sebagai pemimpin untuk diri sendiri, dan keluarga. Benar kan!

Nah, maka dari itu perlu tahu aspek kepemimpinan itu seperti apa sih? Siapa tahu ntar benaran jadi pimpinan perusahaan. Amin ya Allah. 6 aspek kepemimpinan terebut ialah;

6 Aspek Kepemimpinan Ala Marketeers Indonesia

1.  Physicality (Fisik)

Aspek pertama yang menjadi sorotan utama dari pemimpin ialah fisiknya. Jika kita melihat seseorang, pasti hal yang pertama kita lihat fisiknya bukan?
Ayo, coba jawab pertanyaan ini! Pasti pilih yang paling ganteng kan?

Aspek fisik ini sangat erat kaitannya dengan visual, seperti cara berpakaian, postur tubuh, kebersihan dan kerapian.

Selain itu intonasi, dan warna suara juga sangat berpengaruh bagi kepemimpinan seseorang. Pernah nggak mendengar bagaimana dulu Bung Karno berpidato, sehingga membangkitkan semangat rakyat Indonesia. 

Suaranya yang lantang, dan penuh semangat membuat banyak orang menaruh kepercayaan besar terhadap sosoknya sebagai pemimpin saat itu.


2.  Intellectuality (Intelektual)

Setelah melihat fisiknya, kemudian beralih kepada kecerdasan itelektualnya. Aspek yang kedua ini sangatlah berpengaruh bagi kepemimpinan seseorang, karena bertahan tidaknya sebuah perusahaan, tergantung pada kreativitas pemimpinnya.

Coba kita lihat dua perusahaan besar di atas, Pegadaian, dan Jiwasraya. Jika pimpinan mereka tdak mampu menginovasikan produk layanan mereka, tentu tidak bisa bertahan hingga sekarang.


3.  Sociability (Sosial)

Aspek ini  juga perlu dimilki dari seorang pemimpin. Karena seorang pemimpin akan mudah menyampaikan visinya, dan menjalankan misinya jika bawahannya merasa senang dengan pemimpin tersebut.

Nah, jika kamu seorang pemimpin ingatlah selalu icon gambar di merk produk ini.

Apa makusudnya? Pesan yang disampaikan di gambar tersebut ialah “Never eat alone”. Maksudnya memanfaatkan moment informal itu penting dilakukan untuk menjalin kedekatan sosial dengan rekan kerja, atau bawahan kamu.


4.  Emotionality (Emosional)

Kenali emosi kamu saat diposisikan menjadi pemimpin, terutama berkaitan dengan masalah pribadi. Jangan campurkan masalah pribadi dengan masalah perusahaan, karena berdampak buruk bagi perusahaan yang kamu pimpin.

Tularkan emosi secara positif, dan tentunya jangan berlebihan. Analisis data, dan fakta ketika terjadi permasalahan. Lakukan story telling untuk mengungkapkan permasalahan yanga ada, dan jangan langsung meng-judge suatu hal, apalagi menyalahkan orang lain.


5.  Personability (Personal)

Dalam aspek personabilty ini yang perlu dipahami ialah kesadaran kita dalam memahami tujuan hidup, memegang nilai-nilai yang dipercayai, dan tahu apa yang anda inginkan serta mengetahui cara mendapatkannya.

Oleh karena itu harus banyak belajar dari pengalaman sukses pribadi, dan orang lain. Masukan positif, sangat diperlukan untuk menumbuhkan kepercayaan diri.

Selain itu juga dibutuhkan motivasi diri, caranya dengan menjauhi pikiran negatif ketika gagal, mencari solusi untuk menyelesaikan masalah, dan tetap tenang, serta fokus ketika ada tekanan.


6.  Morality (Moral)

Hal-hal yang berkaitan dengan moral ini, cukup subtstansial. Hal ini menyangkut tentang integrity yaitu mau dan mampu mengatakan hal yang benar secara konsisten. Mampu bertanggung jawab atas seluruh keputusan yang diambil, dan mau berkorban untuk kepentingan orang lain.

Itulah 6 aspek yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Jadi jika kamu berniat menjadi pimpinan di sebuah perusahaan, baik perusahaan orang ataupun perusahaan sendiri, pelajarilah 6 aspek tersebut. Supaya kamu menjadi pemimpin yang disukai, dan disenangi oleh bawahan, kolega, serta lawan bisnismu.

Ini dulu ya, yang bisa aku sampaikan dari dua hari mengikuti acara Indonesia Marketeers ini. Sebenarnya masih banyak sih materi lain untuk menjadi marketeers sejati, tapi sebaiknya kamu cari sendiri deh, dengan berlangganan majalah markeeters, dan buku-bukunya.


Bagi yang lagi stay di Jakarata, jangan lewatkan acara Marketeers lainnya yaitu; Lifestyle & the City. Kota Kasablanka 3-9 May 2017.

Langsung aja kepoin: #JMW17 jakartamarketingweek.com 


SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Setuju.. 6 aspek itu harus dimiliki. makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terima kasih juga sudah berkunjung! :)

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !