THE DREAM MAKERS “PUNGO”



“Orang gila dan orang sukses itu beda tipis, karena dengan kegilaannya lah dia bisa menaklukkan dunia”
By : Manusia di atas rata-rata
            “Pungo” kata dalam bahasa Aceh yang berarti gila ini sering disebut pada masa perjuangan Aceh melawan kolonial Belanda. Istilah pungo sebenarnya berasal dari semangat juang yang tinggi dalam membela agama Allah, harkat dan martabat rakyat Aceh. Semangat inilah yang menjadi dasar utama sehingga Aceh bisa menaklukkan Belanda.
            Sekarang bukanlah zaman penjajahan lagi, sangat jarang kita temukan semangat yang membara seperti masa perjuangan dahulu. Tapi aku merasakan dan menemukan semangat itu saat berada di Dream Maker Camp 2015. Sungguh luar biasa bertemu dengan 49 peserta lainnya yang juga mempunyai semangat tinggi dalam menggapai impiannya.
            Mungkin saat orang lain atau orang awam memasuki base camp yang kami tempati, pasti kalimat ini yang terucap, “pungo aneuk-aneuk nyoe” (gila anak-anak ini). Mengapa tidak, lihatlah disekeliling ruangan yang kami tempati penuh dengan coretan kertas berisikan tulisan mimpi-mimpi, istilahnya sih cat langit kata orang. Tapi apakah benar itu pungo? Tidak.., Tidak.., Tidak.., untuk mereka yang punya mimpi, semangat dan passion yang jelas. Bukankah dikatakan “Bermimpilah, maka semesta akan memeluk mimpi-mimpimu?”. So.., pantaskah itu disebut gila?
            Kalau bukan karena kepungoan masyarakat Aceh yang dulu berani melawan dan menantang Belanda, belum tentu kita merasakan hidup nyaman dan tentram. Dan sekarang kepungoan itu terulang di para pemuda Dream Maker 2015. Makanya saya menyebut Dream Maker Pungo, bukan maksud mengatakan gila, tapi pungo itu punya arti tersendiri bagi masyarakat Aceh, jada berbanggalah dikatakan pungo.
            “Kalian Luar biasa...,” itu clue penyemangat kami, sungguh benar-benar luar biasa, mulai dari materinya, nara sumber yang menginspirasi, panitia yang kompak sampai pesertanya yang kerennnn...., banget! “wow.., keren, wow..wow keren,,” itu kalimat penyemangat lainnya. Semua serba luar biasa. Semua itu karena apa..? itulah Semangat., atau sekarang lebih keren disebut dengan passsion! Berkat passion inilah kami semua berani bermimpi dan sama-sama menjaga mimpi tersebut.
            Melalui kegiatan ini aku menemukan teman-teman yang luar biasa hebatnya, semuanya menginspirasi, dan tentunya pungo-pungo. hehehehe
1.    “Kalian luar biazaaaa” (itu cluenya), cewek berkacamata dan berbehel ini berhasil membuat semua peserta dan panitia sakit perut karena ketawa dengan lawakannya. Andaikan dia hadir di stand up comedy, aku yakin dia juaranya. Bisnis telur ayam kampung, itulah usahanya sekarang bersama ibunda. Semangatnya luar biasa,, aku suka gayanya yang mengatakan “Kalian luar biazaaa...”.
2.    Patner dari cewek yang diatas, ialah orang yang bermimpi akan menjadi walikota Lhoksemawe, nggak kalah serunya deh, katanya sih ke Banda Aceh naik garuda tanpa sayap, wahahahaha, pungo bangetkan! Tapi kalau dilihat dari passionnya dia, aku yakin suatu saat dia akan benaran jadi wali kota Lhoksemawe. Jangan lupakan aku ya kawan! ;)
3.    “Biasa Azaa...” penyiar radio 3 FM ini, juga benaran khas dengan bahasa broadcastingnya. Kalau sudah dapat mix, dipastikan susah untuk mengambilnya lagi. Kata-katanya yang unik dan nyentrik akhirnya diberilah panggilan azza..,azza...oleh teman-teman. Mimpinya sih menjadi presenter Tv Nasional, dengan karakter bahasanya yang unik aku yakin kamu akan diterima jadi presenter. Semoga suksses teman sekamarku.
4.    Anak kalimatan dengan tepuk “dag, dig, dug, zep,,, aha ahak, zep..., aha ahak”. Semua orang menyukainya, pantaslah dia mendapatkan bintang paling banyak kerena perilakunya yang ramah dan kreatif. Berbagai tepuk, ini, itu lah bisa membuat suasana lebih gairah dan bersemangat dibuatnya. Wajarlah dia sangat disenangi teman-teman, karena beliau ialah volunter untuk anak-anak gelandangan. Dengan komunitas mengajar yang didirikan bersama sahabat-sahabtnya dia mampu mengajak anak-anak agar tetap selalu bersekolah dan mencintai belajar. Jiwa sosialnya begitu tinggi, aku terkagum melihat kepribadiaannya yang senang berbagi. Semoga kamu menjadi pemimpin masa depan kawanku.
5.    Penikmat buku asal Jakarta. Katanya dia tertarik tentang Aceh karena sering tersorot dimata dunia. Buku bacaannya sangat banyak dan aku sangat iri kepadanya karena bukunya lebih banyak dari bukuku. Tapi aku senang karena dia mau berbagi tentang apa yang dibacanya. Dan dia juga pernah diundang di acara Hitam Putih karena prestasinya, siapa bilang anak gelandangan nggak bisa sukses? Buktinya dia sudah sampai kemana-mana dengan ilmu yang ia baca. Buku bacaaan yang disukainya ialah filsafat dan sejarah. Aku yakin kamu akan menjadi ahli filsafat seperti Ibnu Sina ataupun Al-khawarizmi. Kalau ada buku baru, tolong di share ya kawan..!
6.    Calon saintis muslim yang hafal 30 juz. Walaupun usianya masih tergolong muda, yaitu sekarang masih duduk di kelas 1 SMA, tapi dia sungguh luar biasa. Seorang  Hafiz yang bermimpi menjadi saintis muslim. Kakak iri padamu dek, karena pada mulanya kakak juga bermimpi menjadi saintis seperti Galileo ataupun Ibnu Sina. Kakak yakin, suatu saat kamu pasti akan menjadi saintis muslim yang menjaga hafalannya.     
7.    Pak lurah yang bisa menguasai 22 bahasa asing dalam 1 bulan. Sungguh luar.... biasa.! Aku berniat menjadikannya sebagai adik angkat, hahaha. Aku begitu mengagumi kerja kerasnya, karena sangat jarang anak muda bisa menguasai 22 bahasa dalam 1 bulan, benar-benar pungo! Aku yakin suatu saat dia pasti menjadi sorotan dunia, semoga target kuliah S1 ke Rusia terujud adekku.

Cuman beberpa orang ini yang bisa aku ceritakan ditulisan ini, terlalu banyak kalau aku ceritakan 49 orang lainnya. Tapi aku yakin., mimpi-mimpi yang kita buat, bukanlah sekedar mimpi biasa, karena suatu saat kita akan bertemu menjadi orang-orang yang sesuai dengan apa yang sudah kita tuliskan di kertas pada malam itu. Biarlah orang bilang kita cat langit, karena langit itu akan lebih indah warnanya saat pelangi datang, jadi anggaplah coretan dikertas itu pelangi kita, yang setiap dipandang terlihat indah. Saya bangga dengan kepungoan kalian, sama artinya saya bangga dengan semangatnya kalian, suatu saat kita pasti akan sampai ke mimpi-mimpi kita tersebut. Berikan kabar kalau setiap mimpimu terujud. “Kalian memang laur baiasa.....”


SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !