Indahnya Pantai Lhok Pawoh




Terinspirasi dari sebuah tulisan dari blog teman, tentang pantai-pantai yang ada di Aceh Selatan, saya pun berinisiatif untuk pergi ke tempat tersebut. Aceh Selatan terkenal dengan wisata baharinya, berupa pantai yang indah dan mempesona. Banyak teman-teman menanyakan tentang hal itu kepada saya. Tentunya saya membenarkan hal tersebut, siapa sih yang nggak mau dipuji daerahnya? Meskipun sebenarnya saya belum pergi ke semua tempat tersebut, hanya sekedar numpang lewat ataupun lihat di foto (hehehe,, ketahuan).
Tapi kali ini saya ingin mengunjungi pantai-pantai tersebut, sebagai bukti bahwa saya adalah pemuda yang mencintai daerahnya dan tau kekayaan bahari lautnya (cie.,cei.,cie). Jadi, saya putuskan untuk meliput suasana di sekitar pantai lewat sebua vidio dan foto. Supaya nanti saat ditanya teman, saya bisa memperlihatkan hasil dokumentasinya.
Pantai yang pertama dikunjungi ialah pantai Lhok Pawoh. Pantai ini terletak di Kecamatan Sawang, sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan sepeda motor dari Kota Naga Tapaktuan. Tapi kalau dari tempat tinggal saya, sekitar 15 menit, karena rumah saya berada di Kecamatan Samadua. Pantai ini berupa teluk, sehingga disebut dengan Lhok (teluk) Pawoh, dan merupakan nama sebuah gampong yang ada di tempat tersebut.
Berbekal sebuah kamera handphone dan dua orang adik sepupu yang saya ajak sebagai teman, kami pun pergi ke Pantai Lhok Pawoh. Kami tiba di pantai tersebut pada pukul 06.15 wib. Udaranya masih sangat dingin, dan mataharipun belum menampakkan wajahnya, sehingga saat kami datang masih kelihatan gelap. Udara pagi yang bersih, cukup mengisi kedua rongga paru-paru kami. Sekilas terucap rasa syukur kepada Sang Pencipta, “Nikmat Tuhan Manakah Yang Kau Dustakan”. Saatnya dokumentasi, cek-lek, cek-lip sana sini. Saya pun mengabadikanya dalam kamera handphone, yang hasilnya ala kadarnya. Yang penting jelas terlihat pantainya. Tak lupa pula saya menyuruh adik saya untuk memvidiokan saya yang sedang berlagak seperti seorang prensenter wisata. Supaya lebih kelihatan menarik dan profesional gitu, heheheh.
Suasana pantai Lhok Pawoh sangat indah, di tepi pantai di tumbuhi oleh pohon kelapa dan beberapa pohon berkayu yang besar dan tinggi. Selain itu letaknya di dekat jalan raya, hanya sekitar 20 meter dari jalan raya, persisnya tepat dibelakang rumah penduduk. Pasir pantainya bewarna kecoklatan, dan teksturnya agak sedikit kasar. Menurut tulisan di blog teman saya itu, pantai yang bewarna coklat menunjukkan bahwa lautnya dalam dan ombaknya besar. Ternyata benar, ombak di pantai ini besar-besar, kalau ada nyali cocok digunakan untuk bermain papan selancar.
Saya mencoba untuk mendekat, merasakan bagaimana diterjang ombak dan kemudian lari. Dan..., wuisss, ombak membasahi kaki celana saya, meskipun sudah berusaha untuk lari ke tepi pantai. Tapi, sangat seru, seru baget, bisa digunakan sebagai olah raga ringan. Berlari kejar-kejaran dengan ombak.
  Hamparan pantai ini mempunyai panjang sekitar 1 km dan berbentu teluk. Ujung pantai terdapat batu-batu besar gunung air dingin, yang merupakan pembatas antara pantai Lhok Pawoh dan Pantai Putih Air dingin. Jika dilihat dari ujung ke ujung, batu-batu pegunungan itu disebut dengan tanjung yaitu daratan yang menjorok ke laut (begitu kata buku geografi saya saat sekolah menengah pertama).
Keindahan pantai Lhok Pawoh membuat kita merasa dekat dengan alam, karena suasananya yang masih asri dan bebas dari polusi. Apalagi kami datangnya pagi-pagi begini, disaat pepohonan mengeluarkan oksigen sebanyak-banyaknya. Tidak sulit menemukan pantai yang ada di Aceh Selatan, apalagi Pantai Lhok Pawoh ini. Kamu bisa menyaksikan keindahan pantai ini, saat melewati jalan raya Tapaktuan-Banda Aceh, tapi rugi rasanya kalau sekedar lewat saja. Bagusnya berhenti sebentar untuk menikmati pemndangan tersebut, dan selfie untuk mengabadikan moment ini lewat kameramu. Semoga bisa berkunjung ke Pantai Lhok Pawoh! Wassalam...,!

 Kalau mau tau lebih banyak tentang pantai ini, yuk lihat vidio dokumentasi saya di sini https://www.youtube.com/watch?v=crnoNfa4KHw. Reporter cilet-cilet.., hahahah




SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Assalamualaikum Wr. Wb. salam kenal dari Nganjuk Jawa Timur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.., wr. wb, ya,, salam kenal mba' Puspita. Kapan2 main ke Aceh lah..,

      Hapus

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !