Fun Bike Semakin Populer



Sepeda santai yang dulunya pernah populer di tahun 1990-an, kini kembali merebak di tengah masyarakat. Seolah terhipnotis olehnya setiap acara yang mengadakan sepeda santai atau sekarang lebih dikenal dengan Fun Bike, dibanjiri oleh para peserta yang datang dari berbagai kalangan. Acara ini sudah menjadi populer kembali seiring dengan seringnya diadakan fun bike di berbagai daerah.
Tak tanggung-tanggung peserta yang mengikuti fun bike mencapai ribuan, sehingga saat acara tersebut dilaksanakan, ribuan pesepeda tumpah di jalanan yang membuat sebagian jalan bebas dari kendraan bermotor sesaat. Peserta ini datang dari berabagai daerah dan juga tingkat kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa, sampai lansia pun juga ikut berpartisipasi. Peserta tidak di batasi, asalkan dia bisa menggunakan sepeda, baik itu sepeda sendiri maupun sepeda pinjaman semuanya dibolehkan ikut berpartisipasi dalam acara ini, sehingga tidak salah kalau yang mendaftar sampai ribuan orang jumlahnya.
Seperti yang di laporkan Serambi ((31/08/2014), peserta “Gowes Bareng Bank Aceh”  Minggu, 31 Agustus, mencapai 8000 lebih. Begitu juga fun bike  yang diadakan di Aceh Tamiang pada tanggal 26 Agustus  lalu, juga terdiri dari ribuan masa yang ikut berpartisipasi. Dan banyak fun bike lain yang juga pernah diadakan sebelumnya dan pesertanyapun tak pernah surut, bahkan semakin bertambah. Ini membuktikan bahwa acara ini memang sedang menjadi populer dan di tunggu-tunggu kedatangannya oleh banyak orang.
Tergiur Doorprize
Hal yang membuat banyak orang ingin mengikuti sepeda santai ialah doorprzize yang menggiurkan. Berbagai macam hadiah seperti sepeda motor, kulkas, TV, sepeda dayung dan bahkan rumah akan diundi pada saat setelah melakukan sepeda santai. Sepeda santai bukanlah ajang adu kekuatan atau pun kecepatan, tapi lebih ke arah mensosialisaikan tentang gaya hidup sehat dalam menjaga lingkungan sekaligus berolahraga dengan teman-teman dan keluarga.
Tidak ada istilah paling cepat atau paling lambat, semua peserta harus mampu melalui rute yang dimulai dari strat sampai ke garis finishnya dan setelah itu mendapatkan kupon yang nantinya akan diundi. Bagi yang beruntung dan nomornya dipanggil, akan mendapatkan Doorprize atau hadiah seperti yang disebutkan sebelumnya. Disinilah letak kesenangan dan kegembiraannya, setelah lelah bersepeda ada sesuatu yang dinantikan sehingga bersepeda merasa menyenangkan dan menyehatkan tubuh.
Akan tetapi, sayangnya acara  fun bike ini belum dapat menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat untuk terus dan tetap menggunakan sepeda di hari-hari biasa. Mereka hanya menggunakan sepeda pada acara-acara tertentu, namun pada hari biasa kembali menggunakan sepeda motor untuk menempuh perjalanan. Walaupun sebenarnya jarak tempuhnya tidak terlalu jauh, mereka masih enggan untuk menggunakan sepeda. Padahal tujuan diadakan fun bike itu untuk mengajak masyarakat mau menggunakan sepeda kembali, dan juga sebagai upaya mengurangi polusi dari kenderaan bermotor untuk penyelamatan bumi.
Bedahalnya dengan negara-negara maju seperti Jerman dan Jepang, mereka telah menjadikan sepeda sebagai kenderaan utama walaupun sebenarnya mereka adalah produsen utama kenderaan bermotor. Kesadaraan untuk menggunkan sepeda sebagai upaya pencegahan polusi dan penyelamatan bumi telah tertanam di setiap jiwa mereka. Mereka pun juga membangun fasilitas bagi pengguna sepeda, seperti jalan khusus untuk pengguna sepeda dan parkiran, sehingga mereka dapat bersepeda dengan aman dan mudah.
Perlu diingat bahwa penggunaan sepeda bukanklah untuk sekedar gaya-gayaan, namun juga untuk menyehatkan badan. Hendaknya semua orang harus tau apa manfaat dari bersepeda itu, sehingga kesadaran untuk menggunakan sepeda pun juga dapat ditumbuhkan
Manfaat Menggunakan Sepeda
Bersepeda kini tidak hanya menjadi sarana olahraga semata, melainkan sebuah gaya hidup. Banyak manfaat yang diperoleh dari bersepeda,  diantaranya adalah menyehatkan tubuh, terutama bagi mereka yang bekerja di kantor yang tak banyak memiliki waktu luang untuk berolahraga. Bersepeda, kini dipilih menjadi cara beraktivitas yang sehat menuju ke tempat pekerjaan. Penggunaan sepeda ke tempat kerja atau bike to work telah mengurangi penyumbangan polutan udara akibat transportasi yang menghasilkan bahan bakar, sehinga udara tidak terlalu kotor oleh asap kendaraan bermotor.
Manfaat bersepeda bagi tubuh dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Sistim kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan virus. Saat melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda, tubuh meningkatkan sistim imunnya yang berguna untuk mencegah penyakit. Bersepeda juga akan membuat otot akan aktif bergerak, sehingga akan berdampak baik bagi kekutan otot dan fleksibilitas tulang, karena bagian tubuh manusia yang sering digunakan dan dipakai akan lebih sehat di bandingkan dengan bagian tubuh yang jarang digunakan.
Penelitian yang dilansir dalam majalah bersepeda “ridebike” menyebutkan bahwa sebuah hasil penelitian dari British Medical Association meyatakan bahwa bersepeda  dengan jarak tempuh 35 kilometer dalam kurun waktu satu minggu dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 50%. Hanya diperlukan sekitar 5 km sehari maka akan memperkecil kematian akibat serangan jantung, ini dapat menjadi sebuah referensi untuk kita mengingat banyaknya angka kejadian penyakit jantung saat ini.
Manfaat lain bersepeda juga bisa mengurangi kemacetan yang saat ini menjadi masalah di kota-kota besar. Kemacetan ini disebabkan oleh volume penggunaan kendaraan yang melebih batas ambang, dengan menggunakan sepeda di harapkan volume penguna kenderaan bermotor berkurang  dan kemacetan pun bisa teratasi. Selain itu penggunaan sepeda  bisa menghemat biaya transportasi seperti pembelian BBM, dan juga menghemat waktu perjalanan.  
SHARE

About Yelli Sustarina

Blogger Aceh - Suka Traveling - PeramuKata di perawattraveler - Aktif di Komunitas I Love Songket Aceh dan Griya Schizofren Aceh - biru warna favoritnya - "membaca untuk tahu, menulis abadikan bacaanmu".

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

setiap komentar anda_ kebahagiaan bagi saya_ silahkan tulis komentar anda dibawah ini !