Sampah merupakan masalah bagi semua kehidupan. Tumpukan sampah yang begitu banyak membuat semua orang kebingungan untuk membuangnya, sehingga tidak ada lagi ketersediaan tempat untuk menempatkannya. Akibatnya sampahpun menjadi teman hidup sehari-hari bagi semua orang. Hampir sepanjang jalan terdapat tumpukan sampah dan tak heran lingkunganpun semakin terancam karena pengolahan sampah yang tidak tepat. Ditambahlagi maraknya masyarakat yang ingin serba instan membeli barang-barang berbungkus plastik, yang membuat sampah plastik semakin menjamur. Ujung-ujungnya sampah plastik yang dihasilkan setiap harinya tak kalah banyak dengan sampah organik yang berupa dedaunan. Untuk sampah organik tidak begitu menjadi masalah, karena proses penghancurannya lebih cepat dibandingkan sampah anorganik khususnya plastik yang memerlukan waktu ratusan tahun untuk menguraikannya.
Masalah seperti ini tidak boleh kita biarkan begitu saja, harus ada perhatian khusus untuk mengakali sampah-sampah ini supaya lingkungan kita tetap bersih. Jadi untuk mengatasi masalah tersebut maka ada baiknya kita jadikan sampah-sampah ini menjadi suatu karya seni yang bernilai, sehingga tidak hanya mengatasi masalah tetapi juga bisa menghasilkan banyak keuntungan. Inilah yang disebut “Masalah Jadi Berkah Sampah Menjadi Rupiah”. 
Sampah rumah tangga seperti botol minuman gelas, kantong palstik, dan kotak pembungkus makanan bisa disulap menjadi sebuah karya seni yang cantik dan mendatangkan rupiah. Seperti yang dilakukan oleh orang-orang di kampungku. Sampah-sampah yang menjadi masalah sekarang mendatangkan berkah bagi par pengrajin bunga dan vas nya dari olahan sampah. Mereka mengumpulkan botol minuman gelas dan kantong plastik untuk di jadikan bunga hiasan. Dan berkat usaha ini mereka bisa menghasilkan untung  sampai ratusan ribu. Satu buah bunga plastik saja yang terbuat dari botol minuman gelas di hargai 100-250 ribu. Untuk bunga yang terbuat dari kantong palstik, satu buahnya di hargai sekitar 100-500 ribu. Sekarang sampah bagi mereka adalah rupiah yang harus sedikit di poles untuk menjadi rupiah yang nyata.
Untuk membuat bunga dari olahan sampah plastik ini sebenarnya tidaklah susah, hanya butuh sedikit keterampilan dan kemauan  belajar untuk membuatnya. Modal yang digunakanpun hanya sedikit, karena bahan utama dalam pembuatan bunga ini adalah sampah plastik seperti botol minuman gelas dan kantong plastik, dan ini sangat mudah untuk didapatkan karena ini merupakan sampah yang tiap harinya dibuang oleh kebanyakan orang. Sedangkan bahan tambahanya yaitu, cat, kawat, lilin untuk membuat tulang daun, dan batangnya yang diambil dari batang atau dahan kayu yang di awetkan, seperti batang asam, bonsai, rambutan dan lainnya.
Cara membuatnya yaitu: pertama kita sediakan dulu kantong plastik yang ingin digunakan. Kita bisa memilih warna-warna yang diinginkan
Kemudian gunting segi empat dengan panjang setiap sisi 10 cm
  

Lipat kertas  seperti gambar di bawah ini:
     
          Gunting kertas hingga membentuk lembaran mahkota bunga.