Ini Dia Investasi Cerdas Buat Kamu yang Ingin Menikah

Jumat, Januari 27, 2017 15 Comments A+ a-


Bermula dari keinginan untuk segera melaksanakan sunah Rasulullah yaitu menikah, aku dan calon suami / pacar mulai menabung. Seyogyanya untuk urusan mahar memang sepenuhnya menjadi tanggungan calon suami, entah bagaimana cara mendapatkannya, calon istri hanya menunggu dibawakan mahar dari pihak laki-laki saat proses khitbah (lamaran).

Mahar menjadi salah satu syarat untuk nikah, dan mahar di Aceh tentunya dalam bentuk emas. Ini juga yang banyak menjadi kendala bagi kaum Adam di Aceh, karena mahar yang ditentukan untuk wanita Aceh tergolong tinggi. Kadang mahar ini dibantu oleh orang tua, dan sanak saudara dari pihak laki-laki. Namun tidak menutup kemungkinan sang laki-laki sendiri berusaha mencari maharnya.

Selain mahar yang berupa emas, ada hal lainnya yang perlu diinvestasikan sebelum menuju jenjang pernikahan. Ini yang dilakukan calon suamiku, ehemm, ehemm, maksudnya laki-laki yang sedang berkomitmen menjalani hubungan yang lebih serius denganku.

Menabung Emas

Aku mengenal tabungan emas melalui presentasi dari pihak pegadaian syariah di seminar Ippho Santosa. Di situ aku mengetahui bahwa emas merupakan investasi yang menguntungkan, karena uang yang ditabung dikalkulasikan dalam bentuk gram emas.

Dengan emas segini, kamu udah bisa melamar gadis Aceh

Tanpa pikir panjang aku melobi calon suami untuk membuka tabungan emas, sebagai investasi modal nikah. Alhamdulillah setelah aku presentasikan selam 5 menit tentang keuntungan investasi ini, dia pun mau membuka tabungan emas. 

Investasi emas berupa logam mulia disarankan karena nilainya cenderung stabil dan bisa menjadi cadangan saat membutuhkan. Bahkan nilainya terus naik dan sangat jarang turun, kalau pun turun tidak terlalu jatuh harganya. Maka dari itu pula, emas digunakan sebagai barang utama untuk mahar dalam pernikahan karena nilainya stabil. 

Selain itu, investasi emas berupa logam mulia ini dapat menjadi penyelamat keungan bila sedang membutuhkan uang mendesak. Dengan menyimpan emas, baik dalam bentuk tabungan atau pun batangan, kita bisa dengan gampang menjualnya saat memerlukan uang. Kita bisa menjualnya ke toko emas atau digadaikan ke pegadain, tidak butuh waktu lama dan urusan panjang, selama emas itu ada maka sejumlah uang sesuai dengan kadar emasnya pun akan diterima.

Hal seperti ini sangat berguna nanti saat menjalani rumah tangga. Sebab, kita tidak tahu bagaimana kondisi keuangan di masa depan. Oleh karena itulah saya sangat menyarankan kepada calon suami untuk membuka tabungan emas yang merupakan investasi cerdas buat kami nanti ke depannya.

Mendukung Hobiku

Hal yang dilakukan berikutnya ialah mendukung 100% hobiku, yaitu jalan-jalan dan menulis. Untuk jalan-jalan, aku masih terkendala kalau ingin melakukan perjalanan atau trip bersamanya. Soalnya belum sah sih, jadi kami mengajak teman-teman atau pun aku yang pergi bersama teman-temanku untuk melakukan jalan-jalan tersebut.

Alhamdulillah, dia nggak melarang-larangku harus ini, nggak boleh itu, jangan pergi bersama ini, cemburu karena si Fulan atau apalah seperti kasus teman-temanku yang dikekang oleh pacar mereka. Baginya selama masih dalam batas yang wajar dan tujuannya untuk mencari ilmu pengetahuan, dan pengalaman, ok, ok saja, asalkan harus bisa jaga diri tentunya.

Untuk urusan tulis menulis, dia gencar banget untuk mencari informasi lomba atau kompetisi menulis. Dia juga yang memperbaharui tampilan blogku, menjadikan domain berbayar, menjadi editor di setiap tulisanku, dan menjadi pendamping yang setia ketika aku mau mengambil momen untuk foto-foto pendukung tulisanku.

Membantuku dalam Setiap Lomba Blog

Sudah banyak lomba blog yang aku ikuti dan dari sekian banyak itu baru dua lomba yang mengatarkanku ke juara pertama. Semua itu berkat bantuan dan dukungan darinya.

Memang sih aku baru setahun ini mulai aktif nge-blog, dan baru pasang domain berbayar di akhir tahun 2016. Tapi dengan dua lomba blog yang mengatarkanku ke juara pertama membuat semangat nge-blogku bertambah terus, apalagi ada dukungan dari si dia. Hobi terasa menyenangkan, apalagi ditambah dengan bonus uang, dan hadiah lainya, enak banget hobi berbayar itu.

Pemberian hadiah berupa emas dalam lomba blog Ayo Menabung Emas

Lomba blog yang sering aku ikuti biasanya lebih tentang meceritakan pengalaman pribadi, seperti lomba blog Sahabat Pagadaian. Cerita tentang calonku yang membuka tabungan emas pegadaian syariah atas nama diriku sebagai modal untuk nikah, mampu menarik perhatian dewan juri, sehingga menjadikanku juara pertama dari lima orang juara yang mendapatkan hadiah 5 gram emas.

Para pembaca pun juga banyak yang menghubungiku untuk bertanya langsung tentang tabungan emas pegadaian, baik itu menggunakan SMS, chat BBM, WA, LINE, FB maupun langsung secara personal. Terutama bagi mereka yang ingin menikah, mereka kepoin tentang keuntungan membuka tabungan emas pegadaian syariah, dan cara mendaftar sebagai nasabah, macam pegawai pegadaian aja aku saat itu melayani berbagai pertanyaan dari mereka.

Menyarankan untuk Mengikuti Kegiatan Positif

Segala bentuk kegiatan positif yang mendukung pengetahuan dan karirku dia sangat setuju. Setiap bulan dia menglist, baik itu lomba blog, workshop atau seminar, pelatihan yang bisa aku ikuti. Intinya supaya aku menjadi wanita smart dan berpengetahuan sehingga mudah mendidik anak-anaknya nanti. Kan katanya kepintaran diturunkan dari ibu, benar begitu! 
Workshop tentang investasi cerdas, bisnis sukses

Melaui kegiatan positif inilah pengetahuanku selalu diupdate dengan informasi-informasi baru yang aku terima. Biasanya aku lebih suka ikut kegiatan yang menambah motivasi hidupku, semisal workshop tentang manajemen usaha “Investasi Cerdas, Bisnis Sukses” yang aku ikuti pada tanggal 20 Januari 2017 lalu di Gedung PLUT KUMKM Aceh Besar.

Kemudian setiap kali aku mengikuti kegiatan tersebut, ada sesi diskusinya dengan si dia untuk membahas informasi baru yang aku dapat.  Jika infomasi itu butuh pengaplikasian dalam kehidupan, kami pun mengaplikasikannya secara bersama, ya tentunya mendatangkan hal postiflah bagi kami berdua.

Merencanakan Keuangan

Ini merupakan hal yang baru aku dapatkan setelah workshop manajemen usaha beberapa waktu yang lalu. Di workshop tersebut dijelaskan tentang pentingnya perencanaan keuangan untuk masa depan. Apalagi ceritanya ne, ehem yang mau nikah. Tentunya penting dong biar anggaran dari pengahasilannya jelas ke mana salurannya.

Nah, di workshop ini aku diajarkan tentang perencanaan keuangan dengan persentase ideal anggaran yang digunakan. Pertama itu untuk Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) sebanyak 2,5%. Selanjutnya diikuti oleh Utang 30%, Tabungan (Investasi) 10% dan selebihnya untuk kebutuhan pokok.

Aku menjelaskan ilmu ini ke pasanganku, berharap bisa belajar memperaktekkannya untuk keuangan kami masing-masing sebelum nantinya benar menjadi suami istri. Jadi pas waktu dia gajian kemarin, aku membantunya untuk merencanakan keungannya dengan persentase yang sudah ditetapkan. Hitung- hitung belajar jadi istri, hehehe.

Berdasarkan hal itu, ZIS merupakan hal yang utama dikeluarkan karena itu ialah haknya Allah. Jadi aku menganggarkan sekitar 2,5% dari Rp2.000.000 pendapatannya. Kemudian lanjut ke utang sekitar 30%, karena di sini ada haknya orang lain. Aku memintanya menglist utang-utangnya, dan segera untuk melunasinya.

Barulah digunakan untuk ivestasi atau menabung. Di sini kami menggunakan tabungan emas pegadaian syariah. Biasanya si dia setelah mendapatkan gajinya langsung ditabung 10% nya di pegadaian syariah, seperti rencana awal tadi, untuk modal nikah, hehehe.

Buku tabungan emas milikku

Barulah terakhir digunakan untuk kebutuhan pokok sebanyak 50%, entah itu untuk makan, beli pakaian atau hal-hal yang menyangkut pangan, sandang, dan papan. Kemudian ada sekitar 7,5% lagi dianggarkan untuk dikirimkan ke orang tuanya.

Belajar membuat perencanaan keuangan 

Itulah beberapa investasi cerdas yang harus kamu punyai sebelum menikah. Bukan hanya mempersiapkan emas saja, tapi kesiapan untuk menjadi seorang pembimbing, dan yang dibimbing dalam membina sebuah keluarga juga harus ada.

15 comments

Write comments
Utie Adnu
AUTHOR
29 Januari, 2017 05:56 delete

Emas harganya konsisten y mba,,, dh coba sih aku^^

Reply
avatar
29 Januari, 2017 11:28 delete

Konsep nya bagus mba, boleh masukan kah? Ditambahkan Asuransi mba itu penting banget buat keluarga (saya bukan mau jualan asuransi kok hehe, tapi berdasarkan pengalaman 😉

Reply
avatar
Annisa
AUTHOR
29 Januari, 2017 23:08 delete

Wah terimakasih mbak. Aku belum pernah nabung emas sih untuk investasi tapi kayaknya patut buat dicoba. hehehe

Reply
avatar
30 Januari, 2017 16:23 delete

Konsisten dari masa ke masa, jika harga naik, nilainya pun naik.

Reply
avatar
30 Januari, 2017 16:24 delete

o.., iya mbak! Asuransi juga penting lo ya! Makasih udah nambahin

Reply
avatar
30 Januari, 2017 16:26 delete

Perlu banget mba investasi emas, kaena harga emas akan naik menurut kebutuhan, jadi tabungan kita nggak pernah berkurang.

Reply
avatar
30 Januari, 2017 19:23 delete

keren mba, sangat meng inspirasi saya juga, jarang" loh ada yang bisa membagi kebutuhan seperti itu

Reply
avatar
April Hamsa
AUTHOR
02 Februari, 2017 17:34 delete

Aku dan suami jg udah investasi emas di pegadaian alhamdulillah TFS :D

Reply
avatar
02 Februari, 2017 21:24 delete

Alhamdulillah sudah menerapkan investasi cerdas ya mbak!

Reply
avatar
05 April, 2017 18:59 delete

Semoga bisa dibuat nanti perencanaan keuangan seperti itu.

Reply
avatar
Gonzelex
AUTHOR
20 November, 2017 15:10 delete

Dapatkan kartu ATM kosong Anda hari ini dari saya, saya menyiapkan kartu yang berharga 50.000US DOLLAR, dengan kartu ini Anda dapat membeli properti secara online dan Anda dapat melakukan penarikan maksimum 3000US DOLLAR setiap hari dari mesin ATM manapun di negara Anda, jika Anda memerlukan kartu ini. Layanan pelanggan kami di email ini (VONMARKET01@GMAIL.COM) banyak orang telah menerima kartu ini dan mereka telah diselamatkan dari kemiskinan dan tekanan finansial, dapatkan kartu Anda sekarang juga.

salam


Get your blank ATM card today from me, i prepare cards that worth 50,000US DOLLARS, with this card you can buy properties online and you can make maximum withdrawals of 3000US DOLLARS daily from any ATM machine in your country, if you need this card contact our customer service on this email (VONMARKET01@GMAIL.COM) many persons have received this card and they have been saved from poverty and financial stress , get your card now.

regards

Reply
avatar
Miss lummom
AUTHOR
28 Januari, 2018 01:36 delete

Cara Mendapatkan Kartu Atm Blank yang Urgent .... selama bertahun-tahun saya sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
saya kehilangan pekerjaan saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tapi sangat beruntung bagi saya, saya mendapatkan kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tapi saya hanya mencobanya dan bekerja dengan baik. keren seperti sihir, dan saya bisa menarik cukup uang dengan kartu ATM kosong ini tanpa penyumbatan apapun.
Saya sangat diberkati untuk memiliki kartu ini dengan saya, saya sering melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
jika Anda memerlukan kartu ATM nyata kosong untuk membantu Anda mengatasi masalah pendapatan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya rickatmcardoffer@gmail.com atau whataspp_number +2348108409977.
maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
ThanK Tuhan untuk hidup.

Reply
avatar
hooker
AUTHOR
13 Maret, 2018 00:55 delete

Kami adalah tim carding profesional dengan cincin besar di seluruh dunia. Dengan lebih dari 2 juta ATM yang terinfeksi malware dan skimmer kami, kami dapat mengambil data kartu bank yang mencakup track 1 dan track 2 dengan pin kartu. Kami pada gilirannya mengkloning kartu ini dengan menggunakan data grabbed menjadi kartu ATM nyata yang bisa digunakan untuk menarik diri di ATM atau menggeseknya di toko dan POS. Kami menjual kartu ini kepada semua pelanggan dan pembeli yang berminat di seluruh dunia, kartu tersebut memiliki batas penarikan harian sebesar $ 2500 di ATM dan batas pengeluaran hingga $ 50.000 di toko.
pesan sekarang: Hubungi kami: atmhacker43@gmail.com, whatsApp: +2349034128196

Berikut daftar harga kami untuk KARTU ATM:
NERACA: HARGA
$ 10.000: $ 500
$ 20.000: $ 1000
$ 35.000: $ 1700
$ 50.000: $ 2500
$ 100.000: $ 5000

Harga sudah termasuk ongkos kirim dan ongkos kirim, pesan sekarang: Hubungi kami; atmhacker43@gmail.com whatsApp: +2349034128196

Reply
avatar
DidotAgro
AUTHOR
14 Agustus, 2018 22:41 delete

+2349034128196 adalah berry hooker dan juga bernama jennifer dia hanya seorang penipu.banyak modus yang digunakan antara lain dengan cara ATM HACKING dan keanggotaan ILUMINATI. dia berasal dari NIGERIA dan banyak jaringanya. bagi orang indonesia jangan pernah mempercayai mereka. mereka hanya seorang penipu dengan julukan Scaming Nigeria 419. waspada jangan sampai anda tertipu hanya untuk mendapatkan uang instan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10 Desember, 2020 01:01 delete

Saya enggan membeli kartu atm kosong ini yang saya dengar secara online karena semuanya sepertinya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tetapi saya yakin & terkejut ketika teman saya di tempat kerja saya mendapatkan kartu dari Dark Web & kami berdua benar-benar mengonfirmasi bekerja, tanpa penundaan saya mencobanya. Sejak saat itu saya telah menarik $ 5000 setiap hari dari kartu & uang tersebut telah masuk ke akun saya sendiri. Senang sekali akhirnya saya mencobanya dan kartu ini benar-benar telah mengubah hidup saya secara finansial tanpa ketahuan, ini nyata & benar-benar berfungsi meskipun ilegal tetapi membuat saya kaya !! Jika Anda membutuhkan kartu ini dari Dark Web, maka Email: rickatmcardoffer@gmail.com atau Aplikasi apa melalui? +27639442602

Reply
avatar