Mengemas Wisata Aceh dengan Tulisan

Mesjid Raya Baiturrahman Aceh

Berbicara mengenai potensi wisata yang ada di Aceh, tentunya bahasan ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Aceh memiliki potensi wisata yang luar biasa, baik itu wisata alam maupun wisata budayanya. Berbagai keindahan alam dan kebudayaan yang beragam dapat di jumpai disini. Semua potensi ini dapat dijadikan peluang untuk menarik para wisatawan, baik itu lokal maupun manca negara.
Peluang ini lah yang sekarang sedang dimanfaatkan oleh pemerintah Aceh dengan membuka Visit Aceh 2013,  untuk meningkatkan pendapatan daerah wilyah Aceh di bidang ke pariwisataan. Semua potensi wisata Aceh terus di gali dan di galakkan agar menarik minat para wisatawan yang akan berkunjung ke Aceh. Berbagai tempat wisata yang ada di Aceh di paparkan disini, mulai dari daerah palaing utara daerah Aceh sampai paling selatan. Semua daerah yang berpeluang menjadi tempat wisata dapat kita temukan dengan menjelajah wabsite Visit Aceh Year 2013.
Aceh memang mempunyai banyak tempat wisata, baik itu wisata alam, bahari, sejarah, kuliner, spiritual dan lain sebagainya. Tempat-tempat ini dapat di temukan hampir di seluruh daerah yang ada di Aceh. Setiap daerah mempunyai ke unikan tersendiri, misalnya kita dapat menikmati indahnya wisata alam Gunung Louser yang berada di sepanjang jajaran Bukit Barisan dari Kutacane di Aceh Tenggara sampai Ulu Masen di Aceh Jaya.
Begitu juga dengan wisata baharinya, Aceh kaya dengan keanekaragaman terumbu karang dan biota lautnya. Pulau Rubiah yang berada di Sabang merupakan salah satu pulau yang terkenal dengan ragam jenis terumbu karang dan jenis ikan hiasnya. Kalau masalah kebudayaan yang ada di Aceh cukup beragam. Kesenian budaya yang ada di setiap daerah pun juga menjadi sebuah daya tarik yang kuat untuk mendatangkan para wisatawan yang haus dengan wisata budaya. Misalnya kesenian Didong yang bearsal dari Aceh tengah, keunikannya yang terletak pada iringan musik telapak tangan, bisa menyajikan alunan kreasi musik dan tari yang indah.
Semua potensi ini tidak akan di ketahui oleh banyak orang jika kita tidak mampu mengemas tempat wisata itu dengan baik. Hal yang membuat seorang wisatawan datang ke tempat sebuah wisata, tidak lain berasal dari informasi yang dia dapat mengenai tempat tersebut. Informasi ini biasanya di dapat dari sebuah tulisan yang menjelaskan keindahan dan keunikan tempat tersebut, sehingga para wisatawanpun akan mempunyai gambaran tentang maksud dan tujuaanya datang ke tempat wisata itu.
Jika kita menelusuri tentang tulisan yang menjelaskan dan memaparkan tempat wisata yang ada di Aceh, sangatlah sedikit informasinya. Coba saja kita lihat dan buka wabsite yang membahas tempat-tempat wisata di Aceh, kita hanya menemukan foto-foto yang indah mengenai tempat tersebut, namun sangat minim tulisan yang menjelaskan foto-foto yang di tampilkan. Padahal dengan adanya tulisan dapat menjadi sebuah penegas setiap foto yang di tampilkan. Sehingga para wisatawanpun mempunyai sedikit gambaran tentang tempat wisata yang akan di kunjunginya.
Jadi, untuk mempromosikan tempat wisata yang ada di Aceh, kita butuh tulisan yang menarik supaya informasi mengenai wisata Aceh dapat di ketahui dan di baca banyak orang. Kita harus mampu mengemasnya dengan berbagai tulisan yang menjelaskan kelebihan tempat tersebut, termasuk fasilitasnya, manfaatnya, apa yang dapat di lakukan di tempat tersebut, dan sebagainya. Apalagi sekarang dengan mudahnya alat komunikasi kita bisa menyebar luaskan informasi mengenai tempat wisata yang ada di Aceh dengan tulisan-tulisan yang menarik.
Seorang wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata, tentunya dia akan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat tersebut. Dengan begitu ia bisa mendapatkan apa yang menjadi keinginannya. Dalam hal ini sangat di perlukan tulisan-tulisan mengenai berbagai objek wisata yang kita tampilkan. Salah satu contoh yang dapat saya berikan, di Aceh selatan itu cukup banyak tempat wisata yang dapat dijadikan daya tarik para wisata. Kisah legenda Tapaktuan dan artifak yang di tinggalkannya dapat menjadi modal utama dalam menarik para wisatawan. Jika kita mampu membuat sebuah tulisan yang menarik mengenai tempat ini, pastinya para wisatawan akan penasaran dan berkeinginan untuk mengunjungi tempat tersebut.
Sebuah tulisan sangatlah berguna untuk memperluas pengetahuan pembaca. Orang akan mendapatkan ide atau gagasan dengan membaca sebuah tulisan. Dan juga tidak menutup kemungkinanan orang-orang akan berminat terhadap suatu hal setelah ia membaca sebuah tulisan. Dengan disajikannya berbagai tulisan mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Aceh, akan lebih memudahkan para wisata menemukan keinginan dan harapanya ketika berkunjung ke Aceh. Sehingga diharapkan potensi wisata yang ada di Aceh dapat di jadikan sebuah pemantik bagi wisatawan.

Yuk menulis wisata Aceh .., ;) 

Yelli sustarina,
pemenang Lomba Essay Pariwisata peuKan kReativitas aktivIs (KREASI) HMI
Komisariat FE-Unsyiah (28-30 mei 2013)

SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !